Connect with us

Auto Review

PT TAM Peroleh Penghargaan TOP DIGITAL PUBLIC RELATIONS 2023 Karena Tingginya Skor Aktivitas Digital

Autoplus.id, Jakarta — TRAS N CO Indonesia berkerjasama dengan INFOBRAND.ID memberikan penghargaan kepada PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai “TOP DIGITAL PUBLIC RELATIONS 2023” untuk kategori perusahaan otomotif roda empat (mobil) yang mempunyai skor tertinggi dalam aktivitas digital melalui media ciber dan media sosial.

Penghargaan yang diserahkan pada Selasa (28/2) di Jakarta. didasarkan hasil riset Top Digital PR Index 2023 yang dilakukan pada November 2022 – Januari 2023, terhadap lebih dari 1.000 brand dari 140 kategori brand teriset di Indonesia.

Dimana riset tersebut menggunakan tiga parameter penilaian digital yaitu, Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect.

“Masyarakat semakin kritis. Sebagai contoh, sebelum memutuskan model dan brand tertentu saat ingin membeli mobil, orang-orang cenderung memanfaatkan digital channel seperti official website maupun social media dan blog/forum untuk mendapatkan referensi dan informasi sebanyak-banyaknya.” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

“Toyota menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki sehingga sasaran tarket komunikasinya pun diharapkan menjadi lebih tepat. Kami menggarap dan memperkuat platform online tanpa meninggalkan media konvensional,” tambah Anton.

Dengan melakukan sinergi antara kedua hal tadi, maka diharapkan dapat makin memaksimalkan komunikasi yang baik dan menjalin engagement dengan publik, khususnya pelanggan Toyota, sehingga mereka mempunyai akses yang cepat dan mudah tentang produk, teknologi, servis, dan program-program menarik Toyota.

Langkah TAM dalam memperkuat platform online sudah dilakukan sejak lama. Dimulai dari pembentukan official website www.toyota.astra.co.id pada tahun 1996, di mana TAM bisa dibilang sebagai pioneer dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

TAM juga menaruh perhatian besar pada perkembangan social media, baik melalui Facebook (ToyotaID) yang saat ini sudah mempunyai lebih dari 3,3 juta likes, Instagram (toyotaid) dengan followers lebih dari 537 ribu, Twitter (@ToyotaID) dengan followers lebih dari 182 ribu, serta channel Youtube (ToyotaIndonesia) dengan jumlah subscribers lebih dari 669 ribu.

Website dan social media tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan.

Platform digital Toyota lainnya yang digunakan sebagai media komunikasi dengan pelanggan adalah mTOYOTA yaitu mobile application yang bisa diakses oleh pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang Toyota, Toyota Live Showroom untuk melihat-lihat produk Toyota dan minta advice langsung ke Toyota advisor atau salesforce seolah-olah seperti mampir di dealernya langsung.

Toyota Official Store Solution (TOSS) sistem terintegrasi di mana pelanggan bisa beli mobil baru, aksesoris, atau paket servis kapan saja dengan mudah, aman, dan nyaman, Halobeng untuk konsultasi secara online tentang perawatan kendaraan Toyota, serta TARRA (Toyota Interactive Virtual Assistant) yang merupakan chatbot dari Toyota, serta bagi rekan-rekan jurnalis, TAM juga menyediakan website khusus https://pressroomtoyotaastra.com yang berisi berbagai informasi pemberitaan terkini tentang Toyota.

“Kami memantau platform digital Toyota sehingga dapat mengetahui bagaimana persepsi pelanggan tentang produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta dapat mengetahui isu-isu yang berkembang sehingga kami dapat memberikan respon lebih cepat terhadap kebutuhan pelanggan” kata Dimas Ibrahim Aska, Head of Interactive Communication PT TAM di kesempatan yang sama.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review22 hours ago

Subaru WRX tS Terbaru Masuk Pasar Indonesia Dengan Jumlah Terbatas Hanya 15 Unit

Auto Review3 days ago

90 Siswa SMK Di Bekasi Peringati Hari Kesehatan Dunia 2025 Yang Diadakan HMM

Auto Review3 days ago

Agar Lebih Dekat Dengan Generasi Z Honda Gandeng Team Liquid Indonesia Lewat Dunia Esports

Auto Review4 days ago

Setelah Sepuluh Tahun Absen Harley-Davidson® CVO™ Kini Kembali Hadir Di Indonesia

Auto Review5 days ago

Polytron Luncurkan Mobil G3 Guna Melengkapi Kebutuhan Keluarga Indonesia

Auto Review5 days ago

Luna Maya Nikmati Perjalanan Mewah Dengan Bus Pariwisata Milik Juragan 99 Trans

Auto Review7 days ago

Manfaatkan Program Eksklusif Piaggio Di Bulan Mei Perayaan Kehadiran Vespa Ke-79

Auto Review1 week ago

Niken Saptowulan Dan Dyah Agustin Pemenang Grand Prize Wuling Periode Pembelian Pebruari Dan Maret 2025

Galery1 week ago

Menunggu Kehadiran Mobil Produksi Polytron Di 50 Tahun Usianya

Auto Review1 week ago

SERES 3 Kendaraan Berperforma Tinggi Pilihan Profesional Kota Tampil Di PEVS 2025

Auto Review2 weeks ago

Wuling EV Van Tampil Perdana Di PEVS 2025 Siap Dukung Mobilitas Bisnis Ramah Lingkungan

Auto Review2 weeks ago

PEVS 2025 Resmi Dibuka Guna Memacu Ekosistem Kendaraan Listrik Nasional

Auto Review2 weeks ago

Juragan 99 Hadirkan Night Ride Untuk Kenyamanan, Kecepatan, Kelancaran Dan Efisiensi Dalam Perjalanan

Auto Review2 weeks ago

BAIC Perkenalkan Dua Varian X55 II Simak Juga Harga Terbarunya

Auto Review2 weeks ago

Kolaborasi PT TAM Dengan Transjakarta Ciptakan Ekosistem Mobilitas Publik Lebih Baik

Auto Review2 weeks ago

EV Center Pertama Dan Terbesar Hadir Di Jakarta Merangkul Semua Ekosistem EV

Auto Review2 weeks ago

IMX 2025 Semarang Dipadati Ribuan Pencinta Modifikasi

Auto Review2 weeks ago

Bertambahnya Peserta Tiap Tahun Kukuhkan TMC Sebagai Kompetisi Otomotif SMK Terbesar Di Indonesia.

Auto Review2 weeks ago

Geely Perkenalkan Inovasi Teknologi dan Keselamatan Terdepan di Shanghai Auto Show 2025

Auto Review2 weeks ago

JETOUR Masuki Era 3.0 Sebagai Tonggak Revolusi teknologi off-road hybrid

Auto Review2 weeks ago

PEVS 2025 Siap Di Gelar Dan Berkolaborasi Dengan Asiabike Yang Di Ikuti 130 peserta

Auto Review3 weeks ago

GWM Tampilkan 5 Merek Andalan Pada Pameran Industri Otomotif ke-21 Shanghai

Auto Review3 weeks ago

Kemenperin Tetapkan ALVA Sebagai Produsen Motor Listrik Pertama Pada Roadmap Making Indonesia 4.0.

Auto Review3 weeks ago

Honda Mendominasi Seri Kedua Ajang Balap Super Formula 2025 di Sirkuit Motegi

Auto Review3 weeks ago

Jorge Martín Pembalap Aprilia Racing Team Lanjutkan Proses Pemulihan Akibat Insiden Di GP Qatar