Auto Review
Kereta Cepat Kebanggaan Yang Menjadi Tonggak Baru Kemajuan Transportasi Perkeretaapian Indonesia

Autoplus.id, Jakarta — Kereta Cepat Indonesia – Cina (KCIC) yang kemudian menjadi Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) merupakan tonggak baru kemajuan transportasi perkeretaapian di Indonesia.
Kereta cepat yang akan beroperasi pada awal Oktober 2023 merupakan kereta cepat pertama di kawasan Asia Tenggara dimana kecepatannya dapat mencapai 350 Km per jam.
Kereta yang akan dioperasikan untuk melayani relasi Jakarta – Bandung ini terdiri dari delapan gerbong dengan kapasitas 601 kursi yang terdiri dari kelas VIP sebanyak 18 kursi, first class sebanyak 28 kursi, dan second class sebanyak 555 kursi.

Dalam masa uji coba hingga akhir September 2023 masyarakat berkesempatan merasakan kereta cepat Jakarta – Bandung bernomor G1005 yang berangkat dari stasiun Halim pukul 14.00.
Kereta ini memiliki tampilan eksterior dan interior yang berbeda dengan kereta lainnya. Dimana sisi Eksterior kereta ini didominasi dengan warna abu-abu dan merah, sehingga tak heran bila kereta cepat ini dijuluki Red Komodo alias Komodo Merah.

Sebab eksterior kereta ini terinspirasi dari sisik Komodo yang tercermin dalam corak segitiga di hidung dan pintu-pintu kereta.
“Kereta ini dibuat senyaman mungkin sehingga penumpang dapat melakukan perjalanan dengan nyaman. Kami terus mempersiapkan pengoperasian Kereta cepat relasi Jakarta-Bandung sebaik mungkin bersama seluruh stakeholder,” jelas Emir Monti Manager Corporate Communication KCIC.
Sementara ketika memasuki gerbong kereta cepat tersebut kita disambut pramugari cantik serta interior keren dan mewah yang berbeda tiap kelasnya.
Tempat duduk untuk VIP Class berjumlah 1 kereta dengan kapasitas 18 penumpang dengan 1 – 2 pengaturan tempat duduk. Semuanya menggunakan faux leather dan finishing motif bordir batik Mega Mendung serta paduan warna abu-abu di setiap tempat duduk sehingga menambah nuansa elegan.

Sedangkan tempat duduk First Class juga hanya berada di 1 kereta dengan kapasitas 28 penumpang serta pengaturan tempat duduk 2 – 2 yang juga menggunakan faux leather dan finishing motif laser cut batik Mega Mendung.
Sedangkan khusus untuk kelas dua berada di 7 kereta dengan kapasitas 555 penumpang dengan pengaturan tempat duduk 3 – 2.
Saking asiknya menikmati pemandangan keluar dan merasakan kenyaman interior didalamnya tanpa terasa kereta tiba di stasiun Tegalluar yang merupakan stasiun terakhir dari perjalanan ini.
You must be logged in to post a comment Login