Connect with us

Auto Review

Ternyata Ini Alasan Mengapa Batik Bluebird Begitu Ikonik Dan Melegenda

Autoplus.id, Jakarta — 2 Oktober memang diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tapi bagi Bluebird hari batik diperingati setiap hari oleh ribuan mitra kerjanya di seluruh Indonesia.

Menggunakan batik bagi mitra kerja Bluebird bertujuan untuk berbagi kebahagiaan untuk membangun negeri. Hal inilah yang membuat batik Bluebird begitu ikonik dan melegenda.

Tak banyak yang tahu bahwa batik biru Bluebird bukan sekadar batik. Seragam kebanggaan pengemudi atau mitra kerjanya, ternyata itu memiliki filosofi mendalam dan fakta-fakta menarik untuk diketahui.

Ingin tahu detailnya, Pertama peluncuran batik Bluebird sebagai seragam pengemudi secara resmi diluncurkan oleh Dirjen Budaya Seni dan Film DepBudPar RI, Drs. Tjetjep Suparman, M.Si, dan Bapak dr. Purnomo Prawiro di Museum Fatahilah, Jakarta.

Kedua Batik Bluebird didesain oleh perancang busana terkenal Chossy Latu yang memiliki perhatian khusus terhadap pelestarian batik.

Ketiga Batik Bluebird telah berusia 13 tahun sejak peresmiannya pada 2010, serta yang keempat Bluebird terdiri dari 4 elemen yang memiliki makna yaitu, Burung biru yang merupakan ikon Bluebird itu sendiri yang terinspirasi dari kisah legenda orang Eropa mengenai burung berwarna biru yang dipercaya sebagai pembawa kebahagiaan.

Kemudian Padi dan Kapas yang merupakan perpaduan antara padi dan kapas melambangkan komitmen Bluebird terhadap kesejahteraan, sikap mengayomi karyawan dan pengemudi, serta melindungi pelanggan.

Lalu Nyeplok Lunglungan adalah pola yang tersusun atas burung biru dan rangkaian padi dan kapas yang membentuk empat penjuru mata angin, dimana hal ini melambangkan Bluebird siap melayani pelanggan ke berbagai tujuan dengan aman dannyaman.

Terakhir Burung Berjajar yang merupakan Bagian bawah baju batik Bluebird dikelilingi oleh gambar burung yang berjajar. Ini adalah cerminan dari etos kerja sama di Bluebird yang tertata, disiplin, serta konsisten dalam mutu dan pelayanan.

Sebagai perancang busana yang karya-karyanya sudah diakui dunia internasional, Chossy Latu memiliki kenangan tersendiri saat merancang batik Bluebird.

“Saya membutuhkan waktu hampir 2 tahun untuk membuat motif batik yang sesuai dengan karakter Bluebird. Tantangan yang paling terasa adalah bagaimana membuat motif yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan,” ungkap Chossy Latu.

Lebih lanjut Chossy mengatakan “Banyak perusahaan yang memiliki seragam batik, tapi hanya sedikit yang memiliki keseriusan membuatnya. Sementara Bluebird adalah satu dari sedikit perusahaan yang berhasil menjadikan batik sebagai bagian dari citra perusahaan. Hal ini karena batik Bluebird mengandung filosofi yang mendalam. Sebagai perancang batik Bluebird saya merasa bangga bisa berkolaborasi dengan Bluebird.”

Kehadiran batik Bluebird tentu bukan hanya karena Bluebird adalah perusahaan asli Indonesia tetapi lebih dari itu, batik Bluebird adalah wujud sumbangsih Bluebird dalam menjaga warisan budaya bangsa yang mendunia.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review

Forwot FC Juara Di Turnamen Futsal Sambut Hari Jadinya Ke 21

Published

on

Autoplus.id, Jakarta — Forum Wartawan Otomotif (Forwot) menggelar turnamen futsal perdana yang bertempat di Futsal Court Cilandak Sport Center, Jakarta pada Sabtu (18/5).

Tournament ini merupakan rangkaian kegiatan hari jadi Forwot ke-21 yang jatuh pada tanggal 30 April.

Agenda ini menjadi ajang silaturahim bagi para wartawan berbagai bidang serta para pihak terkait di industri otomotif Indonesia.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara,  perwakilan agen pemegang merek otomotif, dan para wartawan senior Forwot guna membuktikan sinergitas antara rekan -rekan media yang tergabung dalam Forwot dengan industri otomotif nasional di Indonesia.

“Kami harapkan kegiatan ini terus diselenggarakan setiap tahunnya, dan menjadi ajang silaturahim melalui kegiatan olahraga yang sportif baik untuk rekan Forwot maupun peserta dari industri otomotif nasional,” kata Kukuh Kumara, Sekum GAIKINDO dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Forwot Indra Prabowo mengatakan, “Turnamen futsal mencerminkan minat para wartawan otomotif di dunia olahraga sekaligus memperkuat ikatan antarwartawan, komunitas, serta pemangku kepentingan lainnya.”

“Semua berpartisipasi untuk membangun sinergi dan energi positif di masa depan. Saya atas nama Forwot mengucapkan terima kasih kepada semua pendukung demi kelancaran kegiatan ini,” tambah Indra.

Turnamen yang diikuti oleh 14 tim terdiri dari 8 tim di kategori Forum Wartawan dan 6 tim untuk korporasi.

Untuk pemenang di katagori media dimenangkan Forwot FC sebagai juara pertama, kemudian Camaro diurutan kedua serta Permin diurutan ketiga.

Sedangkan di kategori korporasi Pertamina mempati urutan pertama, disusul Isuzu diurutan kedua serta Asuransi Astra diurutan ke tiga.

Seluruh hadiah dan kegiatan Forwot Futsal Tournament 2024 ini tidak terlepas dari dukungan mitra Fowot seperti Toyota, Pertamina Lubricant, Suzuki, Mitsubishi Fuso, Isuzu, Nissan, Daihatsu, Astra Honda Motor (AHM), dan Piaggio.

Kemudian Mandiri Utama Finance (MUF), Honda Prospect Motor (HPM), Wuling Motors, 7 Event, Orvyn, Garda Oto, Wahana, Neta, Telkomsel, HK, Scooter Victory, FIFGROUP, MOTUL, Rabbit & Wheel, RC Motogarage, Scarlet, DERIDE, CARGLOSS, SMK Helmet, NOLAN, IPONE OIL, Hyundai, dan JNE.

“Kegiatan turnamen futsal ini merupakan upaya silaturahim dan membangun kebersamaan antara wartawan dan para insan otomotif di Indonesia untuk menciptakan ekosistem industri otomotif yang berkualitas dan saling menunjang pertumbuhan semua pihak,” ungkap M Syakur Usman Ketua Penyelenggara.

Continue Reading

Auto Review

Eurokars Group Indonesia Hadirkan Pre-Owned Car Expo Pertama Di Jakarta

Published

on

Autoplus.id, Jakarta — Eurokars Group Indonesia mengumumkan pre-owned car pertamanya yang diadakan di jalan Sultan Iskandar Muda No. 51, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Jumat (17/5).

Acara eksklusif ini menampilkan berbagai pilihan mobil pre-owned mewah dari berbagai merek bergengsi di bawah naungan Eurokars Group Indonesia termasuk Porsche, BMW, McLaren, Maserati, dan Bentley.

“Di Eurokars Group Indonesia, kami percaya untuk memberikan yang terbaik bagi klien kami. Pre-Owned Expo ini mencerminkan semangat kami terhadap keunggulan otomotif dan komitmen kami untuk menawarkan yang terbaik dalam kendaraan pre-owned mewah.” kata Michael Vetter, Chief Operating Officer Eurokars Group Indonesia dalam sambutannya.

Dalam pameran ini, klien akan diperkenalkan dengan deretan mobil yang telah melalui proses inspeksi dan sertifikasi menyeluruh sesuai dengan standar masing-masing pabrikan.

Secara eksklusif selama pameran, klien berhak mendapatkan tambahan garansi mobil pre-owned 1 tahun secara gratis dan voucher travel senilai hingga Rp 10.000.000,-

Sedangkan layanan keuangan melalui Mandiri Utama Finance (MUF) dan Maybank dengan suku bunga khusus tersedia di pameran.

Veter menambahkan, “Acara ini menandai tonggak penting bagi Eurokars Group Indonesia. Dengan menghadirkan berbagai macam kendaraan pre-owned berkualitas tinggi di satu tempat Kami memudahkan klien kami untuk menemukan kendaraan yang sesuai dengan keinginan mereka. Kami sangat antusias untuk menyambut klien kami dan calon klien, serta menunjukkan standar luar biasa yang mendefinisikan pengalaman Eurokars Group.”

“Ke depannya, kami berencana untuk mengadakan Eurokars Pre-owned Car Expo secara rutin, menawarkan berbagai layanan terkait mobil baru dan pre-owned seperti pre-owned warranty, road-side assistance, maintenance service packages, trade-in’s, consignments atau penjualan armada premium dan kendaraan eksekutif perusahaan kami,” jelas Vetter.

The Eurokars Group Indonesia Pre-Owned Expo terbuka untuk kunjungan mulai Jumat, 17 Mei pukul 13.30 – 17.00, Sabtu dan Minggu 18 – 19 Mei pukul 08.00 – 15.00 serta Senin – Rabu, 20 – 22 Mei pukul 09.00 – 17.00.

Continue Reading

Auto Review

Pacu Adrenalin Ke Level Lebih Tinggi Di Acara BMW Astra Driving Experience

Published

on

Autoplus.id, Jakarta — BMW Astra Driving Experience kembali hadir dengan level yang lebih tinggi dimana pada ajang kali ini peserta diajak merasakan pengalaman berkendara yang dapat memacu adrenalin.

Acara yang akan dilaksanakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor pada Sabtu (18/5) pelanggan dapat merasakan pengalaman berkendara dengan mobil BMW melalui kegiatan circuit test drive.

Peserta juga dapat melakukan taxi ride yang memacu adrenalin di mobil balap bersama dengan BMW Team Astra untuk menjajal kemampuan BMW X Series di medan off-road.

“BMW Astra sebagai Best Dealer in Customer Care menghadirkan Joyfest yang memberikan pengalaman berkendara bagi pelanggan. Dalam acara ini kami merasakan pengalaman dengan? mobil BMW melalui kegiatan circuit test drive, melakukan taxi ride yang memacu adrenalin di mobil balap bersama dengan BMW Team Astra.” kata Sanfrantis Tanu dalam press conference yang diadakan di kantor BMW Astra Cilandak, Jakarta pada Rabu (15/5).

Tahun ini BMW Astra untuk pertama kali menghadirkan Joykhana, kegiatan yang menguji kemampuan pengemudi dan kelincahan mobil melewati lintasan berkelok.

BMW Astra juga menyediakan berbagai mobil terbaru, di mana peserta dapat mencoba teknologi terkini yang ada pada mobil BMW seperti BMW Connected Drive sambil menikmati pemandangan komplek Sirkuit Internasional Sentul.

“Bagi pelanggan yang membawa keluarga, kami juga menyediakan area bermain anak, di mana mereka juga bisa merasakan sensasi balap dengan BMW Baby Racer ataupun mewarnai gambar,” tambah Sanfrantis.

Pelanggan yang akan ikut dalam sesi di dalam sirkuit akan mendapatkan sesi pelatihan dan panduan terlebih dulu dari BMW Certified Driver Trainer Gerry Nasution yang juga merupakan pembalap dari BMW Team Astra.

Pada acara ini BMW Astra merilis JOYFEST Official Merchandise, serta penawaran khusus berupa voucer diskon Rp 500 ribu untuk paket servis.

BMW Astra Used Car menghadirkan bazaar mobil bekas bergaransi, trade-in voucher, dan memberikan tambahan harga untuk mobil BMW yang lolos general check di JOYFEST 2024.

Joyfest: BMW Astra Driving Experience 2024 terlaksana atas dukungan business partner yang juga pelanggan BMW Astra seperti Astra Credit Companies, Asuransi Astra, Jaya Kreasi Indonesia, BCA Finance, SOMPO Insurance, Mayapada Hospital, Maybank Finance, Botanical Essentials, You C1000 Isotonic Drink, Jago Coffee, Belfoods, dan BG.

“Acara ini kami persembahkan untuk seluruh pecinta BMW khususnya pelanggan loyal BMW Astra. Bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman baru di Joyfest, dapat melakukan pendaftaran secara online melalui linktr.ee/joyfest mulai hari ini,” tutup Sanfrantis.

Continue Reading

Trending