Connect with us

Auto Review

Tahun 2022 Isuzu Cetak Angka Penjualan Tertinggi Sepanjang Sejarah

Autoplus.id, Jakarta — PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) agen pemegang merek (APM) kendaraan Isuzu menikmati pertumbuhan pesat pasar kendaraan niaga di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam acara Isuzu Media Gathering 2023 yang bertempat di Restoran Seribu Rasa, Kebayoran baru Jakarta pada Rabu (25/1).

Dalam kesempatan itu disampaikan bahwa sepanjang tahun 2022 menjadi saat yang paling membanggakan PT IAMI karena berhasil mencatatkan rekor sejarah baru, dimana Isuzu mencetak angka penjualan tertinggi sepanjang sejarah sejak menjejakkan kaki di Indonesia.

Hal itu tidak terlepas dari keputusan strategis yang diambil oleh PT IAMI pada tahun 2008 untuk berpindah fokus dari mobil penumpang (passenger car) ke kendaraan niaga (commercial vehicle).

Perubahan fokus itu dilatar belakangi oleh visi dan misi PT IAMI untuk menjadi pemain yang dominan dan manufaktur kelas dunia (to be a dominant player and world class manufacturing).

Tentunya ini tidak lepas dari keberhasilan Isuzu dalam melakukan transisi dari standar emisi Euro2 ke Euro4, dimana pada April 2022 seluruh kendaraan Isuzu yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan mesin dengan teknologi common rail dengan standar emisi Euro4 yang telah digunakan oleh Isuzu Giga sejak tahun 2011.

Pengalaman dalam menggunakan teknologi common rail dan pengalaman aftersales Isuzu selama lebih dari 10 tahun itu membuat Isuzu dapat melakukan transisi dengan mulus,” jelas Ernando Demily, President Director PT IAMI dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan bahwa di tahun 2022 Isuzu mencetak rekor sejarah baru yakni memperoleh angka penjualan tertinggi sepanjang sejarah sejak menjejakkan kaki di Indonesia tahun 1974, mencapai 33.715 unit dengan peningkatan sebesar 23,6% dibandingkan tahun lalu.

Datal penjualan mobil secara nasional tumbuh sebesar 17,4% dibanding tahun lalu dan penjualan kendaraan niaga meningkat 10,6%, sedangkan Isuzu sendiri mengalami pertumbuhan lebih tinggi dari market kendaraan niaga, yaitu sebesar 20,6%.

Isuzu Elf dari kelas light truck memegang peranan penting sebagai backbone Isuzu dengan volume penjualan 16.192 unit dan market share 25,1%, diikuti varian dikelas medium pick up, Isuzu Traga dengan penjualan sebanyak 12.921 unit dan market share 40,2%.

Kemudian dari kelas medium truck, penjualan Isuzu Giga sebanyak 3.370 unit dan market share 12,9%. Sisanya penjualan Isuzu D-Max dan Isuzu Mu-X”.

Semua itu tentunya tidak hanya dicapai karena produk-produk Isuzu yang handal dan memenuhi kebutuhan konsumen, melainkan juga karena pelayanan purna jual Isuzu yang terus ditingkatkan.” kata Rian Erlangga Deputy Division Head of Business Strategy Division.

Saat ini Isuzu memiliki 163 Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), lebih dari 1.500 partshop, Part Depo Palembang dan Makassar, Servis 24/7 dan 122 Bengkel Mitra Isuzu (BMI).

Selain itu, Isuzu menghadirkan pengalaman Digital untuk memudahkan konsumen, yang mencakup: MyIsuzuID, sebuah aplikasi yang menghubungkan konsumen dengan Isuzu Indonesia, Isuzu Link yang merupakan Fleet Management System dan Isuzu Contact Center melalui telepon, Email dan WhatsApp Business.

Dalam upaya untuk menjadi World Class Manufacturing Base, PT IAMI telah melakukan ekspor Isuzu Traga ke negara Asia Tenggara (Filipina, Laos dan Myanmar), Afrika dan Amerika Tengah dan Selatan.

Dengan meningkatnya penjualan dan ekspor Isuzu, utilisasi kapasitas produksi pabrik Isuzu di Indonesia kini mencapai 86%.

Selain penjualan, Isuzu juga menorehkan prestasi lain dengan memenangkan penghargaan INNOVASTRA AWARD yang diadakan oleh Astra Group. Dalam hal itu Isuzu memenangkan tiga kategori yang dilombakan yaitu konsep, tim, serta sistem dan performa.

Dalam menjalankan program sustainability, Isuzu juga melakukan beberapa aktivitas layanan untuk masyarakat dengan mengadakan beberapa program yaitu, Isuzu Education Partner, Isuzu Health Partner, Isuzu Environment Partner, dan Isuzu Entrepreneur Partner yang sudah direalisasikan di tahun 2022.

Sejalan dengan pemulihan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dan pencapaian fantastis PT IAMI pada tahun 2022, Isuzu akan terus meningkatkan layanan baik penjualan maupun purna jual. Iauzu juga menargetkan penjualan di 2023 sebesar 39.000 unit dan ekspor 8.500 unit. Dengan demikian, hal ini sejalan dengan visi dan misi Isuzu Indonesia.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review7 hours ago

MMKSI Perluas Jaringan Pelayanan Ke Pulau Madura Bersama PT Murni Berlian Motors

Auto Review23 hours ago

WARI Salurkan 500 Buku Ke Yayasan Al Hidayah, Tangerang Guna Tumbuhkan Minat Baca

Auto Review2 days ago

PT HMMI Raih Sertifikasi AEO Dari Bea Cukai Guna Amankan Sekaligus Percepat Perdagangan global

Auto Review3 days ago

BMW G 310 Diserahkan Kepada 34 Konsumennya Yang Lain Boleh Bayar Sekarang Besok Bisa Diantar

Auto Review3 days ago

Manfaatkan Promo Spesial Dari GWM Indonesia Selama Liburan Di Seluruh Dealer Atau Pusat Perbelanjaan Terdekat

Auto Review4 days ago

Melalui Honda Intimobil PT HPM Resmikan Dealer Barunya Di Kota Bandar Lampung

Auto Review4 days ago

2.550 Peserta Dari Segala Bidang Industri Ramaikan Jakarta Fair 2024

Auto Review5 days ago

Pengemudi Taksi Online Dapat Wiper Gratis Dengan Kampanyekan “Berkendara Aman#TenangAdaBosch”

Auto Review6 days ago

34 Anak Yatim Piatu Siswa Binaan Darut Tahfizd Kunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Cikarang

Auto Review7 days ago

Penuhi Keinginan Konsumen Chery Perkenalkan OMODA E5 Serba Hitam Elegan, Modern, Tangguh Dan Berwibawa

Auto Review1 week ago

PT WMS Berikan Layanan Darurat Kepada Pemilik Honda Yang Membutuhkan

Auto Review1 week ago

NETA V-II Mulai Di Produksi Secara Lokal Guna Dukung TKDN

Auto Review1 week ago

Toshihiro Mibe Raih Penghargaan Di Bidang Industri Tahun 2024 Dari SAE Foundation.

Auto Review1 week ago

Sambut Perhelatan IIMS Surabaya 2024 Dyandra Promosindo Lakukan Touring Dengan Tema “Holiday on Wheels: East Java Cruising”

Auto Review1 week ago

Hyundai Hadirkan New PALISADE Dengan Pembaruan Lebih Mewah Dan Berani

Auto Review2 weeks ago

RAT Adakan RUA Guna Bangun Kembali Rasa Kebersamaan Setelah Covid 19

Auto Review2 weeks ago

Roman Nedielka Buktikan Bahwa Motor Lisrik Juga Layak Digunakan Keliling Dunia

Auto Review2 weeks ago

Mobil™ Gelar Acara Bertema “Ayo, Jelajahi Dunia Mobil™ Sambil Perkenalkan Mobil Super™ All-in-One-Protection Sebagai Produk Terbarunya

Auto Review2 weeks ago

Express Service Fasilitas Baru Yang Di Perkenalkan MMKSI Saat Resmikan Dua Diler Di Kaltim

Auto Review2 weeks ago

Dapatkan Penawaran Terbaik Untuk Miliki BMW Seri 3 Di Festival of 3

Auto Review2 weeks ago

Caroline.id Lebarkan Pasar Mobil Bekas Di Tengah Kondisi Ekonomi Politik Tidak Stabil

Auto Review2 weeks ago

150 Anggota Komunitas Motor Honda Matic Tetap #Cari Aman di jalan Saat Lakukan City Rolling

Auto Review2 weeks ago

Wuling Motors Kerahkan 150 unit Wuling EV ABC Stories Guna Dukung Perhelatan 10th World Water Forum

Auto Review2 weeks ago

Aleix Espargaró Pamit Mundur Setelah Delapan Tahun Bersama Aprilia Racing Dan Memilih Trek Di Kampung Halaman Sendiri

Auto Review2 weeks ago

NETA GT Sports Car Listrik Mencuri Perhatian Pengunjung Saat Tampil Di Atrium PIM 3 Jakarta