Connect with us

Auto Review

Melalui Program Clean Up the World Suzuki Ajak Masyarakat Morotai Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar Laut

Autoplus.id, Morotai — Suzuki kembali menggelar program Clean Up The World rangka memperingati World Environment Day 2023 yang bertujuan untuk mewujudkan area konservasi mangrove yang bersih dan lestari.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Suzuki Indonesia dimana kali ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara.

Pada kesempatan ini Suzuki mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya menjaga pantai dari bahaya dan kerusakan lingkungan sebagai wujud komitmen dan aksi nyata untuk menjaga lautan.

“Melalui program Clean Up the World ini, kami berharap dapat mengedukasi dan menggerakkan masyarakat untuk peduli dan menjaga lingkungan sekitar, terutama wilayah laut. Kami menyadari pentingnya kesadaran untuk menjaga lingkungan sejak dini, sehingga Suzuki mengadakan edukasi anak untuk mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan bahaya rusaknya lingkungan, serta bersama-sama mempraktikkan langsung upaya penjagaan ini,” jelas Aceng Ulumudin, Department Head of Marine PT Suzuki Indomobil Sales.

Kegiatan Clean Up the World Morotai ini dihadiri oleh pemangku kepentingan setempat yaitu Ida Arsyad Asisten III Setda Pemkab Pulau Morotai, Yoppy Jutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pulau Morotai, Nurhayati Camat Morotai Selatan serta disaksikan masyarakat sekitarnya.

Clean Up the World Morotai ini diikuti oleh 150 orang, yang terdiri dari anak-anak nelayan, warga sekitar, Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, dan perwakilan PT Suzuki Indomobil Sales serta diler Suzuki Marine.

Dalam hal ini Suzuki mengajak seluruh masyarakat yang terlibat langsung untuk mengikuti rangkaian acara yang dilakukan selama Clean Up the World Morotai.

Adapun kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan materi dan informasi mengenai cara dan pentingnya memilah dan menggolongkan sampah yang sudah tidak terpakai menjadi 2 golongan, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Kemudian, dilanjutkan dengan aksi nyata membersihkan sampah yang ada di pantai.

Dalam durasi 1,5 jam, Suzuki dan masyarakat berhasil mengumpulkan 396 Kg sampah yang utamanya terdiri dari sampah plastik, disertai oleh botol kemasan, plastik kemasan, dan styrofoam.

Sebagai bentuk kontribusi secara langsung yang positif bagi kebersihan pantai, Suzuki memberikan donasi berupa 50 unit tempat sampah berukuran 50 liter kepada Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai di akhir rangkaian acara.

Kegiatan membersihkan area konservasi mangrove ini disambut dengan antusias oleh anak-anak setempat. Ketika kegiatan dimulai, mereka dengan semangat mengambil kantong sampah besar dan secara berkelompok berpencar mencari sampah-sampah yang terlihat di area tersebut.

Pada kesempatan itu Ida Arsyad, Asisten III Setda Pemkab Pulau Morotai berterima kasih terhadap upaya positif yang dilakukan oleh Suzuki untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan sekitar terutama laut.

“Kami sangat berterima kasih kepada Suzuki yang telah menggelar program Clean Up the World dengan rangkaian kegiatan positif di dalamnya. Harapan kami, kegiatan ini dapat membangun kesadaran masyarakat sejak dini mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar, khususnya kelestarian lingkungan pesisir karena juga akan memberi dampak ekonomi yang berkesinambungan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Program Clean Up the World merupakan salah satu agenda dari kampanye besar Suzuki Motor Corporation, yaitu Suzuki Clean Ocean Project, di mana kegiatan ini dilakukan setiap tahun untuk menjaga lautan.

Selain Clean Up the World, dua agenda lain yang dinaungi oleh kampanye Suzuki Clean Ocean Project adalah reduce plastic packaging, yaitu aksi untuk mengurangi pemakaian kemasan plastik pada suku cadang resmi mesin tempel suzuki, dan collect marine micro-plastic waste, yang direalisasikan lewat pemasangan teknologi microplastic collecting device pada mesin DF115B Suzuki.

Dari kegiatan ini tercatat ada 13.000 orang yang berpartisipasi pada kegiatan ini terhitung sejak Clean Ocean Project yang diselenggarakan secara global pada tahun 2010, bahkan per Desember 2022 kampanye ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 28 ton material plastik.

Sebagai informasi, kegiatan Clean Up The World ini telah dilakukan selama kurang lebih 10 tahun dan sudah diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia seperti tahun 2014 di Tanjung Pasir, tahun 2015 dan 2016 di Ancol, tahun 2017 di Pantai Jatimalang yang berlokasi di Purworejo, tahun 2018 Pantai Matahari Terbit di Sanur-Bali, tahun 2019 Pantai Kusamba di Klungkung-Bali, tahun 2020 Pulau Pari di Kepulauan Seribu, tahun 2021 di Pangandaran, tahun 2022 di Pulau Bunaken dan Pantai Biru di Makassar.
Pada tahun ini, Suzuki Motor Corporation menargetkan 2500 partisipan bergabung dalam kegiatan Clean Up the World 2023 secara global. Kegiatan ini dipublikasikan dengan hashtag #SuzukiCleanOceanProject.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review41 mins ago

Pada GIIAS 2024 MMKSI Tampilkan Dua Model Terbaru Yang Tangguh Dan Dapat Diandalkan

Berita5 hours ago

Bersama Produk Digitalnya Astra Financial Ajak Konsumen Berpikir Cerdas Dalam Mengelola Keuangan

Berita7 hours ago

PT Primes Asia Hadirkan Produk Filter AC Universal free fire Di GIIAS 2024

Uncategorized1 day ago

Diajang GIIAS 2024 POLYTRON Hadirkan Motor Listrik Rendah Karbon Sesuai Tema

Auto Review1 day ago

NINE Kembali Hadir Di GIIAS 2024 Dengan Banyak Kejutan Dan Produk Terbarunya

Auto Review2 days ago

Simak Alasan Utama AION Hadirkan HYPTEC HT Di GIIAS 2024 Untuk Pasar Indonesia

Uncategorized2 days ago

HINO Luncurkan Dua Truk Di GIIAS 2024 Yang Dirancang Khusus Untuk Jawab Kebutuhan Pasar Di Indonesia

Auto Review3 days ago

GIIAS 2024 Momen Isuzu Tunjukan Visi Sebagai Pemain Utama Kendaraan Komersial Di Indonesia

Berita4 days ago

Blackvue DR970X BOX Meluncur Di GIIAS 2024 Banyak Kelebihannya

Auto Review4 days ago

Wapres RI Ma’ruf Amin Resmi Buka GIIAS 2024 Pameran Otomotif Terbesar Di Asia Tenggara

Auto Review5 days ago

BMW Astra Fest Kembali Digelar Guna Dukung GIIAS 2024

Auto Review5 days ago

Suzuki Tampilkan Konsep Mobil Listrik Di GIIAS 2024 Sekaligus Menjadi Strategi Suzuki Di Pasar Global

Auto Review1 week ago

Peletakan Batu Pertama Menandai Dimulainya Pembangunan Pabrik Perakitan Kendaraan Listrik VinFast Di Indonesia

Berita1 week ago

Jakarta Fair 2024 Berakhir Dengan Segudang Pengalaman Seru Yang Tak Terlupakan

Auto Review1 week ago

Mobil Bekas Berkualitas Semakin Mudah Dapat Di Makassar Dengan Hadirnya Honda SLS Used Car

Auto Review1 week ago

Peringati Hari Raya Waisak 2568 BE FIFGROUP Salurkan Bantuan Sosial Senilai Rp 35 juta Untuk 4 Rumah Ibadah Dan 1 Panti Asuhan

Auto Review1 week ago

VinFast Siap Hadir Di GIIAS 2024 Sebagai Langkah Lanjutan Untuk Kuasai Pasar Indonesia

Auto Review1 week ago

Pada GIIAS 2024 Hyundai Tampilkan All-New KONA Electric Kendraan Listrik Dengan Baterai Buatan Lokal.

Auto Review1 week ago

CSI Gandeng PT Inovasi Merah Putih Perkuat Pasar Jawa Barat Dengan Tambah Jaringan Diler di Bandung

Auto Review2 weeks ago

GIIAS 2024 Tampilkan 13 Kendaraan Dengan Merek Baru

Auto Review2 weeks ago

TGRI Buka Peluang Juara Musim Setelah Raih Double Podium Ketiga Di Race 1 Dan 2 Kelas GT4 Japan Cup 2024

Auto Review2 weeks ago

TransJakarta Rubah Nama Halte GBK Jadi Senayan Bank DKI Langkah Awal Tingkatkan Layanan Transportasi Publik Di Jakarta.

Auto Review2 weeks ago

GWM Indonesia Siap Hadirkan Haval Jolion HEV Di Ajang GIIAS 2024

Auto Review2 weeks ago

Kasus Penipuan Tiket Bus Kian Marak, Kepolisian Diharapkan Ikut Berperan

Auto Review2 weeks ago

Kolaborasi Signify Bersama Mercedes-AMG PETRONAS Formula 1 Team Luncurkan Inovasi Berkelanjutan Di Dalam Dan Luar Lintasan