Connect with us

Auto Review

PT TAM Peroleh Penghargaan TOP DIGITAL PUBLIC RELATIONS 2023 Karena Tingginya Skor Aktivitas Digital

Autoplus.id, Jakarta — TRAS N CO Indonesia berkerjasama dengan INFOBRAND.ID memberikan penghargaan kepada PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai “TOP DIGITAL PUBLIC RELATIONS 2023” untuk kategori perusahaan otomotif roda empat (mobil) yang mempunyai skor tertinggi dalam aktivitas digital melalui media ciber dan media sosial.

Penghargaan yang diserahkan pada Selasa (28/2) di Jakarta. didasarkan hasil riset Top Digital PR Index 2023 yang dilakukan pada November 2022 – Januari 2023, terhadap lebih dari 1.000 brand dari 140 kategori brand teriset di Indonesia.

Dimana riset tersebut menggunakan tiga parameter penilaian digital yaitu, Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect.

“Masyarakat semakin kritis. Sebagai contoh, sebelum memutuskan model dan brand tertentu saat ingin membeli mobil, orang-orang cenderung memanfaatkan digital channel seperti official website maupun social media dan blog/forum untuk mendapatkan referensi dan informasi sebanyak-banyaknya.” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

“Toyota menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki sehingga sasaran tarket komunikasinya pun diharapkan menjadi lebih tepat. Kami menggarap dan memperkuat platform online tanpa meninggalkan media konvensional,” tambah Anton.

Dengan melakukan sinergi antara kedua hal tadi, maka diharapkan dapat makin memaksimalkan komunikasi yang baik dan menjalin engagement dengan publik, khususnya pelanggan Toyota, sehingga mereka mempunyai akses yang cepat dan mudah tentang produk, teknologi, servis, dan program-program menarik Toyota.

Langkah TAM dalam memperkuat platform online sudah dilakukan sejak lama. Dimulai dari pembentukan official website www.toyota.astra.co.id pada tahun 1996, di mana TAM bisa dibilang sebagai pioneer dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

TAM juga menaruh perhatian besar pada perkembangan social media, baik melalui Facebook (ToyotaID) yang saat ini sudah mempunyai lebih dari 3,3 juta likes, Instagram (toyotaid) dengan followers lebih dari 537 ribu, Twitter (@ToyotaID) dengan followers lebih dari 182 ribu, serta channel Youtube (ToyotaIndonesia) dengan jumlah subscribers lebih dari 669 ribu.

Website dan social media tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan.

Platform digital Toyota lainnya yang digunakan sebagai media komunikasi dengan pelanggan adalah mTOYOTA yaitu mobile application yang bisa diakses oleh pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang Toyota, Toyota Live Showroom untuk melihat-lihat produk Toyota dan minta advice langsung ke Toyota advisor atau salesforce seolah-olah seperti mampir di dealernya langsung.

Toyota Official Store Solution (TOSS) sistem terintegrasi di mana pelanggan bisa beli mobil baru, aksesoris, atau paket servis kapan saja dengan mudah, aman, dan nyaman, Halobeng untuk konsultasi secara online tentang perawatan kendaraan Toyota, serta TARRA (Toyota Interactive Virtual Assistant) yang merupakan chatbot dari Toyota, serta bagi rekan-rekan jurnalis, TAM juga menyediakan website khusus https://pressroomtoyotaastra.com yang berisi berbagai informasi pemberitaan terkini tentang Toyota.

“Kami memantau platform digital Toyota sehingga dapat mengetahui bagaimana persepsi pelanggan tentang produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta dapat mengetahui isu-isu yang berkembang sehingga kami dapat memberikan respon lebih cepat terhadap kebutuhan pelanggan” kata Dimas Ibrahim Aska, Head of Interactive Communication PT TAM di kesempatan yang sama.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review4 hours ago

PT KIA Tampilkan EV3 Kendaraan Listrik Terbaru Di GJAW 2024

Auto Review1 day ago

GWM CarNEVal Festival Mobilitas Modern Bagi Masyarakat Urban Yang Bergaya Hidup Aktif

Auto Review2 days ago

Subaru Hadirkan Dua Produk Edisi Khusus Di GJAW 2024 Dengan Perkuat Pilar Outdoor Adventure Dan Motorsport

Auto Review2 days ago

Citroën Hadirkan Basalt Dengan Suasana France Di GJAW 2024

Auto Review2 days ago

POLYTRON Kolaborasi Dengan Gojek Dorong Mitra Pengemudi Beralih Ke Motor Listrik

Auto Review3 days ago

Honda Sambut Akhir Tahun Dengan Program Penjualan Menarik Di  GJAW 2024

Auto Review3 days ago

Diajang GJAW 2024 Wuling Hadir Dengan Bawa Berbagai Promo Istimewa Akhir Tahun

Auto Review4 days ago

PT CSI Luncurkan Chery J6 SUV Listrik Pertama Berkemampuan Offroad Di GJAW 2024

Auto Review4 days ago

Jelang Hari Jadi Ke 55 MMKSI Luncurkan Mitsubishi X-force Ultimate Diamond Sense Di GJAW 2024

Auto Review4 days ago

Mazda Tampilkan Enam Model Kendaraan Di GJAW 2024

Uncategorized5 days ago

PT HMSI Serahkan Hino 300 Kepada Departemen Pendidikan Teknik Otomotif UNY Untuk Perkuat Kurikulum 

Uncategorized5 days ago

Penawaran Khusus Dari VW Tiguan Allspace Business Edition Serta VW ID. Buzz Diajang GJAW 2024

Uncategorized5 days ago

Ramaikan GJAW 2024 Suzuki Hadirkan Kendaraan Baru Berteknologi Canggih 

Auto Review5 days ago

Menperin Kunjungi Booth Ford Di GJAW 2024 Untuk Beri Dukungan Agar Terus Tumbuh Secara Konsisten

Auto Review5 days ago

Maxus Luncurkan Dua Kendaraan Listrik Di GJAW 2024 Sebagai Langkah Strategis Mendefinisikan Masa Depan Mobilitas.

Auto Review6 days ago

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita Kunjung Booth Toyota Saksikan Mobil ICE LCGC

Auto Review6 days ago

BAIC Hadirkan Dua Model Unggulan Yang Memikat Pengunjung Di GJAW 2024

Auto Review7 days ago

Dukung Transformasi Digital Pembiayaan Otomotif MUF Hadir Di GJAW 2024 

Auto Review7 days ago

VinFast VF 5 Hadir Di GJAW 2024 Sebagai Kendaraan Perkotaan Yang Ramah Lingkungan, Terjangkau Dan Inovatif.

Auto Review1 week ago

Penawaran Khusus Dari Volkswagen Tiguan Allspace Business Edition Serta Volkswagen ID. Buzz Diajang GJAW 2024

Auto Review1 week ago

ALETRA Resmi Luncurkan L8 EV Diajang GJAW 2024

Auto Review1 week ago

Ramaikan GJAW 2024 Suzuki Hadirkan Kendaraan Baru Berteknologi Canggih

Auto Review1 week ago

Rayakan Hari Jadi Ke 50 Isuzu Lakukan Konvoi Bersama 50 kendaraan Unggulannya

Auto Review1 week ago

Tampil Perdana Di GJAW 2024 Zeekr Langsung Tampilkan 2 Kendaraan

Auto Review1 week ago

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita Buka Pameran Otomotif Terbesar Akhir Tahun 2024