Connect with us

Auto Review

Meski APM Kendaraan Roda Empat Banyak Hadir TAM Tetap Pertahankan Market Share Di Atas 33%

Autoplus.id, Jakarta — PT Toyota-Astra Motor (TAM) memproyeksikan whole sales 2023 akan tumbuh positif dibanding tahun lalu berdasarkan penjualan Januari – November 2023 yang telah mencapai 304.736 unit dengan market share 33,1%, dimana hal ini disampaikan pihak menejemen TAM di acara Toyota Year End Media Gathering 2023.

Catatan positif ini menandakan bahwa Toyota berhasil mempertahankan market share di atas 30% selama 5 tahun terakhir meskipun banyak APM kendaraan roda empat baru hadir di Indonesia.

Whole sales kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota periode Januari – November 2023 juga turut meningkat mencapai 33.603 unit dengan market share 54,3% naik lebih dari 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022.

Dengan visi Mobility for All, kehadiran xEV kebanggaan nasional All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV, membawa angin segar pada penjualan mobil ramah lingkungan Toyota di Indonesia.

PT TAM mengucapkan terima kasih atas loyalitas pelanggan yang memercayakan produk Toyota sebagai mobility solution.

TAM juga mengapresiasi upaya pemerintah membangun iklim xEV yang semakin kondusif sehingga popularitas kendaraan elektrifikasi Toyota meningkat dan masyarakat masih mempercayai Toyota sebagai pilihan utama mobilitas.

Hasilnya adalah whole sales xEV Toyota pada Januari – November 2023 naik 6 kali lipat dari periode yang sama tahun 2022.

“Dengan Multi Pathway Strategy, kami akan menghadirkan produk-produk ramah lingkungan yang lebih lengkap dan sesuai kebutuhan masyarakat, serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota, diperkuat kolaborasi bersama stake holder untuk memberikan peace of mind,” ungkap Henry Tanoto, Vice President Director PT. TAM di kesempatan yang sama.

Dengan semangat Let’s Go Beyond, sepanjang tahun 2023 Toyota telah menghadirkan 13 model baru, baik model komersial, GAZOO Racing, dan pilihan kendaraan elektrifikasi yang seluruhnya mendapatkan sambutan hangat dari pelanggan.

Khusus xEV, PT TAM secara resmi melakukan world premiere All New Yaris Cross HEV di bulan Mei. Hybrid EV terbaru Toyota ini memperoleh sambutan luar biasa berkat fungsionalitas yang tinggi, low emission, dan harganya semakin terjangkau lantaran diproduksi secara lokal bersama Kijang Innova Zenix HEV.

All New RAV4 GR Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) sebagai xEV paling fleksibel hadir di bulan Agustus.

Sampai akhir November total penjualan kendaraan roda empat di pasar otomotif nasional mencapai 920.518 unit, sedikit lebih rendah dari periode yang sama tahun 2022 yaitu 942.686 unit.

Pada periode yang sama tahun 2023, Toyota mencatatkan penjualan lebih dari 304 ribu unit dan market share Toyota naik cukup signifikan dari 31,6% menjadi 33,1%.

Tiga kontributor terbesar penjualan Toyota periode Januari – November 2023 adalah Kijang Innova sebesar 57.618 unit, Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit.

Popularitas Kijang Innova Zenix berhasil mendampingi Avanza sebagai sesama local pride sekaligus lokomotif penjualan Toyota tahun ini.

Khusus kendaraan elektrifikasi, Kijang Innova Zenix HEV kembali memimpin dengan angka sales 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.

Total penjualan HEV Toyota tahun 2023 adalah 33.603 unit, sekitar 11% dari total sales Toyota tahun ini. Naik signifikan dari total penjualan medio 2020 – 2022 sebanyak 7.411 unit atau hanya sekitar 1% dari total penjualan Toyota.

“Toyota menjalankan program Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dengan menghadirkan berbagai jenis teknologi elektrifikasi.

Launching Kijang Innova Zenix HEV di akhir tahun 2022 berhasil meningkatkan penjualan xEV kami, bahkan mendominasi transaksi Kijang Innova Zenix.

Dengan semangat Mobility for All, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi opsi xEV dengan target 30% adalah kendaraan elektrifikasi di tahun 2030,” jelas Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT TAM.

Eksistensi brand sporty GAZOO Racing (GR) turut meningkatkan penjualan Toyota di tahun 2023. Bermodalkan DNA motorsport Toyota, sports car GR Supra, GR Yaris, dan GR86, langsung diminati para sports car enthusiast dan memancing animo masyarakat luas untuk memiliki produk GR.

Prestasi TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di berbagai ajang balap nasional dan regional juga ikut memperkuat image sporty Toyota yang membuat pelanggan semakin terpikat.

Varian flagship GR Sport di beberapa model hatchback dan SUV Toyota, mampu mencetak market share yang tinggi dengan rata-rata 81,4% pada setiap model.

“PT TAM menghadirkan kampanye “IT’S TIME FOR EVERYONE” sebagai upaya untuk mengubah mindset masyarakat untuk bisa turut berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih bersih melalui berbagai cara.

Sejalan dengan kampanye tersebut, PT TAM berkomitmen melengkapi pilihan kendaraan ramah lingkungan serta elektrifikasi sebagai upaya menjangkau lebih banyak masyarakat berkontribusi mereduksi emisi karbon.

Dengan visi Total Mobility Solution, Toyota akan melengkapi Toyota Ecosystem supaya pelanggan dapat mengakses fasilitas dan layanan kendaraan elektrifikasi dengan mudah dan tanpa khawatir.

Harapannya, langkah sederhana ini dapat mengajak pelanggan ikut berkontribusi mengurangi emisi lewat penggunaan solusi mobilitas rendah emisi demi tercapainya netralitas karbon,” tutup Anton Jimmi Suwandy.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review2 hours ago

Pada GIIAS 2024 MMKSI Tampilkan Dua Model Terbaru Yang Tangguh Dan Dapat Diandalkan

Berita6 hours ago

Bersama Produk Digitalnya Astra Financial Ajak Konsumen Berpikir Cerdas Dalam Mengelola Keuangan

Berita9 hours ago

PT Primes Asia Hadirkan Produk Filter AC Universal free fire Di GIIAS 2024

Uncategorized1 day ago

Diajang GIIAS 2024 POLYTRON Hadirkan Motor Listrik Rendah Karbon Sesuai Tema

Auto Review1 day ago

NINE Kembali Hadir Di GIIAS 2024 Dengan Banyak Kejutan Dan Produk Terbarunya

Auto Review2 days ago

Simak Alasan Utama AION Hadirkan HYPTEC HT Di GIIAS 2024 Untuk Pasar Indonesia

Uncategorized2 days ago

HINO Luncurkan Dua Truk Di GIIAS 2024 Yang Dirancang Khusus Untuk Jawab Kebutuhan Pasar Di Indonesia

Auto Review3 days ago

GIIAS 2024 Momen Isuzu Tunjukan Visi Sebagai Pemain Utama Kendaraan Komersial Di Indonesia

Berita4 days ago

Blackvue DR970X BOX Meluncur Di GIIAS 2024 Banyak Kelebihannya

Auto Review4 days ago

Wapres RI Ma’ruf Amin Resmi Buka GIIAS 2024 Pameran Otomotif Terbesar Di Asia Tenggara

Auto Review5 days ago

BMW Astra Fest Kembali Digelar Guna Dukung GIIAS 2024

Auto Review5 days ago

Suzuki Tampilkan Konsep Mobil Listrik Di GIIAS 2024 Sekaligus Menjadi Strategi Suzuki Di Pasar Global

Auto Review1 week ago

Peletakan Batu Pertama Menandai Dimulainya Pembangunan Pabrik Perakitan Kendaraan Listrik VinFast Di Indonesia

Berita1 week ago

Jakarta Fair 2024 Berakhir Dengan Segudang Pengalaman Seru Yang Tak Terlupakan

Auto Review1 week ago

Mobil Bekas Berkualitas Semakin Mudah Dapat Di Makassar Dengan Hadirnya Honda SLS Used Car

Auto Review1 week ago

Peringati Hari Raya Waisak 2568 BE FIFGROUP Salurkan Bantuan Sosial Senilai Rp 35 juta Untuk 4 Rumah Ibadah Dan 1 Panti Asuhan

Auto Review1 week ago

VinFast Siap Hadir Di GIIAS 2024 Sebagai Langkah Lanjutan Untuk Kuasai Pasar Indonesia

Auto Review1 week ago

Pada GIIAS 2024 Hyundai Tampilkan All-New KONA Electric Kendraan Listrik Dengan Baterai Buatan Lokal.

Auto Review1 week ago

CSI Gandeng PT Inovasi Merah Putih Perkuat Pasar Jawa Barat Dengan Tambah Jaringan Diler di Bandung

Auto Review2 weeks ago

GIIAS 2024 Tampilkan 13 Kendaraan Dengan Merek Baru

Auto Review2 weeks ago

TGRI Buka Peluang Juara Musim Setelah Raih Double Podium Ketiga Di Race 1 Dan 2 Kelas GT4 Japan Cup 2024

Auto Review2 weeks ago

TransJakarta Rubah Nama Halte GBK Jadi Senayan Bank DKI Langkah Awal Tingkatkan Layanan Transportasi Publik Di Jakarta.

Auto Review2 weeks ago

GWM Indonesia Siap Hadirkan Haval Jolion HEV Di Ajang GIIAS 2024

Auto Review2 weeks ago

Kasus Penipuan Tiket Bus Kian Marak, Kepolisian Diharapkan Ikut Berperan

Auto Review2 weeks ago

Kolaborasi Signify Bersama Mercedes-AMG PETRONAS Formula 1 Team Luncurkan Inovasi Berkelanjutan Di Dalam Dan Luar Lintasan