Connect with us

Auto Review

Tahun 2022 Isuzu Cetak Angka Penjualan Tertinggi Sepanjang Sejarah

Autoplus.id, Jakarta — PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) agen pemegang merek (APM) kendaraan Isuzu menikmati pertumbuhan pesat pasar kendaraan niaga di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam acara Isuzu Media Gathering 2023 yang bertempat di Restoran Seribu Rasa, Kebayoran baru Jakarta pada Rabu (25/1).

Dalam kesempatan itu disampaikan bahwa sepanjang tahun 2022 menjadi saat yang paling membanggakan PT IAMI karena berhasil mencatatkan rekor sejarah baru, dimana Isuzu mencetak angka penjualan tertinggi sepanjang sejarah sejak menjejakkan kaki di Indonesia.

Hal itu tidak terlepas dari keputusan strategis yang diambil oleh PT IAMI pada tahun 2008 untuk berpindah fokus dari mobil penumpang (passenger car) ke kendaraan niaga (commercial vehicle).

Perubahan fokus itu dilatar belakangi oleh visi dan misi PT IAMI untuk menjadi pemain yang dominan dan manufaktur kelas dunia (to be a dominant player and world class manufacturing).

Tentunya ini tidak lepas dari keberhasilan Isuzu dalam melakukan transisi dari standar emisi Euro2 ke Euro4, dimana pada April 2022 seluruh kendaraan Isuzu yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan mesin dengan teknologi common rail dengan standar emisi Euro4 yang telah digunakan oleh Isuzu Giga sejak tahun 2011.

Pengalaman dalam menggunakan teknologi common rail dan pengalaman aftersales Isuzu selama lebih dari 10 tahun itu membuat Isuzu dapat melakukan transisi dengan mulus,” jelas Ernando Demily, President Director PT IAMI dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan bahwa di tahun 2022 Isuzu mencetak rekor sejarah baru yakni memperoleh angka penjualan tertinggi sepanjang sejarah sejak menjejakkan kaki di Indonesia tahun 1974, mencapai 33.715 unit dengan peningkatan sebesar 23,6% dibandingkan tahun lalu.

Datal penjualan mobil secara nasional tumbuh sebesar 17,4% dibanding tahun lalu dan penjualan kendaraan niaga meningkat 10,6%, sedangkan Isuzu sendiri mengalami pertumbuhan lebih tinggi dari market kendaraan niaga, yaitu sebesar 20,6%.

Isuzu Elf dari kelas light truck memegang peranan penting sebagai backbone Isuzu dengan volume penjualan 16.192 unit dan market share 25,1%, diikuti varian dikelas medium pick up, Isuzu Traga dengan penjualan sebanyak 12.921 unit dan market share 40,2%.

Kemudian dari kelas medium truck, penjualan Isuzu Giga sebanyak 3.370 unit dan market share 12,9%. Sisanya penjualan Isuzu D-Max dan Isuzu Mu-X”.

Semua itu tentunya tidak hanya dicapai karena produk-produk Isuzu yang handal dan memenuhi kebutuhan konsumen, melainkan juga karena pelayanan purna jual Isuzu yang terus ditingkatkan.” kata Rian Erlangga Deputy Division Head of Business Strategy Division.

Saat ini Isuzu memiliki 163 Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), lebih dari 1.500 partshop, Part Depo Palembang dan Makassar, Servis 24/7 dan 122 Bengkel Mitra Isuzu (BMI).

Selain itu, Isuzu menghadirkan pengalaman Digital untuk memudahkan konsumen, yang mencakup: MyIsuzuID, sebuah aplikasi yang menghubungkan konsumen dengan Isuzu Indonesia, Isuzu Link yang merupakan Fleet Management System dan Isuzu Contact Center melalui telepon, Email dan WhatsApp Business.

Dalam upaya untuk menjadi World Class Manufacturing Base, PT IAMI telah melakukan ekspor Isuzu Traga ke negara Asia Tenggara (Filipina, Laos dan Myanmar), Afrika dan Amerika Tengah dan Selatan.

Dengan meningkatnya penjualan dan ekspor Isuzu, utilisasi kapasitas produksi pabrik Isuzu di Indonesia kini mencapai 86%.

Selain penjualan, Isuzu juga menorehkan prestasi lain dengan memenangkan penghargaan INNOVASTRA AWARD yang diadakan oleh Astra Group. Dalam hal itu Isuzu memenangkan tiga kategori yang dilombakan yaitu konsep, tim, serta sistem dan performa.

Dalam menjalankan program sustainability, Isuzu juga melakukan beberapa aktivitas layanan untuk masyarakat dengan mengadakan beberapa program yaitu, Isuzu Education Partner, Isuzu Health Partner, Isuzu Environment Partner, dan Isuzu Entrepreneur Partner yang sudah direalisasikan di tahun 2022.

Sejalan dengan pemulihan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dan pencapaian fantastis PT IAMI pada tahun 2022, Isuzu akan terus meningkatkan layanan baik penjualan maupun purna jual. Iauzu juga menargetkan penjualan di 2023 sebesar 39.000 unit dan ekspor 8.500 unit. Dengan demikian, hal ini sejalan dengan visi dan misi Isuzu Indonesia.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review6 hours ago

Chery Merancang Cetak Biru Mobilitas Inklusif, Inovatif Yang Berorientasi Pada Kebutuhan Masyarakat Dunia

Auto Review9 hours ago

Piaggio Luncurkan Vespa LX dan Vespa Officina 8 Motor Penuh Warna Dan Aspiratif

Auto Review1 day ago

Kunjungan komunitas Daihatsu Ke Part Center Di Cibitung Wujud Nyata Dalam Jaga Transparansi Dan Kedekatan Dengan Pelanggan

Auto Review2 days ago

Mitsubishi Motors Berikan Apresiasi Kepada Penumpang Garuda Diajang GATF 2025

Auto Review2 days ago

Wahana Ajak Komunitas Honda Vario Lakukan Nocturnity Riding Gaungkan Kampanye Keselamatan Berkendara #Cari_aman

Auto Review3 days ago

Indomobil e-Motor Gandeng Komunitas TYRANNO.ID Dalam Acara Eat Venture

Auto Review5 days ago

Volvo Luncurkan XC 60 Dan XC 90 Kendaraan Terbaru Guna Perkuat Portofolio Kendaraan Listrik

Auto Review6 days ago

DFSK Kampanyekan Untung Banget Pakai Super Cab Berikan Keuntungan Bagi Masyarakat Palembang

Auto Review6 days ago

MAXUS MIFA 7 Dan 9 Produk Lokal Standar 5-Star Euro NCAP Resmi Di Serahkan Ke Pelanggan Di Indonesia

Auto Review6 days ago

Berkat Kolaborasi Dengan Modifikator Lokal Toyota Raih 4 Penghargaan Di IMX 2025

Auto Review1 week ago

Mitsubishi Destinator Promosinya Makin Inspiratif Dan Menarik Kini Hadir Lewat Video

Auto Review1 week ago

Geely Ambil Bagian Di Acara Wonderful Indonesia Tourism Fair Guna Perkuat Sinergi Green Mobility

Auto Review1 week ago

Isuzu TRAGA Expo 2025 Hadir Di Sidoarjo Agar Dekat Dengan Konsumen Jawa Timur

Auto Review1 week ago

Subaru Indonesia Hadirkan Solusi Melalui Rangkaian Subaru Core Technology Atasi Aquaplaning

Auto Review2 weeks ago

Edo Januarko Chandra Di Tunjuk Sebagai COO VW Guna Perkuat Langkah Strategi Bisnis GMM

Auto Review2 weeks ago

Diajang Carvaganza Editor’s Choice Awards 2025 Suzuki Fronx Raih Lima penghargaan

Auto Review2 weeks ago

Ofero Tampilkan Galaxy 5 Lit Motor Listrik Stylish Berforma Handal Diajang Ofero Ride Fest 2025

Auto Review2 weeks ago

New Camry 2.5 V AT Tampil Dengan Desain Eksterior Dan Interior Yang Lebih Advance Dan Moderen

Auto Review2 weeks ago

Daihatsu Berikan Penawaran Eksklusif Rocky Terbaru Khusus Anggota Komunitas DOC

Auto Review2 weeks ago

Hino Tampilkan Enam Kendaraan Dengan Teknologi Terbaru Diajang JMS 2025

Auto Review2 weeks ago

Manoj Gajarlawar Resmi Menjabat Business Head For The Asia Pacific Markets Royal Enfield Yang Berkantor Di Bangkok

Auto Review2 weeks ago

MMKSI Hadirkan Program “Servis Hemat” Sambut Akhir Tahun

Auto Review2 weeks ago

PT CSI Lakukan Ekspansi Ke Yogjakarta Dengan Resmikan Dealer Ke – 59

Auto Review2 weeks ago

GIIAS Bandung 2025 Momen Wujudkan Kepemilikan Mobil Baru Dengan Nilai Tambah Maksimal

Auto Review3 weeks ago

New Yamaha Xmax Tech Max Hadir Dengan Warna Terbaru Serta Fitur Canggih Di IMOS 2025