Connect with us

Auto Review

“Pemerintah Antusias Berikan Insentif Pada Kendaraan Berteknologi Hybrid Di Indonesia” kata Jokowi Saat Berada Di Booth Toyota Di IIMS 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tengah mendengar penjelasan dari Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengenai Yaris Cross HEV saat mengunjungi booth Toyota usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/02).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa pemerintah antusias untuk bisa memberikan insentif pada kendaraan dengan teknologi hybrid di Indonesia. Model unggulan Toyota Yaris Cross HEV merupakan salah satu xEV yang diproduksi lokal dengan TKDN 80% dan memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi, 31 km/liter.

Bersama Kijang Innova Zenix HEV merupakan xEV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia. Kehadiran kedua Hybrid EV merupakan wujud keseriusan Toyota Indonesia memperluas pilihan eco friendly vehicle bagi masyarakat Indonesia dan global dalam upaya netralitas karbon.

Dalam ajang PT TAM menghadirkan beberapa produk unggulannya mulai dari electric vehicle (EV), GR family, dan commercial vehicle termasuk deretan mobil listrik Toyota yang paling laris.

Kendaraan listrik kini menjadi fokus Toyota khususnya untuk Battery EV dan Plug-In Hybrid EV yang berdampingan dengan Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV sebagai kendaraan elektrifikasi karya anak bangsa pertama, juga memperkenalkan All New Vellfire Hybrid EV.

“Toyota menerapkan pendekatan Multi Pathway Strategy dalam menghadirkan carbon-neutral mobility solution untuk menekan emisi karbon sebagai ‘musuh’ bersama. Partisipasi Toyota di pameran IIMS 2024, sejalan pula dengan target Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang,” kata Hiroyuki Ueda, President Director PT TAM.

Kendaraaan listrik Toyota berteknologi hybrid electric masih menjadi pilihan utama masyarakat, hal ini ditandai debut Kijang Innova Zenix HEV yang langsung mencatatkan diri sebagai kendaraan elektrifikasi terlaris di Indonesia dengan whole sales 27.705 unit di tahun 2023. Catatan penjualan Kijang Innova Zenix HEV adalah sekitar 38,7% dari total wholes sales kendaraan elektrifikasi nasional.

HEV Toyota menguasai lanskap penjualan kendaraan elektrifikasi khususnya HEV di level nasional. Kombinasi motor listrik dan mesin bensin mampu mendongkrak performa mobil hybrid di seluruh rentang putaran mesin.

Berikutnya adalah jarak berkendara yang lebih panjang berkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Beberapa pengetesan membuktikan Yaris Cross Hybrid EV bisa menempuh jarak 31 kilometer hanya dengan 1 liter bahan bakar.

Booth Toyota turut menampilkan BEV global pertama Toyota bZ4X bersama Premium Sporty SUV All New RAV4 GR Sport PHEV. Ditambah showcase Toyota Mirai sebagai representasi Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) berbahan bakar hidrogen, menunjukkan luasnya cakupan EV Toyota global yang zero emission. Sekaligus melambangkan kerjasama Toyota Indonesia dengan stakeholder di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis hidrogen.

Kendaraan elektrifikasi Toyota yang paling laris adalah Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV. Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan EV yang diproduksi lokal dan menjadi EV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia.

“Bukti keseriusan menuju netralitas karbon, PT TAM menghadirkan jajaran kendaraan elektrifikasi di IIMS 2024, yaitu Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, Toyota bZ4X, RAV4 GR Sport PHEV dan Corolla Cross HEV Bioetanol, bersama perkenalan All New Vellfire HEV yang memperluas pilihan ecofriendly vehicle,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM).

Pada IIMS 2024, Toyota juga memajang Corolla Cross HEV Bioetanol yang sudah kompatibel sepenuhnya dengan bahan bakar Bioetanol (E100) untuk melengkapi line-up carbon neutral mobility Toyota.

New Hilux Double Cabin 2.4 4×4 yang baru saja mendapatkan penyegaran eksterior dan interior, ikut dipamerkan untuk mewakili line-up commercial vehicle Toyota. PT TAM turut memajang Toyota Hilux Rangga yang merupakan cikal bakal model terbaru di line-up commercial vehicle Toyota.

Published

on

Auto Review3 hours ago

Honda Targetkan 7.000 Unit Terjual Selama PRJ 2024 Berlangsung

Auto Review4 hours ago

AION Y Plus Masuk Pasar Indonesia Bawa Solusi Berkendara Cerdas Dengan Teknologi Terdepan

Auto Review14 hours ago

Baru Dirilis Tiket Presale 2 IMX 2024 Ludes Terjual Dalam Waktu Singkat

Auto Review1 day ago

POLYTRON Fox-S Dirancang Untuk Penuhi Kebutuhan Mobilitas Harian Serta Berbagai Keuntungan Tambahan

Auto Review1 day ago

Chery Luncurkan TIGGO 5X Dibandrol Dengan Harga Khusus Bagi 1000 Konsumen Pertama

Auto Review2 days ago

50 Unit The New CITROËN Ë-C3 Resmi Di Serahkan Kepada Pemesannya Setelah Peroleh Fasilitas Impor Dari BKPM

Auto Review2 days ago

AstraPay Turut Memainkan Peran Dalam Ekosistem Pembayaran Digital Yang Semakin Berkembang

Auto Review2 days ago

QRIS Kunci Inovasi Yang Berhasil Merevolusi Proses Pembayaran Menjadi Lebih Sederhana

Auto Review3 days ago

Menuju Perhelataan Otomotif Paling Akbar GIIAS 2024

Auto Review4 days ago

Honda Menangkan Balapan Dramatis F1 Grand Prix Canada Untuk Ke Tujuh Kalinya

Auto Review5 days ago

MMKSI Perluas Jaringan Pelayanan Ke Pulau Madura Bersama PT Murni Berlian Motors

Auto Review5 days ago

WARI Salurkan 500 Buku Ke Yayasan Al Hidayah, Tangerang Guna Tumbuhkan Minat Baca

Auto Review6 days ago

PT HMMI Raih Sertifikasi AEO Dari Bea Cukai Guna Amankan Sekaligus Percepat Perdagangan global

Auto Review7 days ago

BMW G 310 Diserahkan Kepada 34 Konsumennya Yang Lain Boleh Bayar Sekarang Besok Bisa Diantar

Auto Review1 week ago

Manfaatkan Promo Spesial Dari GWM Indonesia Selama Liburan Di Seluruh Dealer Atau Pusat Perbelanjaan Terdekat

Auto Review1 week ago

Melalui Honda Intimobil PT HPM Resmikan Dealer Barunya Di Kota Bandar Lampung

Auto Review1 week ago

2.550 Peserta Dari Segala Bidang Industri Ramaikan Jakarta Fair 2024

Auto Review1 week ago

Pengemudi Taksi Online Dapat Wiper Gratis Dengan Kampanyekan “Berkendara Aman#TenangAdaBosch”

Auto Review2 weeks ago

34 Anak Yatim Piatu Siswa Binaan Darut Tahfizd Kunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Cikarang

Auto Review2 weeks ago

Penuhi Keinginan Konsumen Chery Perkenalkan OMODA E5 Serba Hitam Elegan, Modern, Tangguh Dan Berwibawa

Auto Review2 weeks ago

PT WMS Berikan Layanan Darurat Kepada Pemilik Honda Yang Membutuhkan

Auto Review2 weeks ago

NETA V-II Mulai Di Produksi Secara Lokal Guna Dukung TKDN

Auto Review2 weeks ago

Toshihiro Mibe Raih Penghargaan Di Bidang Industri Tahun 2024 Dari SAE Foundation.

Auto Review2 weeks ago

Sambut Perhelatan IIMS Surabaya 2024 Dyandra Promosindo Lakukan Touring Dengan Tema “Holiday on Wheels: East Java Cruising”

Auto Review2 weeks ago

Hyundai Hadirkan New PALISADE Dengan Pembaruan Lebih Mewah Dan Berani