Connect with us

Auto Review

Kedepan FIF Lakukan Berbagai Program Berkelanjutan Untuk Tingkatkan Kinerja Positif Kuartal 1 Tahun 2023

Autoplus.id, Jakarta — PT Federal International Finance (FIF) termasuk salah satu perusahaan pembiayaan yang sehat dengan indikator tingkat Non-Performing Financing (NPF) di angka 1,0%, tak heran bila FIF dapat mencatat kinerja positif pada kuartal 1 tahun 2023 dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 25,8% senilai Rp 944,4 miliar dibanding periode yang sama di tahun 2022 yang hanya mencapai Rp 750,8 miliar.

Pertumbuhan kinerja ini terdapat pada nilai penyaluran pembiayaan, jumlah pemesanan (booking unit), dan aset yang didukung oleh 5 lini bisnis PT FIF, yakni FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan AMITRA.
Kedepannya PT FIF akan melakukan berbagai program keberlanjutan untuk mendukung implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) selama kuartal-I 2023.

“Kebangkitan aktivitas ekonomi di berbagai sektor sejak tahun lalu yang kemudian berlanjut pada awal tahun 2023 ini, mendorong pertumbuhan kinerja PT FIF pada kuartal-I 2023. Perusahaan memanfaatkan momentum yang baik ini dan terus berusaha memberikan produk yang terbaik kepada para nasabah.” ungkap Margono Tanuwijaya Presiden Direktur PT FIF.

“Manajemen terus melakukan berbagai strategi dalam memanfaatkan peluang yang ada sejak tahun lalu hingga awal tahun 2023 ini, mulai dari meningkatkan proses digitalisasi untuk memperkuat proses akuisisi, kontrol pemasaran, dan pengelolaan digital leads, serta mengintegrasikan aktivasi online dan offline channel melalui kegiatan Virtual Exhibition,” tambah Margono.

PT FIF berhasil membukukan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) sebesar 30,8% pada kuartal 1/2023 menjadi Rp 10,6 triliun dibanding kuartal 1/ 2022 yang mencapai Rp 8,1 triliun.

Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (booking unit) pada kuartal-I 2023 yang mencapai 799 ribu unit atau naik 20% dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 666 ribu unit.

Selain itu, PT FIF juga berhasil menjadi salah satu perusahaan pembiayaan yang sehat dengan tingkat jumlah kredit bermasalah atau Non-Performing Financing (NPF) di angka 1% sampai dengan kuartal I 2023.

Hal ini sesuai dengan penilaian Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di mana perusahaan pembiayaan dengan NPF di bawah atau sama dengan 1% dikategorikan sebagai perusahaan yang sehat.

Bila dilihat dari sisi pertumbuhan aset, PT FIF berhasil mencatat pertumbuhan aset (Net Service Asset) pada kuartal-I 2023 dengan nilai aset sebesar Rp 37 triliun, meningkat 4,7% dari periode yang sama pada tahun 2022 yang hanya mencapai Rp35,4 triliun.

5 lini bisnis utama yang dilakukan FIF dalam menjalankan bisnisnya yaitu FIFASTRA, DANASTRA, SPEKTRA, FINATRA, dan AMITRA. Lini bisnis FIFASTRA menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor Honda baru, mencatatkan pertumbuhan signifikan pada kuartal 1/2023 sebesar 31,5% menjadi Rp 6,6 triliun dibanding kuartal 1/2022 sebesar Rp 5 triliun.

Secara booking unit, FIFASTRA berhasil mencatat penyaluran pembiayaan sebanyak 396 ribu unit atau naik sebesar 31,9% pada kuartal 1/2023 dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 301 ribu unit.

DANASTRA yang menyediakan layanan pembiayaan multiguna juga turut menunjukkan kinerja baiknya dengan berhasil manyalurkan pembiayaan senilai Rp 3,4 triliun atau naik sebesar 17,9% pada kuartal 1/2023 dibanding periode yang sama tahun lalu senilai Rp 2,9 triliun.
Sementara booking unit DANASTRA tumbuh sebesar 9,1% pada kuartal 1/2023 mencapai 368 ribu unit dibanding kuartal 1/2022 sebanyak 337 ribu unit.

Sedangkan SPEKTRA yang menyediakan layanan pembiayaan alat elektronik, gadget, dan perabot rumah tangga mengalami penurunan kinerja di kuartal 1/2023 dengan nilai penyaluran pembiayaan Rp 127 miliar atau turun 26,9% dibanding 2022 yang mencapai Rp 173,7 miliar.

Sementara FINATRA yang merupakan lini bisnis baru FIF yang dioperasikan sejak tahun 2022 untuk pembiayaan produktif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencatatkan nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp 345,8 miliar dengan 4.057 booking unit menutup kuartal 1/2023.

Kemudian AMITRA yang merupakan lini bisnis Syariah PT FIF mencatatkan pertumbuhan kinerja penyaluran pembiayaan yang signifikan, tercatat terjadi pertumbuhan sebesar 491,1% pada kuartal 1/2023 senilai Rp 115 miliar dibanding 2022 yang hanya sebesar Rp 19,5 miliar.

Secara booking unit, tercatat pertumbuhan 330,9% pada kuartal 1/2023 sebanyak 4.942 unit booking dibanding 2022 yang hanya mencapai 1.147 unit booking.
Dalam rangka mendukung implementasi keberlanjutan (sustainability) yang sejalan dengan misi perusahaan, yaitu “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat” guna masa depan yang lebih baik, perusahaan melaksanakan berbagai kegiatan mengacu kepada komitmen Environment, Social, and Governance (ESG) pada tahun 2023 dengan berbagai program inisiatif yang dikemas dalam bentuk Sustainability Framework yang mengintegrasikan program keberlanjutan ke dalam Strategy Triple-P Roadmap, yaitu Portfolio, People, dan Public Contribution.

Melalui kontribusi keberlanjutan yang diiinisiasi oleh perusahaan, PT FIF berharap misi “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat” dapat terwujud seiring dengan usaha perusahaan dalam bertumbuh meningkatkan kinerjanya.

Published

on

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Auto Review20 hours ago

PT HMMI Raih Sertifikasi AEO Dari Bea Cukai Guna Amankan Sekaligus Percepat Perdagangan global

Auto Review2 days ago

BMW G 310 Diserahkan Kepada 34 Konsumennya Yang Lain Boleh Bayar Sekarang Besok Bisa Diantar

Auto Review2 days ago

Manfaatkan Promo Spesial Dari GWM Indonesia Selama Liburan Di Seluruh Dealer Atau Pusat Perbelanjaan Terdekat

Auto Review3 days ago

Melalui Honda Intimobil PT HPM Resmikan Dealer Barunya Di Kota Bandar Lampung

Auto Review3 days ago

2.550 Peserta Dari Segala Bidang Industri Ramaikan Jakarta Fair 2024

Auto Review4 days ago

Pengemudi Taksi Online Dapat Wiper Gratis Dengan Kampanyekan “Berkendara Aman#TenangAdaBosch”

Auto Review5 days ago

34 Anak Yatim Piatu Siswa Binaan Darut Tahfizd Kunjungi Pabrik Mobil Listrik Hyundai Di Cikarang

Auto Review6 days ago

Penuhi Keinginan Konsumen Chery Perkenalkan OMODA E5 Serba Hitam Elegan, Modern, Tangguh Dan Berwibawa

Auto Review6 days ago

PT WMS Berikan Layanan Darurat Kepada Pemilik Honda Yang Membutuhkan

Auto Review1 week ago

NETA V-II Mulai Di Produksi Secara Lokal Guna Dukung TKDN

Auto Review1 week ago

Toshihiro Mibe Raih Penghargaan Di Bidang Industri Tahun 2024 Dari SAE Foundation.

Auto Review1 week ago

Sambut Perhelatan IIMS Surabaya 2024 Dyandra Promosindo Lakukan Touring Dengan Tema “Holiday on Wheels: East Java Cruising”

Auto Review1 week ago

Hyundai Hadirkan New PALISADE Dengan Pembaruan Lebih Mewah Dan Berani

Auto Review1 week ago

RAT Adakan RUA Guna Bangun Kembali Rasa Kebersamaan Setelah Covid 19

Auto Review1 week ago

Roman Nedielka Buktikan Bahwa Motor Lisrik Juga Layak Digunakan Keliling Dunia

Auto Review2 weeks ago

Mobil™ Gelar Acara Bertema “Ayo, Jelajahi Dunia Mobil™ Sambil Perkenalkan Mobil Super™ All-in-One-Protection Sebagai Produk Terbarunya

Auto Review2 weeks ago

Express Service Fasilitas Baru Yang Di Perkenalkan MMKSI Saat Resmikan Dua Diler Di Kaltim

Auto Review2 weeks ago

Dapatkan Penawaran Terbaik Untuk Miliki BMW Seri 3 Di Festival of 3

Auto Review2 weeks ago

Caroline.id Lebarkan Pasar Mobil Bekas Di Tengah Kondisi Ekonomi Politik Tidak Stabil

Auto Review2 weeks ago

150 Anggota Komunitas Motor Honda Matic Tetap #Cari Aman di jalan Saat Lakukan City Rolling

Auto Review2 weeks ago

Wuling Motors Kerahkan 150 unit Wuling EV ABC Stories Guna Dukung Perhelatan 10th World Water Forum

Auto Review2 weeks ago

Aleix Espargaró Pamit Mundur Setelah Delapan Tahun Bersama Aprilia Racing Dan Memilih Trek Di Kampung Halaman Sendiri

Auto Review2 weeks ago

NETA GT Sports Car Listrik Mencuri Perhatian Pengunjung Saat Tampil Di Atrium PIM 3 Jakarta

Auto Review2 weeks ago

Diajang OTOMOTIF Award 2024 Mitsubishi XFOCE Menjadi Kendaraan Best Low SUV 5 – Seater

Auto Review3 weeks ago

Nikmati Keseruan Kulineran Sambil Nonton Konser Di Ajang LOCALICIOUS Di Hari Jadi FIFGROUP ke-35