Auto Review
Astra Financial Mencatat Kenaikkan Laba sebesar 22% Pasca Pandemi Covid 19 Pada Tahun 2022
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2023/03/IMG20230308094620-scaled.jpg)
Autoplus.id,Jakarta – Semester pertama tahun 2023, Astra Financial yang merupakan salah satu divisi keuangan PT Astra International Tbk (Astra) yang memiliki aset sebesar Rp 166 triliun dengan 910 jaringan yang didukung oleh 34.000 karyawan di seluruh Indonesia, serta melayani lebih dari 25 juta konsumen per akhir tahun 2022, mencatatkan pertumbuhan bisnis yang positif di tahun 2022 dengan peningkatan laba sebesar 22% menjadi Rp. 6 Triliun dibanding tahun sebelumnya.
Pandemi selama dua tahun melulantahkan perekonomian dunia tak terkecuali Indonesia berdampak kepada seluruh sektor perekonomian, namun seiiring dengan pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19, pertumbuhan sektor ritel, khususnya pada bisnis pembiayaan konsumen mengalami peningkatan yang positif dalam mendorong ekosistem Astra dan inovasi digital,” jelas Director-In-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin pada saat acara workshop media bertajuk Bincang-Bincang Astra financial, yang digelar di Menara Astra. (8/3)
“Berdasarkan data akhir Desember 2022, Astra Financial memberikan kontribusi keuntungan terhadap grup Astra sebesar 21% atau senilai Rp 6 triliun. Angka laba tersebut tumbuh sebesar 22% pada tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya.
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2023/03/IMG_20230308_135400-1024x793.jpg)
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2023/03/IMG_20230308_135400-1024x793.jpg)
Dalam sambutannya Direktur Astra Financial Handoko Liem menyatakan bahwa acara yang pertama kali diadakan itu bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Manajemen Astra Financial serta unit bisnisnya dan rekan-rekan media.
“Kami berharap, dengan diadakannya kegiatan Bincang-Bincang Astra Financial akan memberikan pemahaman mengenai ragam layanan Astra Financial, aspirasi keberlanjutan Astra Financial 2023 dan manfaat yang diberikan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia serta menjadi ruang untuk silaturahim dan diskusi antara Astra Financial dan rekan-rekan media dengan lebih intens,” tambah Handoko Liem.
Di 2022, Astra Financial telah meluncurkan SEVA sebuah platform pencarian mobil baru dari berbagai brand Astra (Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot) yang menyesuaikan dengan kemampuan keuangan konsumen. Pada akhir tahun yang sama, Astra Financial mengakuisisi Bank Jasa Jakarta yang akan bertransformasi menjadi bank digital inovatif di Indonesia.
Astra Financial memberikan pelayanan prima dengan dukungan 14 unit bisnis di 9 industri keuangan, yaitu Pembiayaan Konsumen (FIFGROUP, ACC, dan TAF), Asuransi (Asuransi Astra dan Astra Life), Pembiayaan Alat Berat (KAF dan SANF), Fintech (Maucash), E-Money (AstraPay), Digital Ventures (Moxa dan SEVA), Modal Ventura (Astra Ventura), Dana Pensiun (Dana Pensiun Astra), dan Perbankan (Bank Jasa Jakarta).
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2023/03/IMG_20230308_102311-1024x596.jpg)
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2023/03/IMG_20230308_102311-1024x596.jpg)
Peningkatan performa bisnis Astra Financial pada 2022, antara lain Kontribusi perusahaan yang fokus pada pembiayaan konsumen meningkat sebesar 21% menjadi Rp 101,7 triliun, Kontribusi laba bersih dari perusahaan Grup yang fokus pada pembiayaan mobil meningkat 35% menjadi Rp1,8 triliun. Kontribusi laba bersih dari bisnis pembiayaan sepeda motor meningkat 26% menjadi Rp 3,3 triliun. Lalu Total pembiayaan baru yang disalurkan oleh bisnis pembiayaan alat berat meningkat sebesar 47% menjadi Rp 9,9 triliun. Kontribusi laba bersih dari segmen ini meningkat 37% menjadi Rp 102 miliar.
Terlihat adanya peningkatan laba bersih pada perusahaan asuransi umum Grup, sebesar 12% menjadi Rp1,2 triliun, terutama disebabkan pendapatan underwriting dan hasil investasi yang lebih tinggi, selanjutnya tercatat adanya peningkatan premi bruto (gross written premium) sebesar 5% menjadi Rp6,0 triliun di perusahaan asuransi jiwa.
Pada bidang layanan keuangan digital Astra Financial, seperti brand Maucash, AstraPay, SEVA dan Moxa telah mencatatkan pertumbuhan yang positif. Sepanjang tahun 2022, AstraPay berhasil mencatatkan Gross Transaction Value (GTV) sebesar Rp 29 triliun atau peningkatan sebesar 1.300% dibandingkan dengan tahun 2021. Di sisi lain, pada tahun 2022 Maucash telah menyalurkan pinjaman lebih 789 ribu pinjaman dengan total lebih dari Rp 1,3 triliun.
Sementara itu, Moxa pada tahun 2022 mencapai Gross Merchandise Value (GMV) senilai Rp 1.2 triliun dengan Monthly Active User (MAU) sebanyak 1,36 juta. Hal ini tercapai dengan optimalisasi ekosistem Astra untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna jasa keuangan Astra Financial. Selain itu, sejak diluncurkan pada Maret 2022 hingga akhir 2022, SEVA telah berhasil mencatatkan lebih dari 8.900 Berita Serah Terima Kendaraan (BSTK) dengan Gross Transaction Value (GTV) senilai Rp 4,1 triliun.
You must be logged in to post a comment Login