Auto Review
Peningkatan Laba PT Astra Internasional Tbk Tahun 2022 Meningkat Sebesar 28,59 %

Autoplus.id,Jakarta,- Pasca pandemi Covid 19, sepanjang tahun 2022 PT Federal International Finance (FIF), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, mencatat pertumbuhan kinerja positif dengan kenaikan laba bersih sebesar 28,59% menjadi Rp3,17 triliun dibanding periode yang sama tahun 2021 senilai Rp2,47 triliun. (1/3)
Presiden Direktur PT FIF, Margono Tanuwijaya, mengatakan bahwa “keberhasilan yang dicapai oleh
PT FIF pada tahun 2022 mencerminkan kebangkitan ekonomi nasional dan pertumbuhan kinerja
perusahaan dalam bisnis pembiayaan”.
“Meskipun pada tahun 2022, perusahaan seperti PT FIF yang memiliki bisnis utama pembiayaan
sepeda motor Honda sempat terdampak akibat krisis chip semikonduktor, namun hal itu tidak
menghalangi PT FIF untuk terus bertumbuh mencatatkan kinerja positifnya,” tutur Margono.
Lebih lanjut, Margono menjelaskan tahun 2023 ini menjadi tantangan bagi PT FIF dalam mendorong
kinerja yang lebih baik dibanding tahun 2022 di tengah proyeksi ketidakpastian ekonomi global. “PT
FIF akan terus optimistis dengan berbagai strategi yang akan diimplementasikan pada tahun 2023,”
jelas Margono.
Secara rinci, PT FIF berhasil membukukan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan sebesar
10,23% pada tahun 2022 menjadi Rp35,08 triliun dibanding tahun 2021 yang mencapai Rp31,83
triliun. Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (booking unit) pada tahun 2022
yang mencapai 2,74 juta unit atau naik 4,67% dibanding tahun 2021 yang mencapai 2,62 juta unit.
Selain itu, PT FIF juga berhasil menjadi salah satu perusahaan jasa keuangan yang sehat dengan
tingkat jumlah kredit bermasalah atau yang lebih dikenal dengan Non-Performing Financing (NPF) di
angka 0,9% yang menyamai angka pencapaian 2022, di mana menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
juga menilai perusahaan pembiayaan dengan NPF di bawah 1% dikategorikan perusahaan yang sehat.
Atas pencapaian positif tersebut, PT FIF telah berhasil mencatatkan pertumbuhan aset pada tahun
2022 dengan nilai aset sebesar Rp 36,07 triliun, tumbuh 2,04% dibanding tahun 2021 yang mencapai
Rp35,35 triliun.
Kontribusi Lini Bisnis PT FIF
Dalam menjalankan bisnisnya, terdapat 4 lini bisnis utama yang dilakukan oleh perusahaan, yaitu
FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, AMITRA. Lini bisnis FIFASTRA yang
menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor Honda baru, mencatatkan kenaikan tipis 0,76% pada
nilai penyaluran pembiayaan tahun 2022 sebesar Rp21,37 triliun dibanding 2021 sebesar Rp21,21
triliun. Secara booking unit, FIFASTRA mencatatkan kinerja penyaluran pembiayaan kepada 1,25
juta unit atau naik sebesar 1,90% dibanding 2021 yang mencapai 1,23 juta unit.
SPEKTRA yang menyediakan layanan pembiayaan alat elektronik, gadget, dan perabot rumah tangga
juga mencatatkan pertumbuhan tipis pada kinerja penyaluran pembiayaannya di tahun 2022. Nilainya
mencapai Rp703,55 miliar atau tumbuh 4,15% dibanding 2021 yang hanya mencapai Rp675,55
miliar.
Adapun layanan pembiayaan multiguna PT FIF, DANASTRA, mencatatkan pertumbuhan kinerja
penyaluran pembiayaan sebesar 25,79% pada tahun 2022 menjadi Rp12,44 triliun dibanding tahun
lalu yang mencapai Rp9,88 triliun. Sementara itu, booking unit DANASTRA tercatat tumbuh sebesar
6,69% pada tahun 2022 mencapai 1,36 juta unit dibanding tahun 2021 yang senilai 1,28 juta unit.
Lini bisnis syariah PT FIF, yaitu AMITRA, mencatatkan pertumbuhan kinerja penyaluran
pembiayaan signifikan. Tercatat terjadi pertumbuhan sebesar 368,42% pada tahun 2022 senilai
Rp266,2 miliar dibanding 2021 yang hanya sebesar Rp56,83 miliar. Secara booking unit, tercatat
pertumbuhan 345,42% pada tahun 2022 sebanyak 13 ribu unit booking dibanding 2021 yang hanya
mencapai 3 ribu unit booking.

FINATRA yang merupakan lini bisnis PT FIF baru pada tahun 2022 untuk pembiayaan produktif
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencatatkan nilai penyaluran pembiayaan sebesar
Rp309,5 miliar untuk 3 ribu booking unit.
Program Pembangunan Berkelanjutan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
PT FIF berkomitmen untuk terus mewujudkan misi perusahaan, yaitu ‘Membawa Kehidupan yang
Lebih Baik untuk Masyarakat’ dengan melakukan beragam program keberlanjutan untuk memberikan
dampak positif bagi sosial serta lingkungan yang mengacu kepada Environment, Social and
Governance (ESG).
Berbagai program yang telah dilaksanakan tersebut masuk ke dalam 4 pilar tanggung jawab sosial
perusahaan, yaitu FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Sejahtera, dan FIFGROUP
Lestari.
Pada FIFGROUP Sejahtera, PT FIF melaksanakan program dana bergulir, di mana pada tahun 2022
perusahaan menargetkan penyaluran pinjaman modal usaha tanpa bunga kepada 550 pelaku Usaha,
Mikro, Kecil, dan Menengah. Program tersebut telah berhasil terlaksana, di mana PT FIF berhasil
mencatatkan penyaluran kepada 600 pelaku UMKM di seluruh Indonesia.
Pada pilar kesehatan, sejalan dengan HUT ke-33 Tahun, PT FIF menggelar kegiatan Donor 33.000
Kantong Darah, di mana di akhir tahun 2022 telah berhasil terkumpul 38.006 kantong darah dari
program tersebut. Selain program Donor Darah, PT FIF juga turut menyelenggarakan program
posyandu dengan memberikan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan bagi posyandu-posyandu yang
tersebar di sejumlah titik.
Sejalan dengan program Pemerintah RI dalam mengurangi jumlah anak tengkes (stunting), PT FIF
juga menyalurkan bantuan kepada 130 anak stunting bekerja sama dengan Posyandu di beberapa titik
di Indonesia.
Pada FIFGROUP Lestari, PT FIF turut berkontribusi menanam pohon di sejumlah wilayah di
Indonesia agar . Sama halnya dengan program Donor Darah, PT FIF dalam merayakan HUT ke-33
tahun di tahun 2022, turut bermenyelenggarakan kegiatan Tanam 33.000 Pohon Sepanjang Tahun 2022.
Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, PT FIF juga turut berkontribusi dengan memasang
solar panel berkapasitas 86,4 killowatt-peak di 8 titik cabang PT FIF pada tahun 2022.
Pada FIFGROUP Pintar, PT FIF telah menyelenggarakan beberapa program dalam membantu
pendidikan Indonesia, seperti penyaluran bantuan untuk 33 panti asuhan dalam mengembangkan
pembinaan santri-santri di Indonesia, Program Pelatihan Guru yang hingga saat ini telah memberikan

kebermanfaatan bagi 5.017 guru di Indonesia, dan Program Jam Sosial Mengajar dengan jumlah siswa
yang terdampak sebanyak 1.076 siswa mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, hingga tingkat Universitas.
Total pada tahun 2022, PT FIF telah menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan senilai
Rp6,35 miliar, di mana angka ini naik 51,84% dibanding tahun 2021 senilai Rp4,18 miliar. rogram-
program tersebut diharapkan dapat menjadi bagian dari kontribusi PT FIF pada program Pemerintah
dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan memperluas dampak kebermanfaatan dari
program yang diselenggarakan.
Auto Review
Ridwan Hanif Ajak Konsumen Rasakan Pengalaman Beli Mobil Cara Online Di SEVA

Autoplus.id, Jakarta — SEVA merupakan platform pencarian mobil baru berbagai brand Astra, mengajak konsumen merasakan pengalaman membeli mobil baru secara online dengan mudah, aman dan nyaman.
Dalam hal ini SEVA menggandeng Ridwan Hanif reviewer mobil terkemuka melalui situs Seva.id. dengan mengajak konsumen untuk berani membeli mobil baru secara online.
Melalui situs Seva.id yang memiliki ragam keunggulan fitur, konsumen akan mendapatkan rekomendasi mobil baru impian, dengan harga dan promo terbaik dari SEVA maupun mitra dealer yang tersebar di seluruh Indonesia.
“SEVA memiliki banyak keunggulan yang menjadikan pengalaman membeli mobil secara online menjadi mudah, aman dan nyaman.” ujar Ridwan Hanif.
“Mulai dari fitur car discovery yang membantu konsumen untuk memilih mobil impian, keamanan yang terjamin dengan mutu pelayanan prima Astra, serta terintegrasi dengan ekosistem Astra yang lengkap, mulai dari dealer, perusahaan pembiayaan dan asuransi.” tambahnya.

SEVA diluncurkan untuk menjawab kebutuhan konsumen otomotif pada era digital, dengan beberapa fitur unggulan untuk memberikan pengalaman terbaik dalam beli mobil secara online.
Dengan mengunjungi situs seva.id, konsumen dapat menikmati beberapa fitur unggulan SEVA, salah satunya car discovery yang akan memberikan rekomendasi kendaraan impian, berdasarkan preferensi merek, tipe dan estimasi harga yang konsumen inginkan.
“Justru yang utama, lebih baik tidak usah beli mobil jika tidak trusted. Saya sempat beli mobil secara online tanpa cek unit di SEVA. Kenapa percaya? Karena SEVA dari Astra. Jika sudah cocok tinggal ke pembayaran. Jika mau kredit, pastikan mampu membayar selama periode cicilan. SEVA bisa bantu untuk cek kemampuan finansial konsumen untuk beli mobil yang dinginkan,” tulis Ridwan dalam cuitannya di media sosial.
Sebagai bagian dari ekosistem Astra, SEVA menawarkan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen karena telah bekerjasama dengan Agen Pemegang Merek, seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot; perusahaan pembiayaan kendaraan yaitu ACC dan TAF; layanan Asuransi dari Asuransi Astra dan rekanan dealer di lebih dari 100 outlet di seluruh Indonesia.
Auto Review
Bersama 1 Perempuan Rojak Adakan Taouring Menuju Km. 0 Indonesia di Sabang Aceh Untuk Sambut Hari Pahlawan

Autoplus.id, Jakarta — Dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November komunitas motor Royal Riders Indonesia (RoRI) Chapter Jakarta atau yang dikenali Rojak melakukan touring menuju Km. 0 Indonesia di Sabang Aceh.
Acara yang dilaksanakan sejak tanggal 1 – 11 November 2023 diikuti 14 riders, satu di antaranya adalah perempuan berusia lebih dari 50 tahun.
Kegiatan touring ini meski diinisiasi oleh Rojak, namun terdapat dua perwakilan dari chapter lain yang turut ambil bagian dengan bertajuk Expedition to The West 2023. Mereka adalah dari RoRI Sub Chapter BRADERS dan RoRI Chapter Jawa Tengah.
ROJAK menyadari bahwa perjalanan kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari rahmat Allah melalui perjuangan para pahlawan, sehingga untuk masa sekarang mereka dapat melakukan touring ke mana pun di Indonesia ini dengan leluasa.
Marshall Rojak, Gunara Setiadi menyampaikan bahwa peran para pahlawan harus terus kita kenang. Secara khusus, selaku pecinta aktivitas bersepeda motor dirinya menekankan dari kegiatan hobi tersebut harus dapat mengisi kemerdekaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah Indonesia telah dianugerahi kemerdekaan. Sehingga saat ini kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya dan tidak lupa mengenang jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan hidupnya untuk kemerdekaan. Mengenang jasa para pahlawan dengan mengunjungi makam para pahlawan dan juga mengunjungi museum agar kita kembali mengingat sejarah perjuangan para pendiri bangsa.” tegas Gunara Setiadi.
Selaku pecinta aktivitas bersepeda motor kita punya cara-cara sendiri dalam mengisi kemerdekaan tersebut, diantaranya dengan mengenang jasa para pahlawan dan menjadi pelopor ketertiban dan keselamatan berkendara di ruang lalu lintas jalan,” tambah Gunara.
Setiap tahun saat Hari Pahlawan tiba Rojak selalu melakukan kegiatan riding untuk mengenang perjuangan para pahlawan, diantaranya dengan melakukan ziarah kubur ke makam para pahlawan.
Hal sederhana lain namun dampaknya luar biasa adalah mendoakan mereka yang sudah gugur agar mendapatkan “kemerdekaan” di akhirat berupa surga di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Seperti pada 28 Oktober 2023 lalu, sebelum perjalanan Expedition to The West 2023 dilaksanakan Rojak melakukan ziarah kubur ke makam proklamator Muhammad Hatta. Sedangkan untuk menambah kecintaan dan menyegarkan wawasan member Rojak melakukan kunjungan ke museum proklamasi.
Sementara touring menggunakan sepeda motor Expedition to The West 2023 ini merupakan inisiasi dari salah satu member Rojak yaitu Arie Djuanda.
Awalnya perjalanan menuju KM 0 Indonesia di Sabang hanya akan dilakukan oleh beberapa orang saja, mengingat animo untuk ke KM 0 di lingkungan RoRI sendiri tinggi maka dibuka untuk seluruh member RoRI
Perjalanan dimulai pada Rabu, 1 November 2023 dini hari dari Sekretariat RoRI jalan Proklamasi No.19, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam hal ini Presiden RoRI, Adnan Maddanatja beserta istri, dan Marshall Rojak, Gunara melepas empat belas rider dalam memulai perjalanan serta menemani perjalanan denganI melakukan touring sampai Lampung.
Setelah tiba di Pulau Sumatra, rombongan menyusuri pesisir barat Sumatra sekitar 3000 KM diikuti oleh perempuan berusia lebih dari lima puluh tahun. Ia sendiri merupakan member RoRI Jakarta dan menggunakan sepeda motor Royal Enfield Classic 500.
Meski disediakan dua unit mobil support, member Rojak bernama Mita ini tidak mau kalau dalam perjalanannya ini tidak bersepeda motor walau hanya berjarak semeter pun.

Rencananya perjalanan hanya akan dilakukan sampai waktu Maghrib tiba. Pada kenyataannya kondisi tersebut tidak mendukung untuk tiba di Sabang tanggal 10 November. Akhirnya dengan segala perhitungan perjalanan pun tembus sampai jam 2 dini hari.
Perjalanan tersebut tidak dapat dikatakan mudah, sebab cuaca hujan turun di luar dugaan mulai dari Lampung sudah menyambut rombongan Expedition to The West 2023.
Salah satu perjalanan yang dirasa cukup berat oleh peserta adalah dari Painan menuju Kota Padang. Kondisi cuaca hujan, perjalanan di perbukitan, gelap karena sudah malam dan derasnya air hujan yang melintasi permukaan jalan membuat peserta harus ekstra hati-hati. Terlebih kondisi lalu lintas cukup ramai dilintasi mobil truk besar.
Untuk mensyukuri anugerah alam yang indah. Perjalanan Expedition to The West 2023 pun menjamah Pulau Samosir dan menikmati luasnya Danau Toba. Rumah adat yang berjajar di pinggir jalan raya membuat peserta terkagum atas keragaman budaya dan tradisi yang ada di Indonesia.
Akhirnya setelah 10 hari melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor. Peserta touring dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 tiba di Monumen KM 0 Indonesia di Kota Sabang.
Selain permukaan jalan yang mulus, kondisi alam yang masih asri peserta juga disambut oleh monyet yang banyak ditemukan di beberapa titik menuju Monumen KM 0.
Setelah perjalanan ini tuntas dilaksanakan. Rencananya perjalanan menuju KM 0 Indonesia akan dilakukan ke bagian timur. Tidak terburu-buru, namun rencananya akan dilaksanakan pada semester pertama tahun 2024 setelah lebaran Idul Fitri.
Auto Review
PT EMI Hadirkan New Mazda2 Hatchback dan New Mazda CX-5 Di Acara Mazda Power Drive

Autoplus.id, Jakarta — Menjelang akhir tahun 2023 PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor Mazda di Indonesia menggelar acara tahunan yang dinantikan pencinta Mazda yaitu Mazda Power Drive dengan memberikan special program pembelian sambil merayakan pengalaman berkendara terbaik.
Acara yang diadakan di Midaz Dining & Lounge Senayan Golf, Jakarta Selatan pada Rabu (29/11) PT EMI juga menghadirkan produk terbaru yakni New Mazda2 Hatchback dan New Mazda CX-5.
Bagi konsumen yang ingin merasakan langsung pengalaman berkendara khas Mazda dapat hadir secara langsung pada 9 – 10 Desember 2023, konsumen juga dapat mendaftarkan kehadirannya melalui jaringan Dealer Resmi Mazda di Jabodetabek atau secara online melalui: https://mazdapowerdrive.earworks.cloud/

“Mazda Power Drive 2023, merupakan apresiasi kami kepada para konsumen yang ingin mencoba secara langsung fitur dan teknologi pada line-up mobil Mazda. Ini merupakan ajang kegiatan test drive Mazda terbesar yang dilakukan Mazda Indonesia dipenghujung tahun 2023, dimana kami menyiapkan hampir semua model Mazda yang di pasarkan untuk di coba para pelanggan setia kami, mulai dari model SUV, Hatchback, Sedan, Crossover, hingga hingga mobil sport Mazda MX-5.” ungkap Ricky Thio, Managing Director PT EMI dalam sambutannya.
Pada kegiatan Mazda Power Drive konsumen bisa melakukan Test Drive mobil Mazda pilihan, dan melihat ketangguhan sistem AWD CX-60 di area Ramp Test yang di demonstrasikan secara langsung oleh professional instructor.
Pada kesempatan ini, konsumen dapat mengenal lebih dekat line-up model-model Mazda yang telah disiapkan, yaitu Hatchback yang terdiri dari New Mazda2 Hatchback, Mazda3 Hatchback. Kelas Sedan yakni Mazda2.

Sedangkan untuk SUV ada CX-3 Sport, CX-30, New CX-5 Elite & Kuro, CX-8 Elite, CX-9 AWD, juga Premium SUV yakni CX-60 Elite & Kuro Edition serta Roadster MX-5 AT & MT.
New Mazda2 Hatchback, yang hadir di Indonesia sejak tahun 2009 sebagai 3rd Generation dari Mazda2 Hatchback, terus mengalami improvement, khususnya pada kehadiran Mazda2 Hatchback 4th Generation yang hadir di Indonesia pada tahun 2014.
Di penghujung tahun 2023 ini, Mazda Indonesia kembali menghadirkan pembaruan pada Mazda2 Hatchback, yang tersedia dalam varian GT.

Pada bagian eksterior, terdapat New Front Grille and Signature Wing, New Front Bumper Design, New 16-inch Alloy Wheel Design, dan Red Accent on Rear Bumper yang memperkuat sisi sporty dari Mazda2 Hatchback.
Keseluruhan pembaruan tersebut semakin lengkap dengan pilihan warna baru yaitu Aero Gray Metallic dan Air Stream Blue Metallic.
Pada bagian interior dan aspek keselamatan juga ditingkatkan dengan hadirnya Leather+Cloth Seat, Auto-dimming Interior Mirror, Curtain & Side Airbags, Smart City Brake Support (Forward & Reverse), Lane Departure Warning System (LDWS), serta Driver Attention Alert (DAA).
Bersamaan dengan Mazda2 Hatchback, Mazda Indonesia juga menghadirkan pembaruan pada Mazda CX-5. Generasi pertama Mazda CX-5 hadir di Indonesia sejak tahun 2012, diikuti dengan kehadiran generasi kedua pada tahun 2017 hingga sekarang.
Pada pembaruan kali ini, Mazda CX-5 hadir dalam 2 varian, yaitu ELITE 2WD dan KURO AWD. Sedangkan varian ELITE 2WD menonjolkan sisi elegan dari Mazda CX-5, dengan hadirnya Body Color Side Cladding, New 19-inch Wheel Design, dan pilihan warna Platinum Quarts Metallic.
Sedangkan varian KURO AWD dilengkapi dengan Gloss Black Mesh Front Grille, Gloss Black Side Cladding, dan Black 19-inch Wheels yang menonjolkan sisi sporty, sejalan dengan teknologi i-ACTIV AWD yang disematkan pada varian ini.

Guna meningkatkan kenyamanan berkendara pada Mazda CX-5 dilengkapi dengan Ventilated Front Seat, 10.25-inch Mazda Connect Display, dan USB Type-C Connectivity.
Dalam acara Mazda Power Drive ini Mazda Indonesia memberikan berbagai promosi penjualan menarik, dan ini merupakan kesempatan baik bagi konsumen untuk mendapatkan penawaran yang terbatas hanya pada sesi Mazda Power Drive, seperti: cashback khusus, free aksesoris mobil spesial dan free souvenir eksklusif.
Mazda juga bekerja sama dengan beberapa lembaga pembiayaan agar memberikan kemudahan bagi para pelanggan dengan program special pilihan suku bunga mulai dari 0%, tenor hingga 7 tahun.
Sedangkan dari sisi layanan purna jual, untuk setiap mobil Mazda yang terjual pada periode Mazda Power Drive 2023 akan mendapatkan program 2 Years Extended Warranty sehingga layanan garansi yang didapat menjadi 5 tahun atau 150.000 KM (mana yang tercapai lebih dahulu) dimana umumnya Mazda memberikan warranty berlaku selama 3 tahun atau 100.000 KM (mana yang tercapai terlebih dahulu).
Program ini merupakan kemitraan antara PT Eurokars Motor Indonesia dan PT Sompo Insurance Indonesia. Pelanggan Mazda akan semakin dimudahkan dalam melakukan perawatan kendaraan dengan program MYMAZDA SERVICE, yakni layanan service berkala yang membebaskan biaya untuk jasa dan suku cadang selama 3 tahun atau 60.000 KM (mana yang tercapai terlebih dahulu) sesuai dengan panduan service, lengkap dengan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA).
“Ini merupakan moment yang baik bagi para pelanggan setia Mazda di Indonesia, selain bisa merasakan langsung semua unit Mazda, pada Mazda Power Drive 2023 kami memberikan berbagai program menarik. Saya mengundang pelanggan setia kami untuk menghadiri acara Mazda Power Drive 2023, rasakan langsung berkendara ala Mazda berkendara Jinba – Ittai. Celebrate The Ultimate Driving with Mazda Indonesia” tambah Ricky Thio.
- Auto Review6 days ago
PBSI Bersama PT ADM Kembali Gelar Daihatsu Indonesia Masters 2024 Untuk Ke – 7 Kalinya
- Auto Review3 days ago
PT EMI Hadirkan New Mazda2 Hatchback dan New Mazda CX-5 Di Acara Mazda Power Drive
- Auto Review5 days ago
GoFood Hadirkan Promo Nampol Mulai Dari Rp 10.000,- serta Diskon diskon Hingga 35% Jelang Akhir Tahun
- Auto Review3 days ago
Bersama 1 Perempuan Rojak Adakan Taouring Menuju Km. 0 Indonesia di Sabang Aceh Untuk Sambut Hari Pahlawan
- Auto Review2 days ago
Ridwan Hanif Ajak Konsumen Rasakan Pengalaman Beli Mobil Cara Online Di SEVA
You must be logged in to post a comment Login