Connect with us

Auto Review

Pameran Otomotif GIIAS 2023 Bertema Future Now Resmi Dibuka Menko Airlangga Hartarto

Autoplus.id, Jakarta — GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pameran otomotif terbesar se Asia Tenggara resmi dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Bidang Perekonomian) Airlangga Hartarto pada Kamis (10/8).

Pameran yang mengusung tema Future Now ini akan berlangsung selama 10 hari hingga tanggal 20 Agustus 2023 yang menjadi kesinambungan dari pameran dari tahun-tahun sebelumnya.

Pameran yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD-City Tangerang merupakan pameran yang ke-30 kalinya digelar dan menjadi representasi masa depan industri otomotif Indonesia.

GIIAS 2023 juga merupakan tahun pertama pasca pandemi ditetapkan berakhir oleh pemerintah Republik Indonesia dan tahun ini GIIAS lebih fokus untuk memperlihatkan apa saja kelebihan dari kendaraan listrik.

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang didampingi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, keduanya melihat bahwa GIIAS 2023 menjadi momentum keberlanjutan bangkitnya perekonomian nasional melalui sektor otomotif.

Dalam pemaparannya di acara pembukaan pameran GIIAS 2023, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Ia mengapresiasi pameran GIIAS 2023 yang mengangkat tema Future Now dengan representasi teknologi masa depan ditarik ke masa kini.

Apalagi di tengah kondisi perekonomian dunia yang melambat dan membandingkannya dengan kondisi pasar otomotif Indonesia.

Di tengah perekonomian global yang melambat, Kita bisa lihat China pasar ekspornya turun 14 persen demikian juga impornya dan Purchasing Manager’s Index turun hingga level di bawah 50.

China ini merupakan mitra utama Indonesia, namun Indonesia berhasil tumbuh di luar ekspektasi baik menurut analis atau lembaga.

Pertumbuhan pasar kita di kuartal kedua, Indonesia mampu tumbuh sebesar 5,17 persen. Pertumbuhan ini terjadi selama 7 kuartal berturut-turut di atas 5 persen.

“Sesuai arahan dari presiden, angka target Gross National Income (GMI) perkapita kita berada di angka 5,500 di akhir 2024. Pendukung utamanya dari sektor perdagangan dan backbone-nya dari industri otomotif,” unkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Airlangga juga berharap dengan peningkatan sektor industri termasuk di otomotif nasional, bisa memperkuat kondisi pasar Indonesia di mata dunia.
Apalagi di pasar otomotif Indonesia banyak yang masuk, termasuk kendaraan listrik.

“Saya juga mendengar bahwa banyak merek yang ingin masuk dan kita bisa lihat di pameran GIIAS 2023 ini. Jika dilihat pameran yang sama tahun lalu, transaksinya Rp14,3 triliun yang terdiri dari 26 ribu lebih. Artinya tahun ini Future Now harusnya lebih baik dari tahun kemarin,” jelas Airlangga.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi juga berharap bahwa industri otomotif Indonesia tetap jadi tulang punggung perekonomian bangsa yang semakin menguat.

Apalagi tahun ini merupakan penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO yang ke-30, sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 1986 lalu.

Sebuah kebanggaan bagi GAIKINDO, di setiap penyelenggaraannya telah menampilkan berbagai capaian, dan karya industri otomotif Indonesia.

Tentu saja, seluruh hasil positif yang dicapai industri otomotif Indonesia tidak lepas dari dukungan Pemerintah Republik Indonesia.

“Kami laporkan bahwa industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, bahkan melebihi capaian sebelum pandemi. Kami sampaikan apresiasi tertinggi kepada Kemenko Bidang Perekonomian, dan Kementerian Perindustrian, yang senantiasa memberikan dukungan, dan arahannya, sehingga pertumbuhan wholesale kendaraaan pada tahun 2022 naik hingga 18 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia menduduki peringkat ke-11, sementara untuk plpi ke-14 di dunia,” ujar Yohannes Nangoi dalam opening ceremony GIIAS 2023.

Nangoi menambahkan bahwa industri otomotif Indonesia juga berhasil menggenjot kenaikan ekspor hingga 60 persen, mencapai angka tertinggi lebih dari 470 ribu unit, dan meliputi 93 negara tujuan.

Kedepannya industri otomotif Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan pasar domestik dan mendorong peluang Indonesia menjadi basis produksi untuk kegiatan ekspor.

Industri otomotif Indonesia juga berhasil menarik kenaikan nilai investasi asing sebesar 3,3 persen. Sejumlah lebih dari 1,5 miliar dolar, berada diposisi 11 dari 23 sektor industri di Indonesia.”

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review12 hours ago

Honda Menangkan Balapan Dramatis F1 Grand Prix Canada Untuk Ke Tujuh Kalinya

Auto Review21 hours ago

MMKSI Perluas Jaringan Pelayanan Ke Pulau Madura Bersama PT Murni Berlian Motors

Auto Review2 days ago

WARI Salurkan 500 Buku Ke Yayasan Al Hidayah, Tangerang Guna Tumbuhkan Minat Baca

Auto Review2 days ago

PT HMMI Raih Sertifikasi AEO Dari Bea Cukai Guna Amankan Sekaligus Percepat Perdagangan global

Auto Review3 days ago

BMW G 310 Diserahkan Kepada 34 Konsumennya Yang Lain Boleh Bayar Sekarang Besok Bisa Diantar

Auto Review4 days ago

Manfaatkan Promo Spesial Dari GWM Indonesia Selama Liburan Di Seluruh Dealer Atau Pusat Perbelanjaan Terdekat

Auto Review4 days ago

Melalui Honda Intimobil PT HPM Resmikan Dealer Barunya Di Kota Bandar Lampung

Auto Review5 days ago

2.550 Peserta Dari Segala Bidang Industri Ramaikan Jakarta Fair 2024

Auto Review5 days ago

Pengemudi Taksi Online Dapat Wiper Gratis Dengan Kampanyekan “Berkendara Aman#TenangAdaBosch”

Auto Review7 days ago

34 Anak Yatim Piatu Siswa Binaan Darut Tahfizd Kunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Cikarang

Auto Review1 week ago

Penuhi Keinginan Konsumen Chery Perkenalkan OMODA E5 Serba Hitam Elegan, Modern, Tangguh Dan Berwibawa

Auto Review1 week ago

PT WMS Berikan Layanan Darurat Kepada Pemilik Honda Yang Membutuhkan

Auto Review1 week ago

NETA V-II Mulai Di Produksi Secara Lokal Guna Dukung TKDN

Auto Review1 week ago

Toshihiro Mibe Raih Penghargaan Di Bidang Industri Tahun 2024 Dari SAE Foundation.

Auto Review1 week ago

Sambut Perhelatan IIMS Surabaya 2024 Dyandra Promosindo Lakukan Touring Dengan Tema “Holiday on Wheels: East Java Cruising”

Auto Review1 week ago

Hyundai Hadirkan New PALISADE Dengan Pembaruan Lebih Mewah Dan Berani

Auto Review2 weeks ago

RAT Adakan RUA Guna Bangun Kembali Rasa Kebersamaan Setelah Covid 19

Auto Review2 weeks ago

Roman Nedielka Buktikan Bahwa Motor Lisrik Juga Layak Digunakan Keliling Dunia

Auto Review2 weeks ago

Mobil™ Gelar Acara Bertema “Ayo, Jelajahi Dunia Mobil™ Sambil Perkenalkan Mobil Super™ All-in-One-Protection Sebagai Produk Terbarunya

Auto Review2 weeks ago

Express Service Fasilitas Baru Yang Di Perkenalkan MMKSI Saat Resmikan Dua Diler Di Kaltim

Auto Review2 weeks ago

Dapatkan Penawaran Terbaik Untuk Miliki BMW Seri 3 Di Festival of 3

Auto Review2 weeks ago

Caroline.id Lebarkan Pasar Mobil Bekas Di Tengah Kondisi Ekonomi Politik Tidak Stabil

Auto Review2 weeks ago

150 Anggota Komunitas Motor Honda Matic Tetap #Cari Aman di jalan Saat Lakukan City Rolling

Auto Review2 weeks ago

Wuling Motors Kerahkan 150 unit Wuling EV ABC Stories Guna Dukung Perhelatan 10th World Water Forum

Auto Review2 weeks ago

Aleix Espargaró Pamit Mundur Setelah Delapan Tahun Bersama Aprilia Racing Dan Memilih Trek Di Kampung Halaman Sendiri