Connect with us

Auto Review

PT TAM Peroleh Penghargaan BISRA 2025 Sesuai Penerapan N-KGTS Program CSR nya

Autoplus.id, Jakarta — PT Toyota-Astra Motor (TAM) meraih penghargaan Platinum Champion dalam acara Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2025 dalam  program unggulan yang mengembangkan Soft Skills Guru dan Siswa lewat penerapan budaya Kaizen  Goes To School (N-KGTS) pada Selasa (30/9). 

Program N-KGTS merupakan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) PT TAM melalui pilar Toyota Berbagi Ilmu yang fokus pada program pengembangan soft skills guru dan siswa melalui penerapan budaya Kaizen atau continuous improvement di sekolah.

“Terima kasih atas penghargaan Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Awards (BISRA) 2025 pada salah satu program unggulan kami yakni National Kaizen Goes To School (N-KGTS). Kami melihat bahwa anak muda adalah generasi yang akan melanjutkan estafet pembangunan di negeri ini, khususnya menyongsong Indonesia Emas 2045.” ujar Hiroyuki Ueda President Director PT TAM.

Ueda menambahkan, “Selaras Visi Pendidikan Indonesia dalam penguatan kompetensi abad ke-21, N-KGTS berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang punya daya saing tinggi hingga tingkat global, melalui penguatan soft skills yang relevan di industri otomotif dan berbagai sektor industri lainnya.” 

Program edukasi ini mulai dijalankan pada tahun 2022 dengan melibatkan 85 sekolah dari 7 provinsi di Indonesia. 

Para guru terpilih melaksanakan proyek kaizen yang memberikan dampak nyata di lingkungan sekolah. 

Selanjutnya, mereka menularkan semangat pengembangan yang berkelanjutan kepada siswa dengan mengajak mereka terlibat langsung dalam proyek tersebut. 

Proses ini bertujuan untuk menumbuhkan dan memperkuat karakter DEKKI (Disiplin, Empati, Kritis, Kreatif, Inovatif).

Memasuki tahun 2023, Toyota mendampingi sekolah-sekolah peserta secara hybrid dalam mengimplementasikan proposal kaizen yang telah disusun. 

Fase 2 juga menghadirkan Kontes Komunikasi Kaizen, di mana para Laskar Kaizen berkompetisi menyampaikan hasil perbaikan berkelanjutan yang mereka lakukan di sekolah masing-masing.

Pada tahun 2024, N-KGTS memasuki Fase 3 dimana PT Toyota-Astra Motor memberikan kesempatan kepada 5 sekolah dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta berhasil meraih sertifikasi sebagai Sekolah Ambassador dan 17 guru sebagai dan Praktisi Kaizen, sehingga mereka dapat menjadi agen perbaikan berkelanjutan di lingkungannya.

Memasuki tahun 2025, N-KGTS telah memasuki Fase 4 yang fokus pada penguatan budaya kaizen di sekolah, dimana para siswa dapat mengasah soft skill problem solving yang selaras arahan Dinas Pendidikan dan kebutuhan dunia industri. 

Dari sisi perusahaan, PT TAM menyelenggarakan FGD bersama perwakilan Dinas Pendidikan dan dunia industri (DUDI).

Toyota juga memperluas jangkauan N-KGTS ke sekolah mitra Toyota Technical Education Program (T-TEP). Dua sekolah terpilih yakni SMK Negeri 26 Jakarta dan SMK Negeri 2 Surabaya, mendapat kesempatan untuk mengimplementasikan program N-KGTS. 

Harapannya, program ini dapat berjalan di sekolah T-TEP seperti 85 sekolah lainnya, sekaligus memperkuat kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri otomotif secara inklusif dan berkelanjutan. 

Pada kesempatan yang sama Henry Tanoto mengatakan, “Kami memiliki komitmen penuh pada pengembangan bisnis yang baik dan sehat, serta memiliki kepedulian dalam perbaikan kehidupan masyarakat, lingkungan, maupun pendidikan demi membangun Indonesia yang lebih baik. 

Sejalan semangat Toyota Berbagi, Toyota mewujudkan tiga pilar CSR: Berbagi Hijau, Berbagi Ilmu, Berbagi Selamat. Kami harap dapat terbentuk keseimbangan antara perkembangan bisnis dengan pelestarian lingkungan dan kehidupan masyarakat di masa depan.” 

Berbagi” (Bersama Membangun Indonesia) mencerminkan semangat Toyota untuk berkontribusi membangun Indonesia yang lebih baik bersama seluruh pemangku kepentingan. 

Dengan keterlibatan langsung karyawan dalam aksi berkelanjutan, mulai dari inisiatif internal terkait lingkungan, sosial, tata kelola perusahaan yang baik, hingga business resiliences.

Toyota juga konsisten mengajak masyarakat melalui program CSR yang terintegrasi dalam payung besar Toyota Berbagi, dengan tiga pilar utama: Toyota Berbagi Hijau (lingkungan), Toyota Berbagi Ilmu (pendidikan & SDM), dan Toyota Berbagi Selamat (keselamatan berkendara).

Published

on

Auto Review11 hours ago

New Yamaha Xmax Tech Max Hadir Dengan Warna Terbaru Serta Fitur Canggih Di IMOS 2025

Auto Review13 hours ago

Kolaborasi ALVA Dengan Dominate Untuk Gaya Hidup Modern Yang Berani Dan Berkarakter

Berita2 days ago

Juara Baru Zona Barat Bermunculan Diajang Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2025

Auto Review2 days ago

Livery Indonesia Sebagai Ungkapan Rasa Terima kasih Serta Rayakan Kebersamaan Dengan Penggemar MotoGP Indonesia

Auto Review2 days ago

PT TAM Peroleh Penghargaan BISRA 2025 Sesuai Penerapan N-KGTS Program CSR nya

Auto Review3 days ago

PT HMSI Jalin Kolaborasi Dengan Nestlé Indonesia Guna Tingkatkan Kemampuan Pengemudi

Auto Review3 days ago

JAECOO J8 SHS ARDIS Mobil Hybrid Dengan Jarak Tempuh Terpanjang Dalam Sekali Pengisian Daya Dan Bahan Bakar

Auto Review3 days ago

New Honda ADV160 Menjadi Magnet Utama di IMOS 2025

Auto Review4 days ago

Mitsubishi Destinator Hadir Di GIIAS 2025 Semarang Perkuat Eksistensi 55 Tahun Perjalanannya Di Indonesia

Berita5 days ago

192 Jurnalis Dari 42 media Siap Merebut Uang Senilai Rp 45 juta Di Kejuaraan Bulutangkis Antar Media

Auto Review6 days ago

Astra Media Day 2025 Upaya Tingkatkan Transparasi Dan Hubungan Harmonis Dengan Media

Auto Review6 days ago

PT TAM Raih The Best Aftersales Service Award Diajang Carvaganza Editors’ Choice Award 2025

Auto Review1 week ago

Diva Zahra Optimistis Raih Hasil Memuaskan Di Sirkuit POJ City Semarang Meski Vakum 4 bulan

Uncategorized1 week ago

One Ride Edisi Ke-14 Di Ikuti 40.000 Pengendara Royal Enfield Dari 60 Negara

Auto Review1 week ago

Suzuki Luncurkan Access 125 Di IMOS 2025 Kendaraan Yang Merefleksikan Identitas Dan Gaya Hidup

Auto Review1 week ago

Kupprum Torehkan Sejarah Dengan Perkenalkan Nomad Prototipe Motor Listrik Petualang Pertama Di Kelasnya

Auto Review1 week ago

IMOS 2025 Menjadi Ruang Berkumpul Pecinta Kendaraan Roda Dua Yang Penuh Inovasi Dan Teknologi

Auto Review1 week ago

CEC 2025 Kini Menjadi 29 Kategori Karena Adanya Pemisahan Kategori Khusus Mobil Listrik

Auto Review2 weeks ago

PT HMSI Serahkan 1 Unit Truk Hino 300 Series Kepada SMKN 2 Tangerang Guna Tingkatkan Kualitas Siswa Agar Siap Hadapi Dunia Kerja

Auto Review2 weeks ago

PT EMI Perkenalkan Seluruh Edisi The New Mazda CX-3 Guna Rayakan Hari Pelanggan Nasional

Auto Review2 weeks ago

New Kijang Innova Zenix Hadir Dengan Sentuhan Fitur Dan Teknologi Yang Lebih Advance Sesuai Kebutuhan Dan Lifestyle Masyarakat

Auto Review2 weeks ago

PT WMS Terapkan NOS Guna Tegaskan Komitmen Pelayanan Kepada Pelanggan

Auto Review2 weeks ago

Dengan Mesin 4JA1-CR 2.499 cc Isuzu TRAGA Bus Sudah Teruji Handal, Bertenaga Dan Berstandar Euro 4

Auto Review2 weeks ago

Suzuki New XL7 Hybrid Alpha Kuro Resmi Meluncur Tetap Usung Konsep Desain Elegan Dengan Aksen Warna Hitam

Auto Review2 weeks ago

Daihatsu Menjaga Performa Penjualan Secara Positif Di Pasar Otomotif Nasional Dan Regional.