Connect with us

Auto Review

QRIS Kunci Inovasi Yang Berhasil Merevolusi Proses Pembayaran Menjadi Lebih Sederhana

Autoplus.id, Jakarta — Dalam rangka meningkatan pemahaman literasi keuangan digital kepada masyarakat, Bank Indonesia bersama AstraPay mengadakan dialog dengan tema “Pengembangan Literasi Keuangan Digital Berbasis QRIS: Pendekatan Inovatif untuk Wilayah Indonesia” yang diadakan di Auto 2000 Sudirman, Menara Astra Jakarta pada Kamis (13/6).

Acara yang dihadiri oleh Diana Yumanita, Direktur Grup Perlindungan Konsumen Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia sebagai keynote speaker serta Rina Apriana Chief Executive Officer (CEO) AstraPay bersama puluhan anggota UMKM binaan dan media.

Dalam kesempatan tersebut Diana Yumanita menyampaikan bahwa Indonesia telah mengalami transformasi signifikan dalam lanskap keuangan yang didorong oleh proses integrasi sistem pembayaran dengan perkembangan teknologi digital saat ini.

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) menjadi salah satu kunci inovasi yang telah berhasil merevolusi proses pembayaran menjadi lebih sederhana dan turut memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan inklusi keuangan di Indonesia namun, pertumbuhan tersebut harus diimbangi dengan peningkatan pemahaman dan literasi digital yang baik bagi masyarakat Indonesia yang masih minim.

Dalam hal ini Bank Indonesia telah melakukan berbagai inisiatif untuk mendorong kemajuan sistem pembayaran digital pada optimalisasi QRIS di Indonesia, dimana salah satu kelebihan yang sudah bisa dirasakan adalah transaksi menggunakan QRIS dapat dilakukan di lintas negara, seperti di Malaysia, Thailand, dan yang terbaru di Singapura.

Melihat hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menunjukkan tingkat literasi digital masyarakat Indonesia di tahun 2022 baru mencapai 41 persen untuk itu AstraPay sebagai salah satu penyedia layanan dompet digital di bawah naungan Grup Astra dan bagian dari Astra Financial turut memberikan kontribusinya dalam mendorong peningkatan pemahaman literasi keuangan digital bagi masyarakat.

“Di tengah pesatnya perkembangan sistem pembayaran digital saat ini, literasi keuangan digital menjadi tantangan yang perlu diatasi. Literasi keuangan digital menjadi sangat penting agar masyarakat dapat memahami manfaat dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan dari penggunaan sistem pembayaran digital. Tanpa pemahaman yang memadai, masyarakat bisa rentan terhadap penipuan, penyalahgunaan data, dan masalah keamanan lainnya.” ungkap Diana.

Diana menyebutkan bahwa saat ini masih terdapat gap antara tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Rendahnya tingkat literasi tersebut, tentu dibutuhkan kolaborasi dari seluruh pihak untuk bisa mendorong pemahaman literasi keuangan yang lebih baik kedepannya, dimana sebelumnya Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengarahkan kebijakan sistem pembayaran melalui penguatan literasi digital serta manajemen risiko bagi penyelenggara dan masyarakat.

“Sistem pembayaran digital di Indonesia diharapkan dapat terus semakin kuat, karena sangat memberikan dampak positif bagi perekonomian di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari volume transaksi QRIS yang mencapai Rp 459,4 triliun pada tahun 2023,” jelas Diana.

Sementara itu, Komisaris AstraPay sekaligus Penggiat Digital Payment Peter Jacobs mengatakan, “Kehadiran Bank Indonesia sebagai regulator sistem pembayaran Indonesia pada program yang diinisiasi AstraPay sebagai salah satu pelaku usaha jasa keuangan merupakan bentuk keseriusan pada kolaborasi positif yang mendukung peningkatan pemahaman keuangan yang baik bagi masyarakat.”

“Pemahaman terhadap literasi keuangan digital yang baik tentu akan membantu masyarakat dalam memilih produk layanan digital, terhindar dari segala bentuk penipuan dan ancaman digital, dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dari penyedia layanan keuangan,” tambah Peter.

Berkaitan dengan literasi keuangan digital Berbasis QRIS yang sesuai dengan tema acara, berkembangnya QRIS saat ini seharusnya dapat menjadi momentum untuk dibuatkannya literasi keuangan digital.

Literasi dalam hal ini berkaitan dengan meningkatnya pemahaman masyarakat dalam cara menggunakan QRIS, memahami jenis-jenis QRIS yang berlaku, dan pastinya terhindar dari modus penipuan menggunakan QRIS palsu.

Published

on

Uncategorized1 day ago

GIIAS Kembali Hadir Menandakan Industri Otomotif Indonesia Mampu Tumbuh Bertahan Dan Memanfaatkan Peluang Baru

Auto Review3 days ago

Mforce Indonesia Ajak Media Bersilaturahmi Sambil Merasakan Pengalaman Berkendara

Auto Review3 days ago

Lexus Berikan Pengalaman Luar Biasa Untuk Pelanggan Yang Hobby Travelling

Auto Review4 days ago

FIFGROUP Berhalal Bihalal Sambil Berbagi Kepada 36 Panti Asuhan

Auto Review4 days ago

Chery TIGGO 8 CSH SUV Hybrid 7-Seater Pertama Di Indonesia Tidak Hanya Nyaman Namun Juga Bertenaga

Auto Review5 days ago

Diajang BIMS 2025 NETA Auto Perkenalkan Kendaraan Listrik Berteknologi Inovatif Sesuai Visi Perusahaan ‘TECH FOR ALL’

Auto Review6 days ago

Porsche Bersama Glinicke Group Resmi Buka Pusat Porsche Classic Pertama Di Jerman

Auto Review6 days ago

Seragam Kerja Teknis Suzuki Berganti Agar Tampil Prima Dan Lebih Profesional

Auto Review6 days ago

RMA Indonesia Hadirkan Ford Everest Sport SUV Generasi Terbaru Dengan Serangkaian Teknologi Pintar

Auto Review1 week ago

Royal Enfield Buat Sejarah Setelah Lampaui Angka Penjualan

Auto Review1 week ago

Guna Pastikan Kondisi Kendaraan Optimal MMKSI Hadirkan Program Perawatan Kendaraan Melalui Kampanye Lebaran dan Kilau Lebaran 

Auto Review2 weeks ago

Dengan Performa RBPTH003 Bertenaga 1.6 liter Turbo Hybrid Max Verstappen Persembahkan Kemenangan Di Kandang Honda

Auto Review2 weeks ago

PT Sokonindo Automobile Mulai Lakukan Pengiriman SERES E1 Ke Pelanggan 

Berita2 weeks ago

Mudik Dengan Geely EX5 Jadi Makin Nyaman Sebab Di Lengkapi Banyak Fitur Unggulan

Auto Review2 weeks ago

Adora Hadir Di JLF 2025 Tawarkan Pengalaman Berkendara Hemat Dan Nyaman Serta Promo Spesial

Auto Review2 weeks ago

Bersama Komunitas, ALVA Bagikan Helm Gratis Kepada Pengemudi Ojek Online Di Wilayah Bandung Dan Semarang

Auto Review2 weeks ago

Piaggio Indonesia Hadirkan Stop Dreaming, Start Living Solusi Dalam Memiliki Motor Impian 

Auto Review3 weeks ago

IMX 2025 Resmi Luncurkan Key Visual Terbaru Dengan Tema “8VOLUTION”

Auto Review3 weeks ago

Toyota Siapkan Posko Siaga Di 15 titik Strategis Temani Mobilitas Pelanggan di Hari Raya Idul Fitri 2025

Auto Review3 weeks ago

PT IAMI Berangkatkan 400 Pemudik Ke 30 Kota Di Pulau Jawa Melalui Mudik Gratis 

Auto Review3 weeks ago

Momen Lebaran 2025 Pit Stop Mudik Respiro Kembali Hadir Di Nagreg, Nikmati Suasana Dan Diskon Produknya 

Auto Review3 weeks ago

PT KTB Donasikan 1 Unit Mitsubishi Fuso Canter EURO 4 Ke SMK Negeri 1 Jakarta 

Auto Review3 weeks ago

Mekanik Auto2000 Siaga Dan Bekerja Maksimal Untuk Temani Perjalanan Mudik AutoFamily

Auto Review4 weeks ago

Bosch Car Service Pastikan Pemudik Dapat Berjalan Lancar, Aman Dan Nyaman

Auto Review4 weeks ago

Mitsubishi Motors Siagakan 60 Diler Di Sepanjang Jalur Mudik Nasional Melalui Program “Diler Siaga”