Connect with us

Auto Review

Astra Financial Mencatat Kenaikkan  Laba sebesar 22% Pasca Pandemi Covid 19 Pada Tahun 2022

Autoplus.id,Jakarta – Semester pertama tahun 2023, Astra Financial yang merupakan salah satu divisi keuangan PT Astra International Tbk (Astra) yang memiliki aset sebesar Rp 166 triliun dengan 910 jaringan yang didukung oleh 34.000 karyawan di seluruh Indonesia, serta melayani lebih dari 25 juta konsumen per akhir tahun 2022, mencatatkan pertumbuhan bisnis yang positif di tahun 2022 dengan peningkatan laba sebesar 22% menjadi Rp. 6 Triliun dibanding tahun sebelumnya.

Pandemi selama dua tahun melulantahkan perekonomian dunia tak terkecuali Indonesia berdampak kepada seluruh sektor perekonomian, namun seiiring dengan pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19,  pertumbuhan sektor ritel, khususnya pada bisnis pembiayaan konsumen mengalami peningkatan yang positif dalam mendorong ekosistem Astra dan inovasi digital,” jelas Director-In-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin pada saat acara workshop media bertajuk Bincang-Bincang Astra financial, yang digelar di Menara Astra. (8/3)

“Berdasarkan data akhir Desember 2022, Astra Financial memberikan kontribusi keuntungan terhadap grup Astra sebesar 21% atau senilai Rp 6 triliun. Angka laba tersebut tumbuh sebesar 22% pada tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya Direktur Astra Financial Handoko Liem menyatakan bahwa acara yang pertama kali diadakan itu bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Manajemen Astra Financial serta unit bisnisnya dan rekan-rekan media.

“Kami berharap, dengan diadakannya kegiatan Bincang-Bincang Astra Financial akan memberikan pemahaman mengenai ragam layanan Astra Financial, aspirasi keberlanjutan Astra Financial 2023 dan manfaat yang diberikan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia serta menjadi ruang untuk silaturahim dan diskusi antara Astra Financial dan rekan-rekan media dengan lebih intens,” tambah Handoko Liem.

Di 2022, Astra Financial telah meluncurkan SEVA sebuah platform pencarian mobil baru dari berbagai brand Astra (Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot) yang menyesuaikan dengan kemampuan keuangan konsumen. Pada akhir tahun yang sama, Astra Financial mengakuisisi Bank Jasa Jakarta yang akan bertransformasi menjadi bank digital inovatif di Indonesia.

Astra Financial memberikan pelayanan prima dengan dukungan 14 unit bisnis di 9 industri keuangan, yaitu Pembiayaan Konsumen (FIFGROUP, ACC, dan TAF), Asuransi (Asuransi Astra dan Astra Life), Pembiayaan Alat Berat (KAF dan SANF), Fintech (Maucash), E-Money (AstraPay), Digital Ventures (Moxa dan SEVA), Modal Ventura (Astra Ventura), Dana Pensiun (Dana Pensiun Astra), dan Perbankan (Bank Jasa Jakarta).

Peningkatan performa bisnis Astra Financial pada 2022, antara lain Kontribusi perusahaan yang fokus pada pembiayaan konsumen meningkat sebesar 21% menjadi Rp 101,7 triliun,  Kontribusi laba bersih dari perusahaan Grup yang fokus pada pembiayaan mobil meningkat 35% menjadi Rp1,8 triliun. Kontribusi laba bersih dari bisnis pembiayaan sepeda motor meningkat 26% menjadi Rp 3,3 triliun. Lalu Total pembiayaan baru yang disalurkan oleh bisnis pembiayaan alat berat meningkat sebesar 47% menjadi Rp 9,9 triliun. Kontribusi laba bersih dari segmen ini meningkat 37% menjadi Rp 102 miliar.

Terlihat adanya peningkatan laba bersih pada perusahaan asuransi umum Grup,  sebesar 12% menjadi Rp1,2 triliun, terutama disebabkan pendapatan underwriting dan hasil investasi yang lebih tinggi, selanjutnya tercatat adanya   peningkatan premi bruto (gross written premium) sebesar 5% menjadi Rp6,0 triliun di perusahaan asuransi jiwa.

Pada bidang layanan keuangan digital Astra Financial, seperti brand Maucash, AstraPay, SEVA dan Moxa telah mencatatkan pertumbuhan yang positif. Sepanjang tahun 2022, AstraPay berhasil mencatatkan Gross Transaction Value (GTV) sebesar Rp 29 triliun atau peningkatan sebesar 1.300% dibandingkan dengan tahun 2021. Di sisi lain, pada tahun 2022 Maucash telah menyalurkan pinjaman lebih 789 ribu pinjaman dengan total lebih dari Rp 1,3 triliun.

Sementara itu, Moxa pada tahun 2022 mencapai Gross Merchandise Value (GMV) senilai Rp 1.2 triliun dengan Monthly Active User (MAU) sebanyak 1,36 juta. Hal ini tercapai dengan optimalisasi ekosistem Astra untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna jasa keuangan Astra Financial. Selain itu, sejak diluncurkan pada Maret 2022 hingga akhir 2022, SEVA telah berhasil mencatatkan lebih dari 8.900 Berita Serah Terima Kendaraan (BSTK) dengan Gross Transaction Value (GTV) senilai Rp 4,1 triliun.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review

PBSI Bersama PT ADM Kembali Gelar Daihatsu Indonesia Masters 2024 Untuk Ke – 7 Kalinya

Published

on

Autoplus.id, Jakarta — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kembali mengadakan turnamen bulutangkis berskala internasional untuk ke – 7 kalinya.

Turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters (DIM) 2024 yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada 23 – 28 Januari 2024 mendatang merupakan turnamen bulutangkis yang masuk dalam level BWF World Tour Super 500.

DIM telah menjadi salah satu agenda besar olahraga di Indonesia dalam menciptakan pengalaman berkesan bagi para pecinta bulu tangkis yang diikuti oleh banyak atlet kelas dunia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PBSI atas kepercayaannya, dan seluruh masyarakat dari komunitas dan para pecinta bulu tangkis atas animo yang luar biasa terhadap Daihatsu Indonesia Masters. Kami berharap turnamen ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas prestasi olahraga bulutangkis, sekaligus dapat memberikan kesempatan terbaik kepada para pemain dan mengharumkan nama bangsa,” ungkap Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM di acara jumpa pers bertempat di Ritz Carlton Jakarta pada Senin (27/11).

PT ADM berkontribusi positif bagi bangsa dengan berkomitmen dalam membangun prestasi bulutangkis Tanah Air dan melalui prinsipal Daihatsu Motor Co., Ltd. secara global, Daihatsu konsisten memberikan dukungan pada olahraga bulutangkis di 3 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Jepang.

Indonesia yang pernah menjadi tuan rumah pada tahun 2023 lalu, berhasil meraih 2 juara melalui Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin yang berhasil meraih medali emas di Ganda Putra serta Jonatahan Christie untuk kategori Tunggal Putra.

Sedangkan untuk tahun 2024 ini pecinta bulu tangkis dapat menikmati aksi pebulutangkis tuan rumah seperti Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin serta Gregoria Mariska dan Jonatan Christie yang akan bertanding untuk kejayaan Indonesia selama enam hari penuh.

Dalam kesempatan yang sama Agung Firman Sampurna, Ketua Umum PBSI mengatakan, “Daihatsu Indonesia Masters 2024 merupakan Langkah awal menuju prestasi yang gemilang di tahun 2024.”

“Bulutangkis adalah tradisi Indonesia dan Daihatsu Indonesia Masters 2024 pada bulan Januari menjadi panggung bagi para atlet untuk memulai musim dengan baik.

Turnamen ini masuk dalam penghitungan poin Race to Olympics sehingga bintang-bintang dunia akan menampilkan seluruh kemampuannya,” tambah Firman.

Daihatsu yang menjadi sponsor utama turnamen bergengsi di tanah air mulai tahun 2018 – 2020 ketika DIM digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, menghasilkan sukses besar dengan melibatkan pemain-pemain top dunia.

Yang kemudian disusul penyelenggaraan berikutnya pada tahun 2021 di Bali, Juni 2022 dan 2023 di Istora Senayan, serta 2024, para pemain top dunia siap hadir ke Jakarta dalam memperebutkan gelar juara dan membuktikan prestasi terbaik mereka.

Continue Reading

Auto Review

MMKSI Lanjutkan Aktivitas Life’s Adventure Di GIIAS series 2023 Dengan Tampilkan 3 unit display unggulan

Published

on

Autoplus.id, Bandung — Menjelang akhir tahun 2023 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melanjutkan aktivitas bertajuk Life’s Adventure dengan berpartisipasi dalam GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Series 2023, yang bertempat di Grand Sudirman Ballroom Bandung, Jawa Barat.

Pameran otomotif yang berlangsung pada 22 – 26 November 2023 pada ajang ini MMKSI mengahdirkan booth Mitsubishi Motors yang berlokasi di booth-C dengan luas 176 m2 dengan menampilkan 3 unit mobil display unggulan yang terdiri dari Mitsubishi Xforce dan Mitsubishi Xpander Cross, guna memudahkan pengunjung untuk mengeksplore dan menggali keunggulan berbagai fitur yang disematkan.

Tak hanya itu, MMKSI juga menawarkan program penjualan hingga purna jual menarik yang khusus dihadirkan pada event ini guna memberikan keuntungan maksimal bagi para konsumen.

Untuk melengkapi petualangan pelanggan, MMKSI juga menyediakan 3 unit test drive yang terdiri dari 2 unit Mitsubishi Xforce tipe Ultimate CVT, serta 1 unit Mitsubishi Pajero Sport untuk memastikan pengunjung mendapatkan pengalaman dan impressi berkendara terbaik dengan model Mitsubishi Motors secara langsung.

“Partisipasi MMKSI pada ajang GIIAS Bandung 2023, bertujuan untuk membagikan pengalaman ‘Life’s Adventure’ menarik kepada masyarakat melalui produk dan layanan unggulan Mitsubishi Motors di Indonesia. Sekaligus pada event ini kami menghadirkan kembali Mitsubishi Xforce tidak hanya sebagai unit display, namun juga unit tes yang dapat dicoba langsung oleh pengunjung.” kata Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

“Konsumen di seluruh Indonesia tidak perlu khawatir mengenai kesediaan unit Mitsubishi Xforce, karena kami telah memulai pengiriman kepada konsumen yang melakukan pemesanaan, serta pengiriman kepada diler resmi di berbagai wilayah Indonesia untuk unit display dan unit test. Sehingga konsumen dapat datang ke diler resmi terdekat, untuk mengeksplor dan mencoba secara langsung,” Tetsuhiro menambahkan.

Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, salah satu provinsi yang memberikan kontribusi positif terhadap penjualan kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia setelah JABODETABEK.

Sepanjang periode Januari – November 2023, wilayah Jawa Barat berkontribusi sebesar 8% kepada penjualan kendaraan penumpang dan kendaraan niaga Mitsubishi Motors secara nasional, dimana kota Bandung juga memberikan kontribusi dominan sebesar 60% untuk penjualan wilayah Jawa Barat.

Continue Reading

Auto Review

OLX IMX 2023 Akan Berakhir Di Bali Sekaligus Pembuka IMX 2024 Mendatang

Published

on

Autoplus.id, Jakarta — Indonesia Modification Expo (IMX) akan menggelar acara selebrasi bertema ‘Afterwork Party’ pada 25 November 2023 mendatang di Canna, Bali dimana acara ini sebagai penutup agenda besar industri modifikasi dan aftermarket melalui gelaran OLX IMX 2023 sekaligus menjadi agenda pembuka dari gelaran IMX 2024 mendatang.

Berbeda dengan roadshow OLX IMX 2023 yang telah berlangsung sejak awal 2023 lalu, OLX IMX 2023 ‘Afterwork Party‘ akan digelar hanya satu hari mulai pukul 15.00 WIT. Acara selebrasi penutupan OLX IMX 2023 bisa dikunjungi secara gratis dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lokasi acara seluas 10 m x 16 m berubah menjadi pesta penutupan OLX IMX 2023 yang dimeriahkan oleh berbagai tenant dari produk aftermarket, beberapa unit mobil modifikasi komunitas, talkshow dan suguhan hiburan di panggung utama.

Setelah menuntaskan agenda besar OLX IMX 2023 yang menyambangi berbagai kota di Indonesia, acara selebrasi ini akan menjadi penutupan resmi dari gelaran IMX ke-6 dalam tema ‘The Future of Creativity’.

Di tahun 2023 ini menjadi pembuka era baru skema industri modifikasi dan aftermarket Indonesia yang saat ini mulai membuka kolaborasi di ranah industri kreatif, membangun relasi dengan kultur modifikasi luar negeri, dan mempersiapkan berbagai terobosan – terobosan baru ke depan.

“Sebagai one-stop automotive & lifestyle expo terbesar dan pertama di Indonesia, IMX secara konsisten terus mendukung kreativitas dan inovasi para pelaku industri di Tanah Air,” kata Andre Mulyadi, IMX Project Director dalam siaran persnya.

Kesuksesan acara didukung oleh OLX Member of Astra selaku OLX IMX Main Sponsor, Penta Prima Paint dan Goodfix Sticker selaku Co-Sponsor, Wuling Motors dan Hyundai Motors Indonesia selaku OLX IMX EV Car Partner dan Toyota Indonesia selaku Car Brand Partner.

Selain itu dukungan dari asosiasi modifikasi National Modificator & Aftermarket Association, Indonesia Community, Forum Otomotif Bali, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam menyukseskan acara selebrasi gelaran IMX ke-6 di 2023.

“Acara selebrasi sekaligus pre-launch IMX 2024 didasari atas tingginya antusiasme pelaku industri modifikasi dan aftermarket di Bali yang telah menyumbang kontribusi besar terhadap kemajuan pesat dunia modifikasi di Indonesia. Terutama didominasi oleh generasi milenial dan gen z yang saat ini beralih dari sekedar konsumen menjadi ‘game changer’, mendukung Indonesia sebagai salah satu barometer modifikasi dan aftermarket Indonesia ke kancah internasional,” tambah Andre.

Gelaran yang dikemas dengan sangat casual mengajak para industri modifikasi dan aftermarket sebagai sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia bersiap menghadapi perubahan tren dan perkembangan dunia modifikasi aftermarket internasional pada 2024 mendatang.

Terlebih lagi, melalui karya kolaborasi lintas negara saling memberi dampak positif dan berkelanjutan dalam bersama-sama membangun dan membesarkan industri modifikasi sebagai salah satu penopang ekonomi kreatif.

“Berkaca pada gelaran OLX IMX 2023 lalu, kita memulai debut untuk 3 produk body kit lokal dan debut global produk body kit internasional di Indonesia. Kami harap, bukan hanya industri body kit saja yang saat ini mengalami perkembangan pesat. Tetapi, industri lain yang masih dalam skala UMKM lainnya juga bisa berjalan beriringan sebagai wujud hilirisasi industri modifikasi dan aftermarket yang juga turut didukung oleh berbagai pihak,” tegas Andre.

Gelaran OLX IMX ‘Afterwork Party’ membawa sejumlah program edukatif dan menghibur dengan menghadirkan program konten, mulai dari IMX Talkshow yang menghadirkan para ekspertis modifikasi seperti Founder NMAA dan IMX Project Director Andre Mulyadi, car enthusiast sekaligus KOL otomotif Gofar Hilman, NMAA Top 50 Director Erwin M. Chairudin, dan Owner ProRock Jakarta Rangga Polnaja.

Sesi selanjutnya yang tidak kalah penting tentunya akan dibuka informasi terkait gelaran IMX 2024, terutama tanggal, tempat diadakannya “Big Bang” IMX 2024 akan diinformasi dari Canna Bali, ini tentunya menjadi hal penting yang ditunggu-tunggu oleh para pemegang merek, sponsor untuk bisa ikut serta dalam pagelaran expo IMX di tahun 2024 nantinya.

“Pada acara IMX 2023 ini industri otomotif khususnya modifikasi telah mencapai berbagai pencapaian, di Bali nanti kami akan saling berdiskusi dan juga menerima masukan dari setiap komunitas, brand yang hadir, dan tentunya mensyukuri setiap berkat yang sudah diberikan bagi Industri ini, sampai jumpa di Bali, dan tentunya saja sampai bertemu di keseruan selanjutnya di IMX 2024, tutup Andre Mulyadi.

Continue Reading

Trending