Auto Review
Raih Pencapaian Positif Di 2023 PT KTB Pertahankan Posisinya Sebagai Yang Pertama Di segmen Kendaraan Niaga
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2024/03/IMG20240314163213-scaled.jpg)
Autoplus.id, Jakarta — PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mempertahankan posisinya sebagai yang pertama di segmen kendaraan niaga setelah memperoleh pencapaian positif di tahun 2023.
Hal ini disampaikan Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT KTB dalam acara buka puasa bersama Jurnalis yang bertempat di Conference Room PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) di jalan Jend. A. Yani Pulomas, Jakarta Timur pada Kamis (14/3).
Acara yang membawa tema Ramadhan Berkah ini PT KTB distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi FUSO Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia menyampaikan beberapa hal penting yang telah dicapai tahun 2023 diantaranya PT KTB berhasil mempertahankan posisinya sebagai yang pertama untuk segmen kendaraan niaga selama 53 tahun serta mengumumkan strategi terbarunya untuk tahun 2024 dalam menghadapi pasar kendaraan niaga yang semakin kompetitif.
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2024/03/IMG20240314165712-1024x461.jpg)
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2024/03/IMG20240314165712-1024x461.jpg)
Dimana kondisi pasar kendaraan niaga di Indonesia pada tahun 2023 mengalami dinamika yang cukup bergejolak hingga ada penurunan permintaan hingga 9% jika dibandingkan tahun lalu dengan volume pasar sebanyak 84.957 unit.
Kendati kondisi pasar penuh tantangan, Mitsubishi FUSO tetap berhasil mempertahankan sebagai Market Leader dengan raihan Market Share sebesar 39,2% atau setara dengan 33.283 unit.
Sebagai penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari Canter di kelas light duty truck (LDT) sebanyak 29.062 unit dengan pangsa pasar 53%.
Sedangkan di kelas medium duty truk (MDT), Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsa pasar 18% atau sebanyak 4.179 unit.
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2024/03/IMG20240314164925-1024x461.jpg)
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2024/03/IMG20240314164925-1024x461.jpg)
Tidak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purna jual juga telah dilakukan Mitsubishi seperti perluasan layanan after sales service seperti Bengkel Siaga 24 Jam, parts depo, dan mobile workshop service, serta menambah jaringan dealer yang saat ini berjumlah total 222 sehingga Mitsubishi Fuso semakin dekat dengan konsumen.
Inovasi juga tidak henti dilakukan seperti Digital Operation MyFuso App & Telematic Runner 3.0 yang fokus untuk meningkatkan layanan demi kepuasan konsumen dan hadir lebih dekat dengan konsumen secara digital.
“Dari aspek purnajual, Mitsubishi FUSO berhasil mencatatkan rekor penjualan spare part tertinggi pada tahun 2023, naik hingga 17% jika dibandingkan tahun 2022. Dengan semakin banyaknya penjualan spare part tentunya menjadi tujuan kami untuk menjaminan ketersediaan spare part diseluruh wilayah Indonesia sehingga memudahkan bagi konsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan operasional mereka.” jelas Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT. KTB dalam pemaparannya.
Di tahun 2024 PT KTB menargetkan untuk terus meningkatkan market share Mitsubishi Fuso menjadi 41% atau tumbuh sebesar 1,8% dengan total unit 34.850.
“Kami akan mengusung strategi “customer-first” untuk mencapai target itu. Kami berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru yang sesuai untuk bisnis konsumen. Fuso akan mendengarkan masukan konsumen dan menyediakan Solusi bisnis yang tepat sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen,” tambah Aji.
Beberapa strategi untuk menghadapi 2024 adalah menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan dengan karakter, area, dan jenis bisnis konsumen, meningkatkan pelayanan dealer dengan menambah dealer-dealer berstatus Fuso Pro-Shop, dan digitalisasi dengan mengembangkan fitur Runner yaitu Bengkel Runner.
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2024/03/IMG20240314172135-1024x461.jpg)
![](https://www.autoplus.id/wp-content/uploads/2024/03/IMG20240314172135-1024x461.jpg)
Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan ini, Mitsubishi Fuso juga menyediakan berbagai promo service yang menguntungkan bagi konsumennya.
Diantaranya, untuk konsumen yang ingin mendapatkan penanganan service cepat dengan fasilitas Fast Lane terdapat diskon 10%, untuk penggantian filter oli dan filter solar, diskon 20% untuk oli mesin, dan diskon 10% untuk jasa pengerjaan.
Disamping itu, Bengkel Siaga 24 Jam dan Mobile Workshop Service juga tetap beroperasi penuh selama bulan Ramadhan sampai Lebaran.
Sedangkan nformasi terbaru adalah bahwa di bulan Juli 2024 ini Mitsubishi FUSO secara resmi akan meluncurkan truk listrik terbarunya yaitu e-Canter.
Dimana tahap awal penjualan akan dilakukan di wilayah Jabotabek, dengan target utama dari sektor bisnis logistik.
Dengan berbagai strategi baru ini, Mitsubishi FUSO bertekad untuk memperkuat posisinya sebagai distributor Mitsubishi FUSO di Indonesia dan terus memenuhi kebutuhan konsumen dari beragam sektor industri.