Connect with us

Auto Review

Belkote Dukung Perhelatan NK13 Custom War 2023 Guna Majukan Industri Kreatif Di Sektor Otomotif

Autoplus.id, Bali — Dalam rangka memperingati hari jadi Indonesia yang ke-78, Belkote Paints brand cat karya anak bangsa menjadi sponsor perhelatan NK13 Custom War 2023 yang diadakan di Taman Festival, Padang Galak, Denpasar, Bali pada Kamis dan Jumat 17 – 18 Agustus 2023.

Dalam kegiatan ini Belkote Paints memantapkan langkahnya untuk memajukan industri kreatif di sektor otomotif Indonesia dengan mengangkat tema, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.”

NK13 Custom War merupakan wadah berkumpulnya penggiat kustom kultur di Bali, sekaligus sarana untuk bertukar pikiran dan gagasan demi memajukan industri kreatif kendaraan kustom di Indonesia.

PT Bintang Chemical Indonesia (BCI) sebagai produsen Belkote Paints melihat bahwa kreativitas yang diusung oleh komunitas kustom kultur di Indonesia tersebut sudah mampu untuk bersaing secara internasional dengan membawa karya anak bangsa.

Kemampuan di mancanegara ini terbukti dengan menggelar “Best Booth Design”, “Best Gastank Design” dan juga meraih peringkat satu pada kategori “Best Chopper below 400” dan “Best Tracker below 400” pada gelaran Art of Speed (AoS) di Malaysia, 29 – 30 Juli 2023.

Dengan mendukung 15 kustom painter asli Indonesia membawa nama kelompok Hisa Artes66 yang dikemas dalam program CollaboraPaint, generasi muda Indonesia berhasil membanggakan diri dengan membawa hasil karya dan produk dalam negeri yang memiliki kualitas istimewa.

“Kami ingin mendukung sepenuhnya kustom kultur dan juga industri otomotif di Indonesia untuk terus maju. Mereka adalah komunitas yang sangat kreatif dan karyanya sudah terbukti mampu dibanggakan di mancanegara. Visi kami sebagai brand anak bangsa adalah terus melebarkan sayap ke negara-negara lain dimulai dari Asia Tenggara. Oleh karena itu, sesuai dengan tagline kami ‘we grow, you grow,’ kami dan para penggiat kustom kultur maupun para painter Indonesia harus berkembang bersama,” ungkap Andrew Budi Kurniawan, Direktur Marketing PT BCI.

PT BCI yang berdiri tahun 2006 membuktikan sebagai produsen cat dan pelapis dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Seiring tumbuhnya industri otomotif, pada tahun 2016 Belkote Paints mulai secara aktif berpartisipasi di bidang pelapisan otomotif, pelapisan logam dan plastik.

Belkote Paints sudah berpartisipasi aktif sebagai sponsor pada berbagai event otomotif besar Indonesia seperti IMX 2022, kolaborasi dengan Kedux Garage dan tim Great of Indonesia pada pameran Osaka Auto Messe (OAM) 2023 di Jepang, mendukung Jakarta Motofest 2023, Indonesia Modification Expo 2023, dan yang terbaru adalah NK13 Custom War 2023 yang dilaksanakan pada 17 – 18 Agustus 2023 di Denpasar, Bali.

Dengan memfokuskan visi untuk menjadi pemain yang signifikan di pasar pelapisan ulang otomotif Indonesia, Belkote Paints terus berkolaborasi dengan banyak penggiat di industri kreatif otomotif, kustom kultur, dan juga seniman-seniman Indonesia.

Untuk Osaka Auto Messe 2023 misalnya, Belkote berkolaborasi dengan Kedux Garage untuk menampilkan tangki dengan konsep Banaspati.

Basecoat Banaspati menggunakan Epoxy Primer High Build terbaru dari Belkote, dan untuk finishing-nya menggunakan Clear coat 2100HS yang tebal, mengkilap dan memiliki ketahanan terhadap segala cuaca.

Belkote juga pernah bekerjasama dengan Kedux Garage untuk membangun Chopper Punk 61 XLCH milik Leonx Pratama. Kustom Chopper ini akan ditampilkan kembali pada Custom War 2023.

“Kolaborasi Belkote dengan seniman-seniman Indonesia seperti Leonx Pratama dan Kedux Garage seperti ini tentu saja sangat penting untuk dunia kustom sepeda motor dan juga untuk Indonesia, karena kami bisa memperkenalkan kualitas produk Tanah Air semakin luas ke mancanegara.” jelas Gimi Bayu, Brand Strategist Belkote yang juga salah satu co-founder Collaborapaint.

Bertajuk CollaboraPaint Archive, pada Custom War 2023 Belkote ingin menampilkan beberapa hasil karya seni kolaborasi Masterpiece yang sudah dibuat dalam kurun waktu satu tahun.

Karya-karya yang ditampilkan, seperti Chopper punk / Harley Davidson 1961 XLCH karya Kedux Garage, Bali ; Grass / Yamaha SR400 1978 karya Rssq dari Depok, Jawa Barat; Hati / Yamaha SR400 1978 karya ryan M.A.A.S dari Bata; Bloody / Yamaha SR400 1978 Karya Rssq dari Depok, Jawa Barat.

Melalui program CollaboraPaint, Belkote sekaligus akan launching beberapa karya kolaborasi Masterpiece terbarunya, yaitu; Wild Horse / Harley Davidson 1991 Evo Chopper, karya Evo Cycles Work dari bekas; The G / Kz 200 1982, karya Rocket Fantasy Garage dari Sidoarjo; Harley Davidson Sportster XL1200 karya disaster13 dari Semarang  serta Sameshit Chopper / XLCH 1977 Karya Queen Lekha dari Jogja.

Tidak hanya motor, Belkote juga akan meluncurkan 1 unit mobil chevy 1954 pickup bernama “Kyai Bhadriko”.

Berkolaborasi dengan Queen Lekha dalam pembangunannya, paintingnya sendiri dikerjakan dengan konsep patina style oleh Kustom Painter asal Depok, Muhamad Ari Santoso atau dikenal dengan “Werst Paint” dan juga Daniel Ari Baskoro atau “DAB Custom Paint”. 

Selain itu, hasil karya berupa tangki motor yang sudah diberi sentuhan oleh kustom painter dari berbagai daerah juga akan dipamerkan.

Karya-karya ini sudah sempat dipamerkan di event “Dip n drag” dan akan hadir kembali melalui program “Kustom Paint Master Show”.

Terlibat di dalamnya adalah “yoesbrusheadtatto” dan “hacka_autocraft” dari Solo, “lokal hiro” dan “Eldaddy_paintlab” dari Bandung, serta “Bronxustompainting”dari Bekasi. 

Harley Davidsoon Sportster Evo 1200 juga akan dihadiahkan sebagai Lucky Draw Custom War 2023.

Untuk pembangunannya, Belkote kembali berkolaborasi dengan Kedux Garage. Untuk painting-nya, HD Sportster EVO 1200 ini menggunakan produk-produk dari Belkote seperti Epoxy Primer Surface untuk warna merah, AXT untuk base coat-nya, clear coat dengan 2100 Hs, dan Enamel untuk pinstripe. 

Kolaborasi semacam ini diharapkan dapat membawa nama harum karya anak bangsa ke dunia internasional, dan secara tidak langsung dapat menjadi penyemangat bagi penggiat-penggiat indussatri otomotif lain di seluruh penjuru Indonesia.

“Diharapkan, kerjama antara Belkote Paints dengan karya-karya anak bangsa dapat juga memicu industri otomotif untuk terus melaju menuju Indonesia maju.” tukas Gimi Bayu.

Awalnya berfokus pada segmen pelapisan kayu, pada tahun 2016, kami melihat adanya peluang pertumbuhan di bidang pelapisan otomotif, pelapisan logam dan plastik karena pertumbuhan masyarakat kelas menengah yang menggunakan mobil dan motor sebagai kebutuhan sekunder mereka serta pertumbuhan infrastruktur yang dibangun di Indonesia. Pergeseran ini mendorong kami untuk menjadi pemain yang signifikan di pasar pelapisan ulang otomotif Indonesia.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review1 hour ago

Pada GIIAS 2024 MMKSI Tampilkan Dua Model Terbaru Yang Tangguh Dan Dapat Diandalkan

Berita6 hours ago

Bersama Produk Digitalnya Astra Financial Ajak Konsumen Berpikir Cerdas Dalam Mengelola Keuangan

Berita8 hours ago

PT Primes Asia Hadirkan Produk Filter AC Universal free fire Di GIIAS 2024

Uncategorized1 day ago

Diajang GIIAS 2024 POLYTRON Hadirkan Motor Listrik Rendah Karbon Sesuai Tema

Auto Review1 day ago

NINE Kembali Hadir Di GIIAS 2024 Dengan Banyak Kejutan Dan Produk Terbarunya

Auto Review2 days ago

Simak Alasan Utama AION Hadirkan HYPTEC HT Di GIIAS 2024 Untuk Pasar Indonesia

Uncategorized2 days ago

HINO Luncurkan Dua Truk Di GIIAS 2024 Yang Dirancang Khusus Untuk Jawab Kebutuhan Pasar Di Indonesia

Auto Review3 days ago

GIIAS 2024 Momen Isuzu Tunjukan Visi Sebagai Pemain Utama Kendaraan Komersial Di Indonesia

Berita4 days ago

Blackvue DR970X BOX Meluncur Di GIIAS 2024 Banyak Kelebihannya

Auto Review4 days ago

Wapres RI Ma’ruf Amin Resmi Buka GIIAS 2024 Pameran Otomotif Terbesar Di Asia Tenggara

Auto Review5 days ago

BMW Astra Fest Kembali Digelar Guna Dukung GIIAS 2024

Auto Review5 days ago

Suzuki Tampilkan Konsep Mobil Listrik Di GIIAS 2024 Sekaligus Menjadi Strategi Suzuki Di Pasar Global

Auto Review1 week ago

Peletakan Batu Pertama Menandai Dimulainya Pembangunan Pabrik Perakitan Kendaraan Listrik VinFast Di Indonesia

Berita1 week ago

Jakarta Fair 2024 Berakhir Dengan Segudang Pengalaman Seru Yang Tak Terlupakan

Auto Review1 week ago

Mobil Bekas Berkualitas Semakin Mudah Dapat Di Makassar Dengan Hadirnya Honda SLS Used Car

Auto Review1 week ago

Peringati Hari Raya Waisak 2568 BE FIFGROUP Salurkan Bantuan Sosial Senilai Rp 35 juta Untuk 4 Rumah Ibadah Dan 1 Panti Asuhan

Auto Review1 week ago

VinFast Siap Hadir Di GIIAS 2024 Sebagai Langkah Lanjutan Untuk Kuasai Pasar Indonesia

Auto Review1 week ago

Pada GIIAS 2024 Hyundai Tampilkan All-New KONA Electric Kendraan Listrik Dengan Baterai Buatan Lokal.

Auto Review1 week ago

CSI Gandeng PT Inovasi Merah Putih Perkuat Pasar Jawa Barat Dengan Tambah Jaringan Diler di Bandung

Auto Review2 weeks ago

GIIAS 2024 Tampilkan 13 Kendaraan Dengan Merek Baru

Auto Review2 weeks ago

TGRI Buka Peluang Juara Musim Setelah Raih Double Podium Ketiga Di Race 1 Dan 2 Kelas GT4 Japan Cup 2024

Auto Review2 weeks ago

TransJakarta Rubah Nama Halte GBK Jadi Senayan Bank DKI Langkah Awal Tingkatkan Layanan Transportasi Publik Di Jakarta.

Auto Review2 weeks ago

GWM Indonesia Siap Hadirkan Haval Jolion HEV Di Ajang GIIAS 2024

Auto Review2 weeks ago

Kasus Penipuan Tiket Bus Kian Marak, Kepolisian Diharapkan Ikut Berperan

Auto Review2 weeks ago

Kolaborasi Signify Bersama Mercedes-AMG PETRONAS Formula 1 Team Luncurkan Inovasi Berkelanjutan Di Dalam Dan Luar Lintasan