Connect with us

Auto Review

Hari Perempuan Internasional Bukti Kesetaraan Gender #EmbraceEquity

Autoplus.id,Jakarta – Tanggal 8 Maret merupakan peringatan Hari Perempuan Internasional sebagai wujud kesadaran bahwa kesetaraan gender bagi perempuan merupakan sesuatu yang perlu diperjuangkan oleh setiap individu yang terlibat secara aktif untuk mendukung dan merangkul kesetaraan dalam masing-masing aspek kehidupan.

Pada Abad ke-19 RA Kartini adalah salah satu sosok pelopor wanita yang memperjuangkan kesetaraan wanita di Indonesia pada jamannya , yang mana Ia melihat banyak hal yang menempatkan posisi perempuan dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan dan membuat perempuan pribumi menjadi terbelakang, terutama dalam hal pendidikkan.

Dampak dari adanya emansipasi wanita , kini wanita-wanita Indonesia memiliki hak yang sama dengan laki-laki, bisa dilihat dari banyaknya kaum wanita yang menjadi pemimpin di sebuah perusahaan, menjadi sosok-sosok inspiratif dan penting yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing, mereka dapat bebas mengeksplorasi diri untuk mengembangkan bakat dan hobby yang dianggap hanya bisa di lakukkan oleh pria diantaranya mengendarai sepeda motor untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari.

Royal Enfield, merek sepeda motor tertua dalam produksi berkelanjutan, percaya bahwa kebebasan untuk memilih sangat penting dalam membentuk individualitas seseorang. Selama lebih dari 120 tahun, Royal Enfield telah menjadi brand yang menjadi sarana eksplorasi – sebuah keseimbangan antara pengendara, mesin dan jalanan.

Berbicara seputar Hari Perempuan Sedunia, Anuj Dua, Business Head of Asia Pacific Markets, Royal Enfield berkata, “Tema Hari Perempuan Sedunia tahun ini, #EmbraceEquity memiliki hubungan yang erat dengan Royal Enfield karena kami percaya bahwa berkendara adalah sebuah inisiasi yang membangkitkan keinginan bereksplorasi di dalam diri kita. Kami menawarkan berbagai sarana untuk menyemangati, memfasilitasi dan memulai eksplorasi aktif berjangka panjang. Kami adalah rekan dalam pertumbuhan dan pencarian Pure Motorcycling, bagi pengendara terlepas dari gender apa pun. Jiwa ‘Pure Motorcycling’ melewati batasan gender. Kami terus berusaha untuk membuat Pure Motorcycling mudah diakses dan didekati oleh berbagai macam pengendara – pemula maupun ahli, pria maupun wanita. Selama beberapa tahun terakhir, kami telah mengadakan kegiatan berkendara, program dan pelatihan bagi pengendara perempuan di seluruh dunia.”

Sepanjang sejarah, banyak wanita telah berhasil mematahkan stereotip, menunggangi sepeda motor, menaklukan jalanan dan merasakan pure motorcycling. Royal Enfield telah mendukung pengendara perempuan sejak lama. Salah satu contohnya adalah di awal tahun 1950-an, di mana satu hari setelah Natal di tahun 1950, seorang perempuan berusia 22 tahun bernama Winifred “Winnie” Wells berkendara sejauh 5.504 mil sepanjang Australia, dari Perth ke Sydney dan kembali ke Perth menggunakan Royal Enfield Bullet 350cc. Dengan saddlebags dan koper yang diikat ke sepeda motornya, Winnie pergi selama 15 hari, berkendara sejauh 366 mil per hari melalui rute yang dipenuhi semak-semak, bebatuan serta segel tar. Perjalanannya tidak mudah, apa lagi saat ia melukai dirinya di hari kedua perjalanannya, namun ketekunan dan tekadnya memungkinkan Winnie untuk terus berkendara dan menyelesaikan perjalanannya dan sejak itu dikenal sebagai legenda.

Selama bertahun-tahun, kisah Winnie telah menjadi inspirasi bagi banyak pengendara perempuan di dunia. Dapat dikatakan bahwa semangat Winnie untuk bermotor masih berlanjut hingga hari ini, di mana sudah semakin banyak pengendara perempuan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Secara global, rasio pengendara perempuan ke laki-laki adalah 1:5, Amerika Serikat, angka perempuan yang memiliki sepeda motor sedang berada di titik tertinggi, yaitu 14% dari semua pemilik sepeda motor di negara tersebut.

Selanjutnya India, terdapat lebih dari 4.000 perempuan pengendara sepeda motor yang didukung oleh klub dan asosiasi sepeda motor untuk merasakan serunya mengendarai sepeda motor dan 5 juta pemilik surat izin mengemudi sepeda motor di Inggris, lebih dari 10% adalah perempuan, begitu juga di Indonesia, lebih dari 30% pengendara sepeda motor adalah perempuan, dan angka ini terus bertumbuh.

Dapat di lihat beberapa wanita inspirasional yang telah menorehkan hasil di  bidang mereka dan meraih prestasi diantaranya Phopi Ratna Agustin, yang dikenal sebagai Phopira adalah seorang musisi dan pegawai negeri sipil dari Bandung, Jawa Barat. Ia gemar bepergian dan mengunjungi lokasi-lokasi indah di Indonesia dengan mengendarai Royal Enfield Meteor 350 berwarna Fireball Yellow. Destinasi favoritnya di antaranya adalah hutan dan pegunungan, di mana ia menikmati keindahan alam untuk menenangkan pikiran. Phopira telah mengendarai sepeda motor sejak pertama kali mendapatkan Surat Izin Mengemudi, dan ia percaya bahwa mengendarai sepeda motor adalah kegiatan yang dapat dinikmati oleh siapa pun, tidak peduli usia mau pun gender. Ia mengajak sesama wanita penggemar sepeda motor untuk percaya diri dalam mengendarai sepeda motor mereka, menikmati perjalanan mereka dan berteman dengan orang baru sepanjang perjalanan mereka.

Diandra, Cassandra dan Verrandra Gautama adalah tiga bersaudara yang bertalenta di bidang mereka masing-masing. Mengikuti jejak ayahnya, Diandra adalah seorang pembalap nasional yang telah menggemari dunia otomotif sejak duduk di bangku SMP. Mewarisi sisi seni sang ayah, Cassandra berprofesi sebagai seorang fotografer. Verrandra, yang terinspirasi oleh masakan sang ibu, memilih untuk melanjutkan karier sebagai seorang chef. Dengan profesi dan minat yang beragam, satu kesamaan yang dimiliki ketiga saudara ini adalah semangat untuk mengendarai sepeda motor, yang datang dari sang ayah yang merupakan penggemar otomotif. Bagi ketiga saudari ini, mengendarai sepeda motor memberikan sensasi adiktif yang lain dari yang lain. Mereka merasakan adrenalin saat berkendara dan menganggap mengendarai sepeda motor sebagai kegiatan untuk menghilangkan stress. Sebagai pengendara perempuan, mereka mengajak sesama pengendara perempuan lainnya untuk tidak takut dalam menemukan hobi, minat dan keterampilan baru, untuk bisa bebas melakukan hal-hal yang memberikan kebahagiaan bagi diri masing-masing.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review8 hours ago

50 Unit The New CITROËN Ë-C3 Resmi Di Serahkan Kepada Pemesannya Setelah Peroleh Fasilitas Impor Dari BKPM

Auto Review10 hours ago

AstraPay Turut Memainkan Peran Dalam Ekosistem Pembayaran Digital Yang Semakin Berkembang

Auto Review10 hours ago

QRIS Kunci Inovasi Yang Berhasil Merevolusi Proses Pembayaran Menjadi Lebih Sederhana

Auto Review1 day ago

Menuju Perhelataan Otomotif Paling Akbar GIIAS 2024

Auto Review3 days ago

Honda Menangkan Balapan Dramatis F1 Grand Prix Canada Untuk Ke Tujuh Kalinya

Auto Review3 days ago

MMKSI Perluas Jaringan Pelayanan Ke Pulau Madura Bersama PT Murni Berlian Motors

Auto Review4 days ago

WARI Salurkan 500 Buku Ke Yayasan Al Hidayah, Tangerang Guna Tumbuhkan Minat Baca

Auto Review5 days ago

PT HMMI Raih Sertifikasi AEO Dari Bea Cukai Guna Amankan Sekaligus Percepat Perdagangan global

Auto Review6 days ago

BMW G 310 Diserahkan Kepada 34 Konsumennya Yang Lain Boleh Bayar Sekarang Besok Bisa Diantar

Auto Review6 days ago

Manfaatkan Promo Spesial Dari GWM Indonesia Selama Liburan Di Seluruh Dealer Atau Pusat Perbelanjaan Terdekat

Auto Review7 days ago

Melalui Honda Intimobil PT HPM Resmikan Dealer Barunya Di Kota Bandar Lampung

Auto Review1 week ago

2.550 Peserta Dari Segala Bidang Industri Ramaikan Jakarta Fair 2024

Auto Review1 week ago

Pengemudi Taksi Online Dapat Wiper Gratis Dengan Kampanyekan “Berkendara Aman#TenangAdaBosch”

Auto Review1 week ago

34 Anak Yatim Piatu Siswa Binaan Darut Tahfizd Kunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Cikarang

Auto Review1 week ago

Penuhi Keinginan Konsumen Chery Perkenalkan OMODA E5 Serba Hitam Elegan, Modern, Tangguh Dan Berwibawa

Auto Review1 week ago

PT WMS Berikan Layanan Darurat Kepada Pemilik Honda Yang Membutuhkan

Auto Review2 weeks ago

NETA V-II Mulai Di Produksi Secara Lokal Guna Dukung TKDN

Auto Review2 weeks ago

Toshihiro Mibe Raih Penghargaan Di Bidang Industri Tahun 2024 Dari SAE Foundation.

Auto Review2 weeks ago

Sambut Perhelatan IIMS Surabaya 2024 Dyandra Promosindo Lakukan Touring Dengan Tema “Holiday on Wheels: East Java Cruising”

Auto Review2 weeks ago

Hyundai Hadirkan New PALISADE Dengan Pembaruan Lebih Mewah Dan Berani

Auto Review2 weeks ago

RAT Adakan RUA Guna Bangun Kembali Rasa Kebersamaan Setelah Covid 19

Auto Review2 weeks ago

Roman Nedielka Buktikan Bahwa Motor Lisrik Juga Layak Digunakan Keliling Dunia

Auto Review2 weeks ago

Mobil™ Gelar Acara Bertema “Ayo, Jelajahi Dunia Mobil™ Sambil Perkenalkan Mobil Super™ All-in-One-Protection Sebagai Produk Terbarunya

Auto Review2 weeks ago

Express Service Fasilitas Baru Yang Di Perkenalkan MMKSI Saat Resmikan Dua Diler Di Kaltim

Auto Review2 weeks ago

Dapatkan Penawaran Terbaik Untuk Miliki BMW Seri 3 Di Festival of 3