Auto Review
Porsche Dan Hydro Berkomitmen Mengeksplorasi Peluang Kontribusi Karbonisasi Rantai Pasok Mobil Sport
Autoplus.id, Oslo — Porsche AG produsen mobil sport mewah asal Jerman berkolaborasi dengan Norsk Hydro ASA perusahaan industri asal Norwegia.
Kerja sama kedua perusahaan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang bertujuan untuk memperkuat strategi keberlanjutan kedua perusahaan dalam hal pengurangan jejak karbon dari mobil Porsche dengan menggunakan aluminium rendah karbon dan ekstrusi dari Hydro serta dalam konsep rantai nilai inovatif untuk bahan baterai dan daur ulangnya.
Norsk Hydro ASA akan menyediakan aluminium rendah karbon Hydro Reduxa 4.0 dan yang lebih rendah kepada Porsche dan beberapa pemasok komponen Porsche.
Paduan aluminium primer ini memiliki salah satu jejak CO2 terendah di pasar saat ini dan diproduksi dengan energi terbarukan. Jejak meliputi emisi dari tambang ke logam.
Pada tahun 2025, Hydro akan memungkinkan Porsche untuk mengurangi jejak aluminium pada proyek kendaraan masa depan menjadi sekitar 3,5 kilogram CO2 per kilogram aluminium yang digunakan. Ini sekitar 60 persen lebih rendah dari rata-rata aluminium primer yang dikonsumsi di Eropa saat ini.
“Porsche sedang menuju ke rantai nilai netral karbon untuk kendaraan kami pada tahun 2030. Aluminium dan bahan untuk produksi baterai memainkan peran kunci dalam strategi keberlanjutan kami. Dengan aluminium Hydro, kami bertujuan untuk secara substansial mengurangi emisi CO2 yang berasal dari bahan penting ini,” kata Barbara Frenkel, Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG.
Dikesempatan yang sama Hilde Merete Aasheim, President dan CEO Norsk Hydro ASA mengatakan, “Untuk mengurangi pemanasan global, kita perlu mendekarbonisasi sistem energi, memproduksi untuk sirkularitas, dan mendaur ulang sumber daya yang sudah digunakan. Aluminium adalah penggerak utama dalam transisi hijau, tetapi rantai pasokan harus menjadi bebas emisi. Industri perlu bermitra untuk membuat ini terjadi dan kami senang dapat bekerja dengan pelopor seperti Porsche dalam tugas bersama kami untuk menciptakan mobil yang hampir bebas karbon.”
Dikarenakan sifatnya yang superior dalam kelenturan, bobot ringan, dan kekuatan, rasio aluminium dalam mobil Porsche telah meningkat secara stabil.
Aluminium yang merupakan salah satu elemen kunci dalam transformasi kendaraan listrik menjadi mobil sport, dimana 30 persen aluminium merupakan berat total dari mobil sport listrik pertama merek Porsche Taycan tersebut.
Sebagai bagian dari rencana dekarbonisasi yang ambisius dari kedua perusahaan, Hydro bertujuan memasok Porsche dan pemasok komponen Porsche dengan aluminium yang menargetkan CO2-netral pada 2030.
Material baterai di Eropa. Salah satu elemen kunci dari proyek ini akan menjadi penyelidikan tentang bagaimana membangun solusi loop tertutup yang efisien untuk baterai EV Porsche.
Akses ke bahan baku yang diperoleh secara berkelanjutan merupakan tantangan bagi industri otomotif. Hydro memiliki pengalaman yang luas dalam daur ulang bahan baku baterai.
“Di Porsche, kami memiliki komitmen yang jelas untuk meningkatkan penggunaan bahan daur ulang di kendaraan kami. Prinsip ekonomi sirkular adalah sesuatu yang kami bagi dengan Hydro. Kami bertujuan untuk mengamankan rantai pasokan kami dalam jangka panjang dan dengan demikian mengharapkan masukan berharga dari proyek daur ulang kami dengan Hydro,” jelas Barbara Frenkel, Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG.
Rantai pasokan Eropa untuk material sangat penting bagi produksi baterai masih dalam tahap awal. Daur ulang diharapkan akan memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan yang meningkat untuk baterai otomotif di masa depan.
Kerja sama di antara industri-industri tradisional akan diperlukan untuk berhasil. Porsche dan Hydro berkomitmen untuk mengeksplorasi peluang kontribusi bersama di bidang ini. Kedua perusahaan mengharapkan hasil kelayakan pertama dari daur ulang baterai bersama pada tahun 2025.
You must be logged in to post a comment Login