Connect with us

Auto Review

Pameran Busworld Southeast Asia 2024 Targetkan Lebih Dari 25.000 Pengunjung Dari 40 Negara

Autoplus.id, Jakarta — Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar dan tercepat di dunia memiliki banyak rencana besar untuk membangun sektor transportasi.

Hal ini dibuktikan dengan pembangunan infrastruktur jalan serta pemerataan infrastruktur transportasi dari ujung timur ke ujung barat telah menyebabkan peningkatan permintaan bus baru, terutama untuk pasar nasional.

Apalagi pemerintah telah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia menjadi 8,5 juta pada tahun 2023 serta kehadiran pembangunan Tol Trans Jawa, Trans Sumatera, dan Trans Kalimantan yang membentang antar provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia menjadikan potensi besar dalam sektor pariwisata, dengan demikian, tidak hanya permintaan bus antarkota yang meningkat, melainkan juga bus pariwisata (coach).

Melihat peluang ini GEM Indonesia dan Busworld mendukung program tersebut dengan menyelenggarakan pameran transportasi berskala internasional untuk sektor bus yaitu Busworld Southeast Asia 2024 yang terbesar se Asia Tenggara hal ini disampaikan dalam press Conference yang diadakan di JIExpo Kemayoran Jakarta pada Rabu (24/05) bertepatan dengan pameran Transport & Logistics Indonesia 2023.

Setelah sukses diselenggarakan di tahun 2022 penyelenggaraan pameran yang sudah memasuki edisi ke-3 ini akan di gelar kembali pada 15 – 17 Mei 2024 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Indonesia yang didedikasikan untuk industri bus dan coach.

Pada edisi mendatang, Busworld Southeast Asia 2024 akan hadir dalam skala yang lebih besar dari pada edisi sebelumnya dengan menghadirkan banyak bus-bus baru baik listrik maupun konvensional.

Pameran ini juga dijadikan moment bagi para produsen bus untuk meluncurkan produk atau inovasi baru dari industri bus tanah air maupun mancanegara.

Busworld Southeast Asia hadir untuk memenuhi segala kebutuhan para stakeholder yang membutuhkan bus, coach, bus listrik, medium bus, mini bus dan komponen pendukungnya baik dari lokal maupun luar negeri.

Pameran Busworld Southeast Asia 2024 dalam agendanya akan ada program pembelian bus oleh Kementerian Perhubungan dengan jumlah ribuan unit untuk dapat mendukung transportasi umum dan akan difokuskan kepada pemerintah daerah diantaranya Medan, Bandung, Palembang dan beberapa kota lainnya.

Sektor bus di Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2024. Hal ini tidak terlepas dari kesuksesan pemerintah dengan meluncurkan Buy the Service (BTS) sehingga angkutan perkotaan memenuhi aspek keamanan, kenyamanan, keselamatan, keterjangkauan serta kesehatan.

Di sisi lain perkembangan Bus Rapid Transit (BRT) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transportasi umum, mengurangi kemacetan dan meningkatkan aksesibilitas bagi penduduk kota telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara beberapa BRT yang telah dijalankan di Indonesia diantaranya; TransJakarta, BRT Palembang, BRT Bandung, TransJogja, TransSemarang dan beberapa kota besar lainnya.

Sebagai informasi Industri bus di Indonesia juga sedang memasuki babak baru, tren kendaraan listrik di tanah air sudah mengarah pada industri bus listrik guna mendorong era elektrifikasi dan menurunkan tingkat emisi CO2 di Indonesia.

Dalam rangka membangun ekosistem kendaraan listrik, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian akan memastikan pemberian insentif pajak untuk 138 unit bus listrik pada 2023 sebagai tahap awal dan meningkat pada tahun 2024 dengan jumlah 144 Miliar untuk 414 unit bus.

Pameran yang didukung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Asosiasi terkait seperti ASKARINDO, IPOMI, ORGANDA, MTI, ITDP Indonesia, INTRANS akan menampilkan program konferensi dan seminar dengan menghadirkan pembicara-pembicara ahli pada industri transportasi baik dari pemangku jabatan, akademisi, bus manufaktur sampai pengamat transportasi baik lokal maupun internasional.

Acara yang diadakan selama selama 2 hari ini akan membahas topik-topik menarik mengenai transportasi berkelanjutan, teknologi ramah lingkungan, dan inovasi dalam industri bus dan coach.

Mengingat pameran ini akan menjadi pameran khusus Bus dan Coach terbesar dan bergengsi di Asia Tenggara GEM Indonesia menargetkan lebih dari 25.000 pengunjung dari 40 negara.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review5 hours ago

MMKSI Perluas Jaringan Pelayanan Ke Pulau Madura Bersama PT Murni Berlian Motors

Auto Review21 hours ago

WARI Salurkan 500 Buku Ke Yayasan Al Hidayah, Tangerang Guna Tumbuhkan Minat Baca

Auto Review2 days ago

PT HMMI Raih Sertifikasi AEO Dari Bea Cukai Guna Amankan Sekaligus Percepat Perdagangan global

Auto Review3 days ago

BMW G 310 Diserahkan Kepada 34 Konsumennya Yang Lain Boleh Bayar Sekarang Besok Bisa Diantar

Auto Review3 days ago

Manfaatkan Promo Spesial Dari GWM Indonesia Selama Liburan Di Seluruh Dealer Atau Pusat Perbelanjaan Terdekat

Auto Review4 days ago

Melalui Honda Intimobil PT HPM Resmikan Dealer Barunya Di Kota Bandar Lampung

Auto Review4 days ago

2.550 Peserta Dari Segala Bidang Industri Ramaikan Jakarta Fair 2024

Auto Review5 days ago

Pengemudi Taksi Online Dapat Wiper Gratis Dengan Kampanyekan “Berkendara Aman#TenangAdaBosch”

Auto Review6 days ago

34 Anak Yatim Piatu Siswa Binaan Darut Tahfizd Kunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Cikarang

Auto Review7 days ago

Penuhi Keinginan Konsumen Chery Perkenalkan OMODA E5 Serba Hitam Elegan, Modern, Tangguh Dan Berwibawa

Auto Review7 days ago

PT WMS Berikan Layanan Darurat Kepada Pemilik Honda Yang Membutuhkan

Auto Review1 week ago

NETA V-II Mulai Di Produksi Secara Lokal Guna Dukung TKDN

Auto Review1 week ago

Toshihiro Mibe Raih Penghargaan Di Bidang Industri Tahun 2024 Dari SAE Foundation.

Auto Review1 week ago

Sambut Perhelatan IIMS Surabaya 2024 Dyandra Promosindo Lakukan Touring Dengan Tema “Holiday on Wheels: East Java Cruising”

Auto Review1 week ago

Hyundai Hadirkan New PALISADE Dengan Pembaruan Lebih Mewah Dan Berani

Auto Review2 weeks ago

RAT Adakan RUA Guna Bangun Kembali Rasa Kebersamaan Setelah Covid 19

Auto Review2 weeks ago

Roman Nedielka Buktikan Bahwa Motor Lisrik Juga Layak Digunakan Keliling Dunia

Auto Review2 weeks ago

Mobil™ Gelar Acara Bertema “Ayo, Jelajahi Dunia Mobil™ Sambil Perkenalkan Mobil Super™ All-in-One-Protection Sebagai Produk Terbarunya

Auto Review2 weeks ago

Express Service Fasilitas Baru Yang Di Perkenalkan MMKSI Saat Resmikan Dua Diler Di Kaltim

Auto Review2 weeks ago

Dapatkan Penawaran Terbaik Untuk Miliki BMW Seri 3 Di Festival of 3

Auto Review2 weeks ago

Caroline.id Lebarkan Pasar Mobil Bekas Di Tengah Kondisi Ekonomi Politik Tidak Stabil

Auto Review2 weeks ago

150 Anggota Komunitas Motor Honda Matic Tetap #Cari Aman di jalan Saat Lakukan City Rolling

Auto Review2 weeks ago

Wuling Motors Kerahkan 150 unit Wuling EV ABC Stories Guna Dukung Perhelatan 10th World Water Forum

Auto Review2 weeks ago

Aleix Espargaró Pamit Mundur Setelah Delapan Tahun Bersama Aprilia Racing Dan Memilih Trek Di Kampung Halaman Sendiri

Auto Review2 weeks ago

NETA GT Sports Car Listrik Mencuri Perhatian Pengunjung Saat Tampil Di Atrium PIM 3 Jakarta