Connect with us

Auto Review

Gaya Eco-Driving Di Tunjang Suzuki Untuk Berkendara Lebih Ramah Lingkungan

Jakarta, 5 Januari 2023 – Penggunaan teknik berkendara Eco-Driving memiliki banyak
manfaat bagi pengendara, salah satunya seperti membantu mengurangi emisi gas karbon.
Selain itu teknik ini juga mampu mengoptimalkan penggunaan bahan bakar secara efisien.
Untuk menunjang gaya berkendara Eco-Driving tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (PT
SIS) menyematkan fitur Engine Auto Start-Stop pada All New Ertiga Hybrid yang dapat
mengurangi penggunaan bahan bakar dikala tidak diperlukan selama perjalanan.


Fitur Engine Auto Start-Stop akan sangat bermanfaat bagi pengendara yang sering
mengalami kepadatan lalu lintas di perjalanan. Karena pada saat Stop & Go, mesin yang
biasanya tetap hidup/idle ketika mobil berhenti, kini akan menjadi non-aktif sehingga
penggunaan bahan bakar dapat diminimalisir. Mesin akan menyala secara otomatis jika
diperlukan kembali. Dampak positifnya, mesin mobil tidak akan menghasilkan emisi gas
buang serta lebih efisien pada kondisi tersebut. Dengan cara seperti itulah Suzuki
membantu pengendara untuk menerapkan gaya Eco-Driving dan ikut berkontribusi dalam
menekan emisi.


Guna memudahkan pengendara menggunakan fitur Engine Auto Start-Stop, Suzuki
memberikan beberapa petunjuk penggunaan yang mudah:
Fitur Engine Auto Start-Stop Selalu Aktif Secara Otomatis, Fitur Engine Auto Start-Stop dalam kondisi normal akan selalu aktif setiap mobil dinyalakan, sehingga memberikan kemudahan bagi pengendara karena tidak memerlukan penyetelan tertentu pada mobil. Otomatisasi fitur tersebut bertujuan untuk memberikan kebiasaan positif bagi pengendara dalam hal menggunakan gaya berkendara Eco-Driving setiap saat.


Persyaratan Engine Auto Start-Stop Bekerja Agar fitur Engine Auto Start-Stop ini dapat bekerja di All New Ertiga Hybrid, ada beberapa kondisi dasar yang harus diperhatikan. Hal pertama yang harus dipastikan adalah pastikan
pintu pengemudi dalam keadaan tertutup. Kedua, terpasangnya sabuk pengaman pada sisi
pengendara. Ketiga, daya baterai Lithium-ion dan Accu memadai atau indikator baterai pada
MID (Multi Information Display) terlihat lebih dari 2 bar setelah mesin dinyalakan. Keempat,
fitur ini akan bekerja apabila mobil telah melaju dengan kecepatan minimal 10 km/jam. Jika
salah satu syarat yang tidak terpenuhi, maka fitur Engine Auto Start-Stop tidak dapat bekerja
dan ditandai dengan munculnya informasi Idling Stop Unavailable pada MID.

Baca Juga !!! Mantap! On The Man Scooter 0231 Bawa Pulang Piala Modifikasi The Brotos Seri 2

Cara Bekerja Fitur Engine Auto Start-Stop Fitur ini akan berfungsi jika mobil yang sedang melaju kemudian harus berhenti seperti saat menghadapi kemacetan atau menunggu lampu lalu lintas. Secara pintar, aktivasi Engine Auto Start-Stop pada All New Ertiga Hybrid bertransmisi otomatis akan mendeteksi lewat pedal rem yang sedang ditekan, kemudian secara otomatis mesin akan menjadi non-aktif.

Sedangkan pada varian bertransmisi manual, dalam kondisi masih menginjak pedal rem,
pengendara perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi netral dan melepaskan injakan di
pedal kopling. Untuk menghidupkan mesin kembali pada All New Ertiga Hybrid bertransmisi
otomatis, pengendara hanya perlu melepaskan injakan dari pedal rem dan mulai menekan
pedal akselerasi. Sedangkan untuk varian bertransmisi manual, pengendara hanya perlu
menginjak pedal kopling.

“Fitur Engine Auto Start-Stop hadir sebagai bagian dari teknologi Suzuki yang berfungsi
untuk membuat penggunaan bahan bakar lebih efektif, karena ketika mobil berhenti sejenak
maka mesin akan mati secara otomatis dan membuat mesin tidak mengalami proses
pembakaran. Ketika mesin otomatis mati, disinilah baterai Accu dan baterai Lithium-ion
mengalirkan energi agar fungsi kelistrikan dan fitur kenyamanan lainnya di All New Ertiga
Hybrid tetap bekerja secara normal. Suzuki menyarankan kepada pelanggan untuk
bersama-sama menerapkan gaya berkendara Eco-Driving untuk aktivitas sehari-hari agar
dapat membantu mengurangi emisi gas buang sekaligus penggunaan bahan bakar,” terang
Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS).

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review

NETA V-II Di Bandrol Rp 299.000.000,- Harga Yang Layak Untuk Konsumen Berjiwa Muda Yang Aktif Dan Energik

Published

on

Autoplus.id, Jakarta – Bertempat di Atrium Pondok Indah Mall 3 Jakarta pada Rabu (22/5) PT NETA Auto Indonesia resmi meluncurkan NETA V-II sekaligus mengumumkan harga lineup mobil listrik terbarunya yang dibandrol seharga Rp 299.000.000,-.

Neta V-II yang sebelumnya di tampilkan di ajang PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 pada 30 April lalu ini merupakan mobil berkonsep Smart dn Stylish yang hadir untuk generasi muda yang aktif dan energik

“NETA V-II menjadi lineup terbaru pertama kami di tahun 2024. Hadir dengan konsep Smart & Stylish yang kami hadirkan untuk generasi muda yang aktif dan energik, NETA V-II kami
banderol dengan harga Rp 299 juta dan sudah memiliki sertifikasi TKDN hingga 44%, harga ini pun sudah termasuk insentif PPn. Kami yakin NETA V-II akan menjawab kebutuhan dan menjadi partner berkendara yang handal untuk menemani aktivitas sehari-hari,” ungkap Jerry Huang Managing Director PT NETA Auto Indonesia saat puluncuran.

NETA V-II merupakan compact SUV yang mampu menampung 5 penumpang, hadir dengan dimensi 4.070 mm x 1.690 mm x 1.540 mm yang memberikan kesan lebih besar dan luas.

Tidak hanya desainnya yang berjiwa muda, stylish dan modern dengan ubahan Starlight Front Grille, LED Headlight serta 16 inch Alloy Wheel, NETA V-II juga menyematkan fitur unggulan yang semakin canggih dalam berkendara, sistem Smart Driving dengan 9 fungsi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), akan membuat pengalaman berkendara lebih aman dan futuristik yang memberikan kenyamanan selama menggunakan NETA V-II.

Spesifikasi dan fitur unggulan dari mobil ini terlihat pada beberapa aspek. yakni baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) berkapasitas 36,1 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 401 km dalam sekali pengisian daya, kondisi ini bisa dikatakan ideal untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota dan sekitarnya.

Selain itu, teknologi DC Fast Charging memungkinkan pengisian daya baterai dari 30% hingga 80% hanya dalam waktu 30 menit, sehingga pengguna NETA V-II dapat kembali ke jalan dengan cepat dan menghemat waktu setiap mengisi baterai.

Guna meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bagi para pengendara, dari sejak awal NETA V-II memperhatikan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang dilengkapi dengan 9 fitur, yaitu Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full- Speed Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Intelligent Cruise Assist (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), dan High Beam Assist (HBA).

“Kami merancang NETA V-II sebagai mobil listrik yang smart and stylish untuk mendukung mobilitas pengendara sehari-hari. Dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang inovatif dan canggih, harga NETA V-II sendiri cukup kompetitif di pasarnya. Ini menjadi salah satu tujuan kami menarik minat konsumen terutama bagi mereka yang baru mau mencoba beralih menggunakan mobil listrik, NETA V-II lah jawabannya.” jelas Jerry.

Tidak hanya menghadirkan mobil listrik yang value for money dengan berbagai fitur dan teknologi pintar terbaru. Para konsumen NETA V-II juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan lainnya, seperti Lifetime Warranty untuk baterai, drive motor, dan motor control unit, saldo PLN Mobile 2,5 juta, gratis wall charging beserta instalasi, hingga gratis pengisian daya di semua charging station Casion selama 30 hari.

Continue Reading

Auto Review

IIMS Surabaya 2024 Bukan Sekedar Pameran Tetapi Merayakan Inovasi Dan Gaya hidup Otomotif

Published

on

Autoplus.id, Surabaya — Setelah sukses menggelar pameran Otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta pada 15 – 25 Februari lalu Dyandra Promosindo siap melanjutkan kesuksesan tersebut di kota Surabaya.

IIMS Surabaya 2024 yang akan berlangsung di Grand City Convex Surabaya pada 29 Mei – 2 Juni 2024 akan membawa tema “Your Infinite Autotainment Experience”. Selain pameran otomotif, acara ini juga akan menghadirkan konser musik dan berbagai program menarik lainnya selama lima hari.

IIMS Surabaya 2024 akan menampilkan kolaborasi antara pelaku bisnis dan komunitas otomotif, dengan menampilkan berbagai kendaraan konvensional dan listrik serta produk aftermarket. Berbagai merek kendaraan roda empat seperti BYD, Chery, Daihatsu, Honda, Mini Cooper, Morris Garage, Seres, Subaru, Toyota, Suzuki, dan Wuling akan hadir.

Selain itu, merek motor seperti Aprilia, Benelli, Gasgas, Husqvarna, KTM, Keeway, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, dan Vespa, serta kendaraan listrik seperti Alva Auto, Pacific E-Series, United E-Motor, Volta, dan ZPT Electric Vehicle, juga akan meramaikan acara ini. Pengunjung dapat mencoba mobil dan motor favorit mereka di area Test Drive dan Test Ride.

“IIMS Surabaya 2024 tidak hanya sekedar pameran otomotif, tetapi juga merayakan inovasi dan gaya hidup otomotif yang semakin berkembang. Kami berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman yang luar biasa dan berkesan bagi semua pengunjung, dengan berbagai acara dan program yang menarik dan interaktif. IIMS akan menjadi platform untuk memperkuat komunitas otomotif di Surabaya dan sekitarnya, serta menginspirasi lebih banyak orang untuk mengeksplorasi dunia otomotif.” ungkap Rudi MF, Penyelenggara.

Pameran ini akan dibuka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB dengan tiket masuk seharga Rp 10.000. Beberapa program menarik lainnya termasuk Artomotive, Auto Slalom, Car Contest & Meet Up, Community Gathering, EV Experience, Fun Rally, Historide, Push Bike, Special Guest Car, dan Stuntwars. Area foodcourt juga akan menyajikan berbagai kuliner khas Surabaya.

IIMS Surabaya 2024 juga berkolaborasi dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), dan didukung oleh MUFG Bank Ltd (MUFG) sebagai Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner, serta momobil dan momotor sebagai Official Trade-In Partner.

Pada kesempatan yang sama Irene Sri Redjeki, Regional Corporate Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. mengatakan, “Dukungan kami di IIMS Surabaya 2024 untuk ketiga kalinya menegaskan komitmen kami dalam mendukung industri otomotif Indonesia tumbuh secara positif di tengah berbagai ketidakpastian, baik global maupun domestik. Sebagai grup finansial yang terus berkembang, Danamon menawarkan berbagai solusi kebutuhan finansial dari ekosistem industri otomotif Indonesia dari hulu ke hilir, bersama dengan Adira Finance sebagai anak perusahaan, dan MUFG sebagai induk perusahaan.”

“Solusi ini kami wujudkan melalui beragam promo menarik, antara lain bunga spesial untuk KPM Prima bersama Adira Finance serta kesempatan untuk hemat hingga 100% untuk tiket masuk pameran dan tiket IIMS Infinite Live dan IIMS Infinite Show, belanja aksesoris kendaraan, hingga untuk jajan makanan dan minuman yang tentunya sayang untuk dilewatkan,” tambah Irene.

Partisipasi Bank Danamon di IIMS Surabaya 2024 merupakan bentuk nyata dari komitmen Adira Finance bersama MUFG dan Bank Danamon untuk mendukung perkembangan industri otomotif di Indonesia. Dengan menawarkan berbagai pilihan kendaraan berkualitas dan bonus tak terbatas, Danamon berharap bisa semakin mendekatkan diri dengan konsumen serta memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat di Surabaya dan sekitarnya untuk mengunjungi booth Adira Finance di IIMS Surabaya 2024. Nikmati berbagai penawaran menarik yang telah kami siapkan” ujar Agus Hartanto, Head of Regional SSD Jawa Timur PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.

Di IIMS Surabaya 2024, Adira Finance menghadirkan solusi pembiayaan berkualitas dengan bonus tak terbatas untuk pembiayaan otomotif baik mobil maupun motor seperti: bunga spesial, fasilitas persetujuan di tempat, cashback, trade-in, hingga kesempatan memenangkan program undian UMRAH Untuk Sahabat dan program HARCILNAS (Harinya Cicilan Lunas).

Bagi konsumen yang tertarik untuk melakukan trade-in kendaraannya, dapat merasakan kemudahan proses tukar tambah yang disediakan oleh momobil.id dan momotor.id dengan fasilitas taksasi di tempat untuk mendapatkan harga penawaran secara langsung dan menikmati beragam keuntungan seperti cashback.

UMRAH Untuk Sahabat merupakan program undian berhadiah paket umrah untuk konsumen beruntung yang mengajukan pembiayaan secara langsung atau walk in di IIMS Surabaya. Dengan program undian ini, konsumen memiliki kesempatan untuk mewujudkan impian umrah secara gratis persembahan dari Adira Finance.

Bagi konsumen aktif Adira Finance berkesempatan mendapatkan keuntungan lainnya melalui HARCILNAS (Harinya Cicilan Lunas) yang merupakan program undian berhadiah dengan cara menukarkan adirapoin dengan kupon undian di aplikasi adiraku.

Terdapat 34 hadiah utama berupa pelunasan seluruh angsuran, 340 hadiah hiburan berupa pelunasan 1x angsuran dan hadiah tambahan berupa cashback adirapoin sebesar 5% dari nilai pembayaran angsuran (maksimal 50.000 poin) untuk 100 pemenang.

Selain produk otomotif, Adira Finance juga membiayai produk non otomotif seperti sepeda listrik, umrah, hingga pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB. Untuk pengajuan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB silakan akses adira.id/e/mpl2024.

Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik yang diproduksi dan digunakan di Indonesia, PLN Indonesia turut mendukung IIMS Surabaya tahun ini dengan memperkenalkan universal charger SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di area EV Experience. Universal charger ini dapat digunakan untuk semua jenis kendaraan listrik, menunjukkan komitmen PLN dalam mendukung infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia.

Salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu juga yaitu IIMS Infinite Live yang akan berlangsung pada 1 Juni 2024 dengan penampilan dari Ari Lasso, dan 2 Juni 2024 dengan penampilan dari Yura Yunita. Berbeda dari tahun sebelumnya, IIMS Infinite Live kali ini akan diadakan di area outdoor Grand City Surabaya.

Tiket IIMS Surabaya dan IIMS Infinite Live sudah bisa dibeli di https://indonesianmotorshow.com/iims-surabaya/buy-ticket, dan juga tersedia saat acara berlangsung.

Di sela-sela penyelenggaraan IIMS Surabaya 2024, Dyandra akan menghadirkan program road trip sebagai rangkaian pre-event IIMS 2025 yang bertajuk Holiday on Wheels: East Java Cruising. Agenda Road trip ini diikuti oleh pihak penyelenggara IIMS yang akan menempuh rute Jakarta hingga berbagai destinasi wisata di Jawa Timur pada daerah Surabaya dan Malang dengan menggunakan unit unggulan dari APM yang nantinya akan ditampilkan pada IIMS Surabaya 2024.

Continue Reading

Auto Review

PT PAA Resmi Menjadi Distributor Baru Untuk KTM, Husquvarna Dan GasGas

Published

on

Autoplus.id, Jakarta — Bertempat di William”s Casual Dinning jalan Tulodong Atas Jakarta pada Selasa (21/5) PT Premier Auto Asia (PAA) mengumumkan secara resmi menjadi distributor baru untuk 3 brand kendaraan roda dua KTM, Husquvarna dan GasGas.

Acara yang dihadiri Kevin Rehberger, Head of Sales KTM South East Asia (SEA) dan Maximilian Cole, Sales Regional Manager KTM SEA sebagai perwakilan dari prinsipal merek KTM Husqvarna dan GasGas.

Selain itu ada perwakilan dari kedutaan besar Austria seperti Mr. Philipp Ross wakil duta besar Austria untuk Indonesia, Sigmund Nemeti Austria Commercial Councellor dan Ronald Ramsebner Austria Comercial Officer.

oppo_2

Momen ini menjadi sebuah transisi yang tepat dalam berkomitmen untuk menjadi bagian otomotif event dan menjadi mediasi bagi konsumen yang awalnya dipegang oleh PT Premium Motorindo Abadi (PMA) dan PT Penta Jaya Laju Motor.

PT PAA distributor resmi sepeda motor KTM, Husqvarna dan Gasgas di Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta Selatan kehadiranya diharapkan akan mampu bersaing dengan merek lain di kelasnya yang diperkuat oleh jaringan dealer di seluruh Indonesia yang sudah di persiapkan pondasinya untuk program jangka panjang serta menggandeng dealer sebelumnya sekitar 16 dealer yang masih beroperasi.

Ketiga Brand tersebut antara lain KTM yang terbagi menjadi dua tipe yaitu OFFROAD yang menampilkan model desain sangat agresif yang siap di gunakan untuk balap, yang tentunya berbeda dari merek motor lain, dan diperuntukan untuk para pembalap serta STREET yang menampilkan mode pengaturan mesin dan supensi yang lebih agresif dari sebelumnya dengan tujuan terlihat menjadi lebih gagah dan ekstrim.

Kemudian ada HUSQVARNA tipe OFFROAD yang menampilkan kualitas produk sepeda motor paling premium di kelasnya, dengan target konsumen yaitu orang dewasa. Konsumen yang berfokus pada spesifikasi sepedanya, serta mendapatkan suku cadang terbaik dari sepedanya serta STREET yang mengedepankan kualitas kenyamanan bagi pengendaranya, khususnya untuk perjalanan jarak jauh dengan kualitas dan tenaga mesin yang lebih besar.

Terakhir adalah GASGAS tipe OFFROAD dimana merek ini lebih menyasar khususnya generasi muda. Sepeda motor yang dirancang terlihat sangat lincah dan bertenaga, khsususnya bagi konsumen yang ingin mengeksplorasi alam.

“Kita berharap bisa menjadi yang terdepan di segmen premium untuk merek KTM, Husqvarna dan GasGas.” kata Abdul Gofur Amanik, CEO PT PAA dalam sambutannya.

PAA berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang lengkap bagi para pecinta roda dua di Indonesia khususnya untuk merk KTM, Husqvarna dan Gasgas, dengan mengikuti kegiatan pameran bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya pada tanggal 29 Mei – 2 Juni 2024, melalui jaringan dealer yang ada di Surabaya.

Continue Reading

Trending