Auto Review
Toyota Raih 2.728 SPK Di IIMS 2025 Yang Didominasi kendaraan MPV Serta Hybrid Produksi Lokal Yang Makin Diminati

Jakarta (27/2) – PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatat penjualan yang mengesankan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 yang berlangsung selama 11 hari sejak 13 – 23 Februari 2025,
Dalam ajang ini PT TAM berhasil memperoleh 2.728 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang didominasi oleh kendaraan MPV yang sesuai untuk kebutuhan pelanggan Indonesia sert model terlaris Hybrid Electric Vehicle (HEV) produksi lokal seperti Kijang Innova Zenix Hybrid.
Jumlah SPK juga meningkat dari gelaran tahun lalu sebesar 2.540 SPK, yang memperlihatkan tingginya kepercayaan pelanggan terhadap produk Toyota, khususnya mobil hybrid produksi lokal yang makin diminati karena harganya kompetitif, paling relevan, dan mudah diaplikasikan di masa transisi energi.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme pelanggan terhadap produk-produk Toyota di IIMS 2025, terutama terhadap pilihan kendaraan elektrifikasi seperti Kijang Innova Zenix Hybrid yang kembali mendominasi SPK. Dukungan pemerintah melalui pemberian insentif pajak, serta persiapan libur lebaran semakin meningkatkan mingkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan.” kata Henry Tanoto. Vice President Director PT TAM.
“Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama Hybrid akan terus bergerak naik sejalan trend mobilitas ramah lingkungan, sekaligus mendorong roda perekonomian karena diproduksi di dalam negeri,” tambah Henry.
Penjualan Toyota di IIMS 2025 naik 7,4% dari tahun lalu didorong oleh peningkatan sales kendaraan elektrifikasi (xEV) yang dipimpin Kijang Innova Zenix HEV yang mencatat 614 SPK. Toyota Avanza dengan 335 SPK menempati posisi kedua yang diikuti Rush di posisi ketigadengan 216 SPK sementara Kijang Innova Zenix Gasoline ada di urutan ke empat dengan 181 SPK, serta Innova Reborn mendapatkan 174 SPK berada di posisi kelima.

Sejalan inisiatif dengan BEYOND ZERO, model Hybrid Toyota terus mendapatkan respons positif dari masyarakat. Model Hybrid Toyota menggabungkan efisiensi bahan bakar, performa optimal, dan teknologi ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Indonesia.
Selain itu, model Hybrid Toyota dibangun di atas all new platform dengan obyektif untuk meningkatkan kualitas berkendara, baik dari sisi comfort, handling, dan safety.
“Peningkatan minat terhadap kendaraan hybrid salah satunya didorong oleh kebijakan pemerintah memberikan insentif PPnBM 3%, sehingga harganya lebih kompetitif. Selain itu, perhelatan IIMS 2025 berdekatan pula dengan momen libur Lebaran sehingga merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan solusi mobilitas baru sekaligus memulai gaya hidup ramah lingkungan,” jelas Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT TAM.

Tidak hanya mencapai penjualan yang positif, Toyota juga meraih tiga penghargaan bergengsi di IIMS 2025 diantaranya Toyota Agya ssebgi The Best City Car, Toyota Hilux Rangga sebagai Favorite Commercial Vehicle serta Toyota Alphard yang merupakan Best Premium MPV.
Sebagai mobility company, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang lengkap dan andal untuk berbagai segmen dan kalangan. Penghargaan ini mencerminkan upaya Toyota dalam menghadirkan kualitas dan inovasi di berbagai segmen, baik passenger maupun commercial car dan Toyota berharap dapat terus menjadi bagian dari solusi mobilitas yang lebih baik bagi masyarakat secara berkelanjutan.
“Kami berterima kasih atas dukungan Pemerintah Indonesia kepada Hybrid EV buatan dalam negeri atas insentif pajak yang menguntungkan masyarakat. Support tersebut menjadi faktor utama dalam meningkatnya minat masyarakat terhadap Hybrid Toyota, di samping kian pedulinya masyarakat terhadap isu lingkungan berkat edukasi yang terus kami gaungkan. Sejalan kebijakan Net Zero Emission (NZE) 2060, Toyota berharap trend positif ini dapat berkembang secara berkelanjutan guna mendukung ekosistem kendaraan rendah emisi di Indonesia,” Anton menambahkan.