Motor
Cara Mencegah Bau Apak pada Helm Saat Musim Hujan

AutoPlus.id – Cuaca ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang dikatakan melanda Indonesia sampai awal 2023. Salah satu hal yang kurang menyenangkan dari musim hujan adalah helm yang apak atau berbau tidak sedap.
Mengingat ketika parkir di luar rumah atau saat hujan-hujanan, tentu helm juga ikut kebasahan. Jika tidak dikeringkan dengan benar, maka helm jadi mengeluarkan bau tidak sedap.
Ahmad M. dari Komunitas Belajar Helm menjelaskan, pengendara motor harus menjaga bagian dalam helm tetap kering. Helm yang lembab selain berisiko apak, bisa juga menyebabkan masalah lain, yakni jamur.
“Kalau nggak segera dicuci atau dikeringkan, jadi bau dan berjamur. Karena kan basah, kena keringat. Sebisa mungkin, ketika musim hujan begini, helm ditaruh di ruangan yang sirkulasi udaranya banyak,” katanya pada Kompas.com,
belum lama ini. Kemudian saat musim hujan, lebih baik helm dibawa ke dalam ruangan. Kalau ditinggalkan di tempat parkir atau basement, selain helm jadi lembab, bau tidak sedap juga bisa muncul.
“Biasanya gini, kalau di parkiran basement gitu, pengendara motor acuh aja. Helm masih basah, ditinggal. Kalau nggak segera dicuci atau dikeringkan, jadi jamur,” terang Ahmad.
Menurutnya, helm bisa tetap dikeringkan secara mandiri dan mudah.
“Misalnya, pergi ke kantor. Dibawa saja helmnya. Dikipas-kipasin, atau diletakkan di jendela. Minimal, biar ada kena angin sedikit. Jangan diletakkan di motor saja, nanti pas akan pulang pasti masih basah,” ujarnya.
Sumber Berita : Kompas.com
Berita
Piaggio Perluas Jangkauan Layanan Dengan Buka Dealer Motoplex 4 Brands Pertama Di Kalimantan

Autoplus.id, Jakarta – PT Piaggio Indonesia melanjutkan strategi perluasan jaringannya ke wilayah dan kota-kota baru yang berpotensi dengan membuka dealership pertama Motoplex 4 Brands di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Selasa (21/).
Dealer pertama di wilayah Kaltim ini merupakan hasil kerja sama Piaggio Indonesia dengan PT Sukses Vista Motor dengan mengusung konsep Motoplex yang dirancang untuk lebih dari sekadar menawarkan rangkaian produk terbaik dari masing-masing brand Piaggio Group.

Hadir dengan suasana ritel premium, dealer ini memberikan pelanggan kesempatan untuk merasakan pengalaman tanpa batas dan akses mudah dalam menjelajahi kisah serta karakter dari setiap brand Piaggio Group, yakni Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi.
“Pembukaan dealer Motoplex 4 Brand di Kota Samarinda menjadi langkah kami dalam memperkuat komitmen untuk melayani negara ini lebih baik, dengan menyediakan solusi mobilitas premium yang lebih luas untuk Indonesia. Dengan pembukaan dealer terbaru ini, kami dengan bangga mengumumkan bahwa kami kini memiliki 13 Motoplex 4 Brands di 8 kota besar di 5 pulau di Indonesia,” ujar Marco Noto La Diega, Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia.
“Dengan hadirnya merek-merek Piaggio Group di berbagai area dan kota penting di seluruh negeri, kami yakin pertumbuhan berkelanjutan jaringan kami akan memberikan peace of mind lebih kepada para penggemar otomotif dan gaya hidup,” Marco menambahkan.

Kota Samarinda terletak tidak jauh dari calon ibu kota Indonesia, hanya berjarak sekitar 2 jam perjalanan. Dengan adanya rencana pembangunan ibu kota Indonesia baru di Ibu Kota Negara (IKN), dealer terbaru ini pun dibangun secara strategis untuk mengantisipasi peningkatan permintaan solusi mobilitas dan pengalaman pelanggan premium secara keseluruhan dari merek-merek Piaggio Group di masa depan.
DDealer yang terletak di jalan Arief Rahman Hakim nomor 17, Samarinda menempati lahan seluas 1.200 m2 ini memperluas sebaran empat merek unggulan Piaggio Group di Indonesia.
Dealer premium Motoplex ini juga dilengkapi standar pelayanan 3S (Sales, Service, Spare Part), mulai dari pembelian hingga perawatan yang ditangani langsung oleh teknisi berpengalaman dan profesional yang telah melewati proses pelatihan dan sertifikasi sesuai dengan standar pelatihan resmi Piaggio Group.
Pada kesempatan yang sama Kok Liang, President Director of PT Sukses Vista Motor, mengatakan, “Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk dipercaya oleh PT Piaggio Indonesia dengan pembukaan dealer premium pertama Motoplex 4 Brands di Kalimantan. Melalui dedikasi tinggi serta semangat sinergi kerja sama yang kuat, kami optimis menyambut pertumbuhan yang signifikan di Samarinda. Kami berkomitmen menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk menikmati pengalaman premium nan mewah yang ditawarkan oleh Piaggio Group.”
Untuk informasi lebih lengkap mengenai Motoplex 4 brands dan informasi terbaru lainnya dari Piaggio Group Brands di Indonesia, silakan kunjungi website resmi dari Piaggio Group brands dan akun sosial media resmi di instagram dan facebook.
Auto Review
AEC Hadir Di Kota Bandung Guna Perkuat Penyerapan Emisi Dari Aktivitas Gaya Hidup dan Mobilisasi

Autoplus.id, Bandung — Dalam rangka memperkuat Penyerapan Emisi dari Aktivitas Gaya Hidup dan Mobilisasi kini ALVA Experience Center (AEC) hadir di kota Bandung, tepatnya di salah satu pusat aktivitas masyarakat.
AEC yang sebelumnya buka di Semarang dan Surabaya secara berturut-turut, kini ALVA meyakini bahwa animo masyarakat di Jawa Barat akan menyambut secara maksimal kehadiran AEC yang mengusung konsep berbeda.
Bangunannya bukan sekadar tempat penjualan dan servis motor listrik tetapi diperuntukkan sebagai pusat edukasi dan informasi mengenai kendaraan listrik serta dampak positifnya terhadap lingkungan.

“Kami sangat bersemangat bisa turut menghadirkan pusat edukasi dan informasi kendaraan listrik lewat pembukaan ALVA Experience Center di Bandung. Seperti di beberapa kota terdahulu.” kata Purbaja Pantja, President Director PT. Ilectra Motor Group (IMG) yang menaungi ALVA.
“Kami berharap konsep ALVA yang dikenal sebagai game changer dalam menghadirkan solusi gaya hidup dan mobilitas dapat menciptakan sebuah ekosistem mobilitas yang mampu menjadi solusi menyeluruh bagi para konsumen di Jawa Barat” tambah Purbaja.
AEC juga menjadi fasilitas bagi para konsumen untuk melakukan uji coba motor listrik ALVA, melakukan pembelian, berdiskusi mengenai pilihan pembiayaan yang fleksibel, serta mengisi ulang daya baterai kendaraan.

Setelah dilakukannya grand opening ini, konsumen yang hendak melakukan perawatan motor ALVA One dan ALVA Cervo dapat mendatangi AEC Bandung sambil menikmati fasilitas AEC lainnya seperti coffee shop yang berkolaborasi bersama Fabula.
“Kehadiran ALVA di lebih banyak titik di Pulau Jawa merupakan komitmen untuk berkontribusi lebih maksimal mendorong percepatan elektrifikasi, khususnya di Jawa Barat. Kami sangat optimis dengan inisiatif ini, karena masyarakat Jawa Barat bukan hanya menjadikan motor sebagai moda transportasi utama, tetapi juga menjadikan motor sebagai objek kegemaran, dan dorongan berkomunitas, sehingga sangat sejalan dengan visi-misi dan semangat yang ALVA usung” tutup Purbaja.
Dalam momen ini, ALVA juga memperkenalkan kepada masyarakat Bandung tiga keunggulan utama dari produk motor listrik ALVA, yaitu dari sisi desain, kinerja, dan konektivitas.
Ini meningkatkan rasa percaya diri pengguna, memungkinkan mereka memimpin perubahan gaya hidup yang lebih baik dibandingkan motor lainnya, terutama yang menggunakan mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine/ICE).

Selain itu, My ALVA Mobile Apps memungkinkan pengendara terhubung dengan motor ALVA mereka, memberikan pengalaman berkendara futuristik dengan kontrol melalui smartphone dan pelacakan posisi motor secara real-time.
Kedua motor listrik ALVA dibanderol seharga Rp 37.950.000 untuk ALVA One dan Rp 43.950.000 untuk ALVA Cervo untuk area Jawa Barat.
Masing-masing telah memiliki nilai TKDN lebih dari 40 persen, dan terkualifikasi untuk mendapatkan program bantuan pemerintah sebesar Rp 7.000.000,-/unit.
ALVA mengundang masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya untuk mengunjungi ALVA Experience Center yang terletak di Jl. Merdeka, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Jawa Barat.
Auto Review
GSrek Indonesia Adakan The Grand tour”23 Adv Rally Guna Tuntaskan 8 Misi Sepanjang Pulau Jawa hingga Bali

Autoplus.id, Jakarta — Dalam rangka menanamkan semangat hari Pahlawan serta merayakan hari jadi ke 8 komunitas motor bergenre adventure, GSrek Indonesia mengadakan The Grand tour”23 Adv Rally dengan menginisiasi jelajah serempak selama 5 hari dan 4 malam untuk menuntaskan 8 misi sepanjang pulau Jawa hingga Bali.
Acara yang akan berlangsung tanggal 18 – 24 November 2023 diikuti 64 peserta yang terbagi menjadi 8 tim dimana perjalanan dimulai dari Tangerang, Jakarta, Bandung, menuju Tasikmalaya, Semarang, Surakarta, lalu Surabaya, Kediri, Malang dan berakhir di pulau Dewata.

Secara rinci, 8 tim terdiri dari 8 orang yang harus menuntaskan 8 misi yang terdiri dari Ride for Social, Ride for Nature, Ride for People, Ride for Education, Ride for Heroes, Ride for Peace, Ride for Happiness dan Ride for Culture.
Dalam hal ini nggota GSrek akan melebur bersama komunitas tani di Gunung Raung, dimana dengan motor mereka, hasil bumi para petani akan diangkut ke destinasi yang ditentukan.
Ada pula Ride for Education, dimana para anggota GSrek akan ditantang untuk mengajar selama sehari di sekolah tempat dilaksanakannya misi.

“Intinya adalah membangun solidaritas antar anggota GSrek. Bayangkan 8 orang dengan karakter yang berbeda, harus bahu membahu untuk mencapai satu tujuan, untuk membantu masyarakat,” ujar Hendra Saputra. Director Event dalam press conference di dealer BMW Motorrad Indonesia pada Minggu (12/11).
Hasil dari perjalanan 8 tim ini akan didokumentasikan dengan masing-masing pengalaman tersendiri, yang nantinya dijahit menjadi sebuah film.
Peserta dengan hasil terbaik akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 15 juta untuk pemenang pertama, Rp 5 juta untuk pemenang kedua dan Rp 3 juta untuk pemenang ketiga.

Bagi GSrek, 8 tahun merupakan waktu yang cukup bagi para anggotanya dalam mengeksplorasi berbagai penjuru Indonesia, bahkan ke negara lain seperti Laos dan Kamboja, hingga ke Himchal Pradesh di kaki gunung Himalaya.
Presiden GSrek Indonesia Dipo Latief menjelaskan, “GrandTour ’23 didukung oleh banyak pihak, seperti BMW Motorrad Indonesia, Michelin dan para sponsor lainnya. BMW Motorrad Indonesia siap terjun untuk mendukung para penjelajah lewat dukungan teknis agar setiap motor layak untuk mengarungi indahnya perjalanan ini.”
“Michelin pun mendukung lewat edukasi berkendara yang aman, juga produk yang menunjang agar perjalanan ini semakin berkesan,” Dipo menambahkan.
Sementara Davy Tuilan COO PT Layur Astiti Bumi Kencana menjelaskan bahwa GSrek Indonesia adalah komunitas motor besar di Indonesia dengan DNA Adventure yang sangat beresonansi dengan BMW Motorrad Make Life A Ride.
“Event GSrek Indonesia The Grand Tour 2023 yang didasari dari ide yang sangat mind catching ini pasti akan menghasilkan peningkatan brand value yang signifikan, baik untuk GSrek Indonesia, maupun BMW Motorrad Indonesia,” jelas Davy.

Sebagai salah satu mitra, Michelin Indonesia turut mendukung kegiatan yang membawa manfaat bagi masyarakat, seperti yang saat ini dilakukan oleh GSrek Indonesia.
“Bersama Anakee Adventure, salah satu pattern ban motor besar dari Michelin, yang dengan peruntukan dual purpose, tepat untuk mengiring perjalanan rekan komunitas motor adventure untuk melewati kondisi jalan aspal dan gravel”, ungkap M. Fachrul Rozi, Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia.
The GrandTour ’23 Adv Rally, dibangun untuk memperkuat solidaritas dan persaudaraan di tubuh GSrek Indonesia.
“Semangat persaudaraan adalah tujuan dari kegiatan ini, semoga turut dapat dirasakan oleh setiap anggota GSrek, juga masyarakat sekitar.” tutup Hendra.
- Auto Review6 days ago
Adira Finance Hadir Di GIIAS Series Perdana Untuk Majukan Industri Otomotif Di Kota Bandung
- Auto Review5 days ago
Daihatsu Ambil Bagian Di GIIAS Series 2023 Bandung Dengan Tema Advancing Life Tomorrow
- Aksesoris4 days ago
Even Perdana GIIAS Series 2023 Momentum Tepat HMID Menyapa Lebih Dekat Pelanggan Kota Bandung
- Auto Review3 days ago
Dengan Tema “Mandalika Unites All” BMWCCI Adakan Munas Dan Bimmerfest Yang Didukung Diler Resminya
- Auto Review4 days ago
PT CSI Hadir Di GIIAS Series 2023 Karena Bandung Merupakan Pasar Strategis Dan Miliki Potensi Besar
- Auto Review3 days ago
OLX IMX 2023 Akan Berakhir Di Bali Sekaligus Pembuka IMX 2024 Mendatang
- Auto Review2 days ago
MMKSI Lanjutkan Aktivitas Life’s Adventure Di GIIAS series 2023 Dengan Tampilkan 3 unit display unggulan
- Auto Review17 hours ago
PBSI Bersama PT ADM Kembali Gelar Daihatsu Indonesia Masters 2024 Untuk Ke – 7 Kalinya
You must be logged in to post a comment Login