Auto Review
Suzuki Indonesia Berkomitmen Serta Fokus Menjadi Perusahaan Ramah Lingkungan Dengan Memproduksi Kendaraan Hybrid
Autoplus.id, Jakarta — “Suzuki Indonesia terus menegaskan komitmennya untuk fokus menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan oleh karena itu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut menghadirkan berbagai pilihan kendaraan baik mobil, motor, hingga mesin tempel (outboard-motor) yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan juga perkembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan.” Hal ini disampaikan Zulffikar Rafi Al Ghani Head Officer Public Relation PT SIS dalam acara Media Gathering yang bertempat di Midaz Senayan Golf Jakarta pada Selasa (23/1).
“Seiring dengan dinamika masyarakat Indonesia, Suzuki melihat bahwa kini semakin banyak masyarakat yang semakin menyadari pentingnya penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan dan ikut berpartisipasi terhadap sekitar.” tambah Ghani.
Suzuki Indonesia berkontibusi terhadap isu lingkungan yang mejadi target Pemerintah Indonesia melalui produksi kendaraan hybrid seperti yang tertulis di COP 21 mengenai target emisi berkurang hingga 41% pada tahun 2023 serta COP 26 mengenai target net zero emission pada tahun 2060.
Sejak tahun 2022 Suzuki telah memproduksi kendaraan roda empat berteknologi SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, sebuah teknologi hybrid yang mampu mengurangi emisi gas buang.
Selain itu, secara konsisten Suzuki juga memproduksi sepeda motor berteknologi Suzuki Eco Performance (SEP), serta mesin tempel kapal berjenis 4-stroke yang memiliki fungsi meminimalisir emisi yang dihasilkan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, khusus dalam sektor otomotif.
Melalui produksi kendaraan ramah lingkungan Suzuki diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dengan mengintegrasikan teknologi yang dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar serta emisi gas buang.
Upaya ini disambut secara positif oleh masyarakat Indonesia, yang dibuktikan melalui angka penjualan ritel kendaraan hybrid Suzuki yang menguasai 36% penjualan Suzuki pada segmentasi passenger car seperti All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid, dan Grand Vitara yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih sebagai pilihan kendaraan lingkungan dengan harga yang terjangkau berhasil mencatat angka penjualan mencapai 13,557 unit sepanjang tahun 2023 dari total penjualan passenger car yang mencapai 37,853 unit.
Sejalan dengan tren preferensi kendaraan yang lebih ramah lingkungan, catatan pencapaian penjualan sepeda motor Suzuki juga mengalami hal serupa, dimana sepanjang tahun 2023 terdapat pergeseran minat pelanggan Suzuki yang semakin memilih sepeda motor yang praktis dan mudah digunakan serta bermesin efisien.
Kondisi tersebut dibukukan dengan dominasi penjualan model sepeda motor bertransmisi matic hingga 61%. Sepeda motor matic yang dihadirkan oleh Suzuki saat ini seluruhnya bermesin kompak dan mengaplikasikan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP) yang mampu menunjang efisiensi penggunaan bahan bakar agar emisi gas buang dapat ditekan.
Sejalan dengan tren preferensi kendaraan yang lebih ramah lingkungan, catatan pencapaian penjualan sepeda motor Suzuki juga mengalami hal serupa, dimana sepanjang tahun 2023 terdapat pergeseran minat pelanggan Suzuki yang semakin memilih sepeda motor yang praktis dan mudah digunakan serta bermesin efisien.
Melengkapi lini produk dari Suzuki Indonesia, pada kategori mesin tempel, Suzuki terus mengkampanyekan produk berjenis 4-stroke yang mampu mengurangi emisi hingga 50% jika dibandingkan dengan jenis 2-stroke.
Melalui jenis 4-stroke ini, mesin tempel dilengkapi dengan berbagai keunggulan seperti teknologi Lean Burn Control System, Electronic Fuel Injection, kompresi rasio mesin yang tinggi, serta ukuran mesin yang ringan dan compact. Suzuki terus berupaya mendorong penggunaan mesin 4-stroke pada mesin tempel kapal untuk mendukung keberlanjutan lingkungan perairan.
Selin menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan Suzuki juga tetap memperhatikan ekosistem yang mendukung mobilitas yang berkelanjutan. Seiring dengan pertumbuhan penjualan yang positif mendorong Suzuki untuk meningkatkan layanan after sales yang mencakup penyediaan service dan pengadaan spare parts di Bengkel Resmi.
Hal ini bertujuan untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada pelanggan terutama bagi mereka yang memilih model hybrid. Dengan penambahan bengkel resmi yang lebih banyak.
Selama kurun waktu satu tahun, Suzuki telah berhasil menambah jumlah Bengkel Resmi sebanyak 3 Bengkel Resmi, sehingga kini tercatat telah ada 190 bengkel dan 51 service point yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
Penambahan layanan purna jual ini ditujukan untuk memperluas pemerataan layanan Suzuki ke seluruh Indonesia. Melalui pelayanan yang diberikan secara optimal, tercatat bahwa jumlah service intake roda 4 Suzuki telah mencapai jumlah 797.805 unit untuk total keseluruhan di Indonesia.
Tahun 2023 menjadi tahun efektif operasional Depo Surabaya, yaitu gudang dan pusat pengiriman spare parts orisinil Suzuki yang jangkauannya berfokus melayani wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia bagian Timur lainnya.
Pendirian Depo Surabaya ini dinilai strategis selain karena lokasinya yang dekat dengan pelabuhan sehingga mempermudah alur distribusi barang, tetapi juga menguntungkan dalam mempersingkat lead time pengiriman spare parts, khususnya ke wilayah Indonesia bagian timur.
Dengan rata-rata waktu pengiriman yang 2-3 kali lebih cepat berkat pemangkasan alur transportasi dalam distribusi tersebut juga turut memangkas penggunaan bahan bakar dan karbon yang dihasilkan dalam proses pengiriman. Dampak positif lainnya juga tercermin lewat kepuasan jaringan diler resmi dan pelanggan berkat kecepatan layanan penyediaan suku cadang dan aksesoris oleh Suzuki Indonesia.
Berbagai inisiatif ini merupakan upaya untuk mengimbangi kontribusi Suzuki Indonesia sebagai perusahaan yang lebih ramah lingkungan, yang didukung oleh kontribusi lainnya seperti penerapan Suzuki Green Policy dan sistemisasi smart factory yang diterapkan di Pabrik, serta kegiatan CSR Suzuki Indonesia yang telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia.
“Kami juga bekerja sama dengan pihak lain untuk memperkuat peran kami dalam perjalanan keberlanjutan. Kami akan terus memperkuat kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan,termasuk masyarakat, pemerintah, asosiasi, dan perusahaan lain yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan tujuan kami.” Jelas Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS dikesempatan yang sama.
You must be logged in to post a comment Login