Auto Review
BMW Group Raih Rekor Penjualan Tertinggi Sepanjang Sejarah Di Indonesia
Autoplus.id, Jakarta — Pada tahun 2022 BMW Group Indonesia memecahkan rekor penjualan tertinggi dengan angka penjualan yang mencapai 3,742 unit sepanjang 21 tahun perjalanan di Indonesia.
BMW Group Indonesia yang berdiri sejak tahun 2001 mengalami peningkatan sebesar 21% dibandingkan hasil penjualan tahun sebelumnya 2021 yang hanya sebesar 3,102 unit, hal ini menandakan pertumbuhan yang yang sangat signifikan serta merupakan prestasi membanggakan sekaligus membuktikan komitmen BMW dan MINI Indonesia sebagai pionir di bidang elektrifikasi kendaraan di Year of Electromobility.
Rekor penjualan tersebut terdiri dari 3,023 unit kendaraan BMW dan 719 unit MINI. Pertumbuhan penjualan sebesar 24.2% (year-on-year) bagi BMW dan 7,5% (year-on-year) bagi MINI.
Pencapaian ini ditandai pertumbuhan positif yang didasari rencana jangka-panjang yang berkesinambungan serta hasil sambutan positif para pelanggan kepada model-model kendaraan terbaru dari BMW dan MINI di Indonesia.
Angka penjualan yang luar biasa pada tahun 2022 merupakan hasil kerja keras BMW Group Indonesia bersama tim dan mitra strategis, serta sebuah kebanggaan dan awal yang baik untuk tahun 2023 setelah pandemi COVID-19 yang penuh tantangan untuk industri otomotif Indonesia, hingga BMW Group Indonesia berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan 21% (year-on-year) dan 24.2% untuk brand BMW.
“Angka penjualan ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah BMW di Indonesia. Keberhasilan ini tunjukkan bahwa brand BMW dan MINI, baik kendaraan maupun ragam layanan premium BMW Group berhasil penuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.
Pertumbuhan luar biasa ini juga didorong oleh rangkaian peluncuran kendaraan terbaru yang menarik diawali dengan All-New BMW Seri 2 Gran Coupé yang hadirkan desain provokatif dan teknologi terbaru, diikuti oleh peluncuran BMW X3 serta model kendaraan performa tinggi BMW X3 M dan BMW X4 M, serta masih banyak lagi. Secara total, BMW Indonesia luncurkan 20 model kendaraan terbaru sepanjang 2022, termasuk di dalamnya rangkaian kendaraan listrik BMW i4 dan BMW iX.
Untuk penjualan tertinggi masih berada di BMW paling legendaris yakni Seri 3 dengan 576 unit, tumbuh 19% dibanding periode sebelumnya. Pencapaian ini tekankan posisinya sebagai ikon kenikmatan berkendara khas BMW.
Disusul dengan varian kendaraan BMW X, Sport Activity Vehicle premium favorit di Indonesia dengan BMW X3 sebanyak 489 unit, pemimpin di segmennya BMW X5 sebanyak 449 unit tumbuh 78% dibandingkan periode tahun sebelumnya, dan BMW X1 yang hanya 392 unit.
Sedangkan sedan bisnis paling sukses adalah BMW Seri 5 yang hasilkan penjualan sebesar 294 unit. Sedan provokatif rakitan lokal terbaru, BMW 218i Gran Coupé hasilkan angka penjualan 251 unit di tahun pertama peluncurannya.
Penggemar kendaraan performa tinggi dari BMW juga meningkat signifikan, bukti bahwa BMW M adalah huruf terkuat di dunia dengan total angka untuk BMW M3 dan M4 sebanyak 136 unit. Keberhasilan lainnya juga dicapai oleh kendaraan BMW paling mewah yakni BMW Seri 7 dengan total penjualan 84 unit, meningkat 29% dari total penjualan tahun lalu.
Di tahun ini secara total BMW Group Indonesia berhasil meluncurkan total 26 model kendaraan, dengan jumlah 20 model BMW dan 6 model MINI.
Tidak hanya produk terbaru, BMW Group Indonesia juga hadirkan berbagai program finansial premium yang dihadirkan pada saat Auto Show serta BMW Exhibition, mulai dari peluncuran program BMW Bliss serta peluncuran kartu kredit khusus BMW dan MINI hasil kerjasama dengan Maybank.
Seain itu di tahun 2022, BMW Group Indonesia bersama mitra strategisnya Allianz Worldwide Partners memperkenalkan penyempurnaan program BMW Roadside Assistance, layanan darurat terintegrasi dari BMW Group Indonesia bagi para pelanggannya.
You must be logged in to post a comment Login