Auto Review
Mitsubishi Fuso Rajai Pasar Kendaraan Niaga Tahun 2024 Dan Siapkan Dukungan Servis Lengkap Di Tahun 2025

Autoplus.id, Jakarta – Dengan meraih pangsa pasar sebesar 38,1% di segmen kendaraan niaga Mitsubishi Fuso berhasil mempertahankan dominasi pasar di tahun 2024, hal ini terungkap dalam acara Media Gathering dan Berbuka Puasa Bareng Media yang bertempat di Conference Room PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Pulomas, Jakarta Timur pada Jumat (21/3).
“Perjalanan Mitsubishi Fuso 55 tahun di Indonesia menjadi sebuah milestones bersejarah bagi kami, dan kami sangat bangga bisa tetap mempertahankan Mitsubishi FUSO sebagai market leader 2024 di tengah kondisi pasar yang cukup menantang.” ujar Aji Jaya Sales & Marketing Director PT KTB dalam sambutannya.
“Tentunya ini memotivasi kami untuk siap melaju lebih jauh di tahun 2025, kami sudah menyiapkan berbagai strategi agresif serta line-up terbaru untuk penetrasi pasar kendaraan niaga.” tambah Aji.

Dalam kesempatan itu Aji memaparkan tentang kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation yang berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan niaga di sepanjang tahun 2024 kendati kondisi pasar sempat mengalami tantangan yang cukup berat namun Mitsubishi Fuso berhasil mempertahankan posisi sebagai truk kepercayaaan bisnis konsumen di Indonesia.
Selain kondisi pasar yang mengalami penurunan namun Mitsubishi Fuso tetap mampu menjaga stabilitas pangsa pasar kendaraan niaga dengan meraih 38,1% atau setara dengan 27.683 unit dan dinobatkan sebagai penyumbang terbesar penjualan dari varian Canter di kelas Light Duty Truck (LDT) yang mencatatkan dominasi pasar sebesar 53,1% atau setara dengan 25.219 unit.
Sementara di kategori Medium Duty Truck (MDT), Fighter X mencatatkan perolehan pangsa pasar sebesar 13,3% atau sebanyak 2.436 unit.
Banyak aktifitas yang dilakukan Mitsubishi Fuso yang bukan hanya dari segi penjualan namun beragam layanan purna jual seperti perluasan layanan After Sales Service dengan menambah jaringan diler yang saat ini berjumlah 223 outlet untuk lebih menjangkau konsumen.

Selain itu dengan menambah lokasi Bengkel Siaga 24 Jam menjadi 19 lokasi, 5 Service Point, 21 Parts Depo, 135 armada Mobile Workshop Service dan lebih dari 7000 outlet Spare Parts, serta inovasi digital pun terus diperkenalkan dengan meluncurkan Fuso Spare Parts Official di Shopee, Tokopedia dan Lazada, dan mengembangkan aplikasi MyFUSO dan Runner Telematics guna memudahkan konsumen mengatur operasional bisnisnya dengan efektif.
“Tentunya ini memotivasi kami untuk siap melaju lebih jauh di tahun 2025, kami sudah menyiapkan berbagai strategi agresif serta line-up terbaru untuk penetrasi pasar kendaraan niaga,” tegas Aji.
Selain tetap mempertahankan posisi sebagai market leader, Mitsubishi Fuso juga meraih berbagai penghargaan bergengsi salah satunya adalah Top Brand 100 Award 2025 dan WOW Brand 2025 sebagai Gold Champion, yang semakin mempertegas posisi Mitsubishi Fuso sebagai merek kendaraan niaga terpercaya dan terkemuka di Indonesia.
Tahun 2025 diproyeksikan sebagai tahun yang lebih menjanjikan bagi industri kendaraan niaga yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil, peningkatan aktivitas logistik dan konstruksi, serta permintaan komoditas Indonesia di pasar global.
Dalam hal ini Mitsubishi Fuso akan menargetkan pangsa pasar sebesar 40% atau tumbuh sebesar 1,9% di segmen kendaraan niaga di momentum penting yaitu hadirnya Mitsubishi Fuso selama 55 tahun di Indonesia.
Mitsubishi FUSO optimis bisa meningkatkan penjualan kendaraan niaga dengan lebih fokus memberikan pelayanan yang berkualitas selayaknya andalan bisnis sejati dimana ini akan menjadi kunci bagi Mitsubishi Fuso menuju 55 tahun dengan sukses dan memberikan nilai tambah untuk konsumen.

Untuk mencapai ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan yakni, pertama fokus memperkuat Zero Down Time dengan mengoptimalkan fungsi seluruh fasilitas After Sales Service, dimana layanan purna jual adalah senjata utama untuk memenangkan persaingan.
“Kami telah menyiapkan beberapa program untuk mewujudkan pelayanan terbaik untuk konsumen dimanapun dan kapanpun.” jelas Aji.
Kedua, memberikan pelayanan penuh layaknya seorang Konsultan Bisnis Konsumen yang turut mendampingi kesuksesan bisnis mereka dari awal hingga akhir dengan profesional,
Sedangkan ketiga, memberikan pengalaman berbisnis dengan Nilai Masa Guna Terbaik dengan menyediakan solusi yang bisa dicustomes dengan karakter, area, dan bisnis konsumen untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.
Menyongsong tahun 2025, Mitsubishi FUSO tidak hanya akan bergerak agresif dalam menerapkan strategi penjualan yang inovatif, tetapi juga memastikan seluruh konsumen mendapatkan pengalaman berbisnis yang menguntungkan bagi mereka.
Pada kesempatan tersebut, Mitsubishi Fuso juga meluncurkan logo perayaan 55 Tahun kiprahnya di Indonesia. Logo yang mengandung simbol infinity atau tak terbatas berwarna emas tersebut, melambangkan pelayanan yang tidak akan pernah putus dari hulu hingga ke hilir untuk seluruh konsumennya.