Auto Review
Kedepan FIF Lakukan Berbagai Program Berkelanjutan Untuk Tingkatkan Kinerja Positif Kuartal 1 Tahun 2023

Autoplus.id, Jakarta — PT Federal International Finance (FIF) termasuk salah satu perusahaan pembiayaan yang sehat dengan indikator tingkat Non-Performing Financing (NPF) di angka 1,0%, tak heran bila FIF dapat mencatat kinerja positif pada kuartal 1 tahun 2023 dengan pertumbuhan laba bersih sebesar 25,8% senilai Rp 944,4 miliar dibanding periode yang sama di tahun 2022 yang hanya mencapai Rp 750,8 miliar.
Pertumbuhan kinerja ini terdapat pada nilai penyaluran pembiayaan, jumlah pemesanan (booking unit), dan aset yang didukung oleh 5 lini bisnis PT FIF, yakni FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan AMITRA.
Kedepannya PT FIF akan melakukan berbagai program keberlanjutan untuk mendukung implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) selama kuartal-I 2023.
“Kebangkitan aktivitas ekonomi di berbagai sektor sejak tahun lalu yang kemudian berlanjut pada awal tahun 2023 ini, mendorong pertumbuhan kinerja PT FIF pada kuartal-I 2023. Perusahaan memanfaatkan momentum yang baik ini dan terus berusaha memberikan produk yang terbaik kepada para nasabah.” ungkap Margono Tanuwijaya Presiden Direktur PT FIF.
“Manajemen terus melakukan berbagai strategi dalam memanfaatkan peluang yang ada sejak tahun lalu hingga awal tahun 2023 ini, mulai dari meningkatkan proses digitalisasi untuk memperkuat proses akuisisi, kontrol pemasaran, dan pengelolaan digital leads, serta mengintegrasikan aktivasi online dan offline channel melalui kegiatan Virtual Exhibition,” tambah Margono.
PT FIF berhasil membukukan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) sebesar 30,8% pada kuartal 1/2023 menjadi Rp 10,6 triliun dibanding kuartal 1/ 2022 yang mencapai Rp 8,1 triliun.
Pertumbuhan ini juga dapat dilihat dari sisi jumlah pemesanan (booking unit) pada kuartal-I 2023 yang mencapai 799 ribu unit atau naik 20% dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 666 ribu unit.
Selain itu, PT FIF juga berhasil menjadi salah satu perusahaan pembiayaan yang sehat dengan tingkat jumlah kredit bermasalah atau Non-Performing Financing (NPF) di angka 1% sampai dengan kuartal I 2023.

Hal ini sesuai dengan penilaian Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di mana perusahaan pembiayaan dengan NPF di bawah atau sama dengan 1% dikategorikan sebagai perusahaan yang sehat.
Bila dilihat dari sisi pertumbuhan aset, PT FIF berhasil mencatat pertumbuhan aset (Net Service Asset) pada kuartal-I 2023 dengan nilai aset sebesar Rp 37 triliun, meningkat 4,7% dari periode yang sama pada tahun 2022 yang hanya mencapai Rp35,4 triliun.
5 lini bisnis utama yang dilakukan FIF dalam menjalankan bisnisnya yaitu FIFASTRA, DANASTRA, SPEKTRA, FINATRA, dan AMITRA. Lini bisnis FIFASTRA menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor Honda baru, mencatatkan pertumbuhan signifikan pada kuartal 1/2023 sebesar 31,5% menjadi Rp 6,6 triliun dibanding kuartal 1/2022 sebesar Rp 5 triliun.
Secara booking unit, FIFASTRA berhasil mencatat penyaluran pembiayaan sebanyak 396 ribu unit atau naik sebesar 31,9% pada kuartal 1/2023 dibanding periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 301 ribu unit.
DANASTRA yang menyediakan layanan pembiayaan multiguna juga turut menunjukkan kinerja baiknya dengan berhasil manyalurkan pembiayaan senilai Rp 3,4 triliun atau naik sebesar 17,9% pada kuartal 1/2023 dibanding periode yang sama tahun lalu senilai Rp 2,9 triliun.
Sementara booking unit DANASTRA tumbuh sebesar 9,1% pada kuartal 1/2023 mencapai 368 ribu unit dibanding kuartal 1/2022 sebanyak 337 ribu unit.
Sedangkan SPEKTRA yang menyediakan layanan pembiayaan alat elektronik, gadget, dan perabot rumah tangga mengalami penurunan kinerja di kuartal 1/2023 dengan nilai penyaluran pembiayaan Rp 127 miliar atau turun 26,9% dibanding 2022 yang mencapai Rp 173,7 miliar.
Sementara FINATRA yang merupakan lini bisnis baru FIF yang dioperasikan sejak tahun 2022 untuk pembiayaan produktif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mencatatkan nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp 345,8 miliar dengan 4.057 booking unit menutup kuartal 1/2023.
Kemudian AMITRA yang merupakan lini bisnis Syariah PT FIF mencatatkan pertumbuhan kinerja penyaluran pembiayaan yang signifikan, tercatat terjadi pertumbuhan sebesar 491,1% pada kuartal 1/2023 senilai Rp 115 miliar dibanding 2022 yang hanya sebesar Rp 19,5 miliar.
Secara booking unit, tercatat pertumbuhan 330,9% pada kuartal 1/2023 sebanyak 4.942 unit booking dibanding 2022 yang hanya mencapai 1.147 unit booking.
Dalam rangka mendukung implementasi keberlanjutan (sustainability) yang sejalan dengan misi perusahaan, yaitu “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat” guna masa depan yang lebih baik, perusahaan melaksanakan berbagai kegiatan mengacu kepada komitmen Environment, Social, and Governance (ESG) pada tahun 2023 dengan berbagai program inisiatif yang dikemas dalam bentuk Sustainability Framework yang mengintegrasikan program keberlanjutan ke dalam Strategy Triple-P Roadmap, yaitu Portfolio, People, dan Public Contribution.
Melalui kontribusi keberlanjutan yang diiinisiasi oleh perusahaan, PT FIF berharap misi “Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat” dapat terwujud seiring dengan usaha perusahaan dalam bertumbuh meningkatkan kinerjanya.
Auto Review
PT EMI Hadirkan New Mazda2 Hatchback dan New Mazda CX-5 Di Acara Mazda Power Drive

Autoplus.id, Jakarta — Menjelang akhir tahun 2023 PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor Mazda di Indonesia menggelar acara tahunan yang dinantikan pencinta Mazda yaitu Mazda Power Drive dengan memberikan special program pembelian sambil merayakan pengalaman berkendara terbaik.
Acara yang diadakan di Midaz Dining & Lounge Senayan Golf, Jakarta Selatan pada Rabu (29/11) PT EMI juga menghadirkan produk terbaru yakni New Mazda2 Hatchback dan New Mazda CX-5.
Bagi konsumen yang ingin merasakan langsung pengalaman berkendara khas Mazda dapat hadir secara langsung pada 9 – 10 Desember 2023, konsumen juga dapat mendaftarkan kehadirannya melalui jaringan Dealer Resmi Mazda di Jabodetabek atau secara online melalui: https://mazdapowerdrive.earworks.cloud/

“Mazda Power Drive 2023, merupakan apresiasi kami kepada para konsumen yang ingin mencoba secara langsung fitur dan teknologi pada line-up mobil Mazda. Ini merupakan ajang kegiatan test drive Mazda terbesar yang dilakukan Mazda Indonesia dipenghujung tahun 2023, dimana kami menyiapkan hampir semua model Mazda yang di pasarkan untuk di coba para pelanggan setia kami, mulai dari model SUV, Hatchback, Sedan, Crossover, hingga hingga mobil sport Mazda MX-5.” ungkap Ricky Thio, Managing Director PT EMI dalam sambutannya.
Pada kegiatan Mazda Power Drive konsumen bisa melakukan Test Drive mobil Mazda pilihan, dan melihat ketangguhan sistem AWD CX-60 di area Ramp Test yang di demonstrasikan secara langsung oleh professional instructor.
Pada kesempatan ini, konsumen dapat mengenal lebih dekat line-up model-model Mazda yang telah disiapkan, yaitu Hatchback yang terdiri dari New Mazda2 Hatchback, Mazda3 Hatchback. Kelas Sedan yakni Mazda2.

Sedangkan untuk SUV ada CX-3 Sport, CX-30, New CX-5 Elite & Kuro, CX-8 Elite, CX-9 AWD, juga Premium SUV yakni CX-60 Elite & Kuro Edition serta Roadster MX-5 AT & MT.
New Mazda2 Hatchback, yang hadir di Indonesia sejak tahun 2009 sebagai 3rd Generation dari Mazda2 Hatchback, terus mengalami improvement, khususnya pada kehadiran Mazda2 Hatchback 4th Generation yang hadir di Indonesia pada tahun 2014.
Di penghujung tahun 2023 ini, Mazda Indonesia kembali menghadirkan pembaruan pada Mazda2 Hatchback, yang tersedia dalam varian GT.

Pada bagian eksterior, terdapat New Front Grille and Signature Wing, New Front Bumper Design, New 16-inch Alloy Wheel Design, dan Red Accent on Rear Bumper yang memperkuat sisi sporty dari Mazda2 Hatchback.
Keseluruhan pembaruan tersebut semakin lengkap dengan pilihan warna baru yaitu Aero Gray Metallic dan Air Stream Blue Metallic.
Pada bagian interior dan aspek keselamatan juga ditingkatkan dengan hadirnya Leather+Cloth Seat, Auto-dimming Interior Mirror, Curtain & Side Airbags, Smart City Brake Support (Forward & Reverse), Lane Departure Warning System (LDWS), serta Driver Attention Alert (DAA).
Bersamaan dengan Mazda2 Hatchback, Mazda Indonesia juga menghadirkan pembaruan pada Mazda CX-5. Generasi pertama Mazda CX-5 hadir di Indonesia sejak tahun 2012, diikuti dengan kehadiran generasi kedua pada tahun 2017 hingga sekarang.
Pada pembaruan kali ini, Mazda CX-5 hadir dalam 2 varian, yaitu ELITE 2WD dan KURO AWD. Sedangkan varian ELITE 2WD menonjolkan sisi elegan dari Mazda CX-5, dengan hadirnya Body Color Side Cladding, New 19-inch Wheel Design, dan pilihan warna Platinum Quarts Metallic.
Sedangkan varian KURO AWD dilengkapi dengan Gloss Black Mesh Front Grille, Gloss Black Side Cladding, dan Black 19-inch Wheels yang menonjolkan sisi sporty, sejalan dengan teknologi i-ACTIV AWD yang disematkan pada varian ini.

Guna meningkatkan kenyamanan berkendara pada Mazda CX-5 dilengkapi dengan Ventilated Front Seat, 10.25-inch Mazda Connect Display, dan USB Type-C Connectivity.
Dalam acara Mazda Power Drive ini Mazda Indonesia memberikan berbagai promosi penjualan menarik, dan ini merupakan kesempatan baik bagi konsumen untuk mendapatkan penawaran yang terbatas hanya pada sesi Mazda Power Drive, seperti: cashback khusus, free aksesoris mobil spesial dan free souvenir eksklusif.
Mazda juga bekerja sama dengan beberapa lembaga pembiayaan agar memberikan kemudahan bagi para pelanggan dengan program special pilihan suku bunga mulai dari 0%, tenor hingga 7 tahun.
Sedangkan dari sisi layanan purna jual, untuk setiap mobil Mazda yang terjual pada periode Mazda Power Drive 2023 akan mendapatkan program 2 Years Extended Warranty sehingga layanan garansi yang didapat menjadi 5 tahun atau 150.000 KM (mana yang tercapai lebih dahulu) dimana umumnya Mazda memberikan warranty berlaku selama 3 tahun atau 100.000 KM (mana yang tercapai terlebih dahulu).
Program ini merupakan kemitraan antara PT Eurokars Motor Indonesia dan PT Sompo Insurance Indonesia. Pelanggan Mazda akan semakin dimudahkan dalam melakukan perawatan kendaraan dengan program MYMAZDA SERVICE, yakni layanan service berkala yang membebaskan biaya untuk jasa dan suku cadang selama 3 tahun atau 60.000 KM (mana yang tercapai terlebih dahulu) sesuai dengan panduan service, lengkap dengan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA).
“Ini merupakan moment yang baik bagi para pelanggan setia Mazda di Indonesia, selain bisa merasakan langsung semua unit Mazda, pada Mazda Power Drive 2023 kami memberikan berbagai program menarik. Saya mengundang pelanggan setia kami untuk menghadiri acara Mazda Power Drive 2023, rasakan langsung berkendara ala Mazda berkendara Jinba – Ittai. Celebrate The Ultimate Driving with Mazda Indonesia” tambah Ricky Thio.
Auto Review
GoFood Hadirkan Promo Nampol Mulai Dari Rp 10.000,- serta Diskon diskon Hingga 35% Jelang Akhir Tahun

Autoplus.id, Jakarta — Menjelang akhir tahun GoFood, layanan online food delivery dari Gojek dan bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menghadirkan Promo Nampol yang berangkat dari tren kuliner GoFood.
Program promo Nampol ini bertujuan untuk terus memberikan pengalaman kuliner terbaik dengan harga hemat bagi pelanggan.
“Promo NAMPOL lahir dari pengamatan kami terhadap tren kuliner terkini, yang kami rilis setiap tahun agar semakin dekat dan mengenal preferensi GoFoodies. Berangkat dari tren di 2023, maka Promo NAMPOL kami hadirkan dengan menggandeng brand-brand kuliner lokal yang menu-menunya sesuai dengan pilihan favorit pelanggan kami, baik secara rasa maupun harga.“ ungkap Satria Situmorang Head of Food and Ads Business Gojek dalam press conference di kantor Gojek Jakarta pada (28/11).
“Tak hanya itu, skema Promo NAMPOL juga menganalisa data preferensi pelanggan GoFood di mana berdasarkan data internal, ada dua hal yang paling diminati pelanggan: diskon 20% hingga 30% serta minimum pemesanan di Rp 30.000,-” Satria menambahkan.

Promo Nampol kuliner Lokal Favorit ini mengajak pelanggan menikmati Kuliner Hemat dari Lima Brand terkemuka seperti Teguk, Bangor, Kopi Kenangan, Moon dan Hok Ben.
Promo Nampol ini menawarkan ragam menu hemat mulai dari harga Rp 10.000 yang secara eksklusif hanya dapat ditemukan di GoFood, serta ekstra diskon sampai dengan 35% yang mulai tanggal 27 November 2023 hingga 14 Januari 2024 di seluruh Indonesia.
Untuk itu, inovasi hemat atau opsi harga murah, seperti Promo Nampol akan terus menjadi strategi GoFood dalam menjawab secara tepat guna apa yang menjadi tantangan konsumen Indonesia, terutama bagi segmen konsumen yang lebih peka terhadap harga (price conscious consumers).

Melihat tren kuliner 2023 ada Mie, kopi susu, dan varian roti yang mendominasi pilihan kuliner favorit masyarakat Indonesia, sementara nasi ayam, teh dan gorengan jadi andalan menu hemat.
Chicken, dan Hokben, GoFood menegaskan komitmennya untuk terus menjawab kebutuhan masyarakat dengan opsi hemat dan murah.
Selain menjadi salah satu bagian dari strategi Hemat, Promo Nampol juga menjadi wujud konsistensi GoFood untuk terus mendukung dan menjadi mitra terpercaya brand kuliner lokal di Indonesia,” jelas Satria.
Ada dua tipe GoFoodies yang menjadi sasaran utama Promo Nampol Pertama adalah kelompok masyarakat yang mengutamakan kebersamaan ketika makan, baik itu bersama teman, keluarga maupun kolega.
Ketika menentukan pilihan makanannya, mereka tertarik dengan banyaknya variasi menu yang ditawarkan, namun tetap melihat rating dari menu dan resto tersebut untuk menentukan pilihan.
Sedangkan Kedua, kelompok yang memprioritaskan harga yang terjangkau dan tidak terlalu mencari ragam makanan serta cenderung memilih tipe makanan yang umum dan sederhana.

Hal ini juga terlihat dari keberhasilan fitur Mode Hemat GoFood yang penggunaannya terus meningkat hingga hampir 35 kali lipat di 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.
Keseruan Promo Nampol ini diharapkan tidak hanya bikin kenyang bareng namun juga dijamin hemat POL,. Lalu bagaimana cara menikmati Promo Nampol ini.
Caranya cukup dengan membuka GoFood di aplikasi Gojek dan pilih banner “Promo NAMPOL”, kemudian pilih menu hemat mulai Rp10.000 an dari resto pilihan Promo NAMPOL.
Pilih opsi pengantaran sesuai kebutuhan kamu, dan pelanggan dapat menggunakan Mode Hemat agar lebih terjangkau. Kemudian selesaikan transaksi dan bayar dengan pilihan pembayaran yang tersedia.
“Di GoFood, kami terus berupaya untuk memahami perilaku dan preferensi pelanggan sehingga inovasi yang kami hadirkan bisa tepat guna dan efektif dalam memenuhi kebutuhan mereka. Dengan semakin banyak pelanggan yang kami jangkau, kami percaya ini akan menciptakan efek bola salju bagi mitra merchant agar usahanya terus tumbuh dan berkembang, serta bagi mitra driver agar produktivitasnya terus meningkat dan dapat mendorong peluang pendapatan mereka,” tutup Satria.
Auto Review
PBSI Bersama PT ADM Kembali Gelar Daihatsu Indonesia Masters 2024 Untuk Ke – 7 Kalinya

Autoplus.id, Jakarta — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kembali mengadakan turnamen bulutangkis berskala internasional untuk ke – 7 kalinya.
Turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters (DIM) 2024 yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada 23 – 28 Januari 2024 mendatang merupakan turnamen bulutangkis yang masuk dalam level BWF World Tour Super 500.
DIM telah menjadi salah satu agenda besar olahraga di Indonesia dalam menciptakan pengalaman berkesan bagi para pecinta bulu tangkis yang diikuti oleh banyak atlet kelas dunia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PBSI atas kepercayaannya, dan seluruh masyarakat dari komunitas dan para pecinta bulu tangkis atas animo yang luar biasa terhadap Daihatsu Indonesia Masters. Kami berharap turnamen ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas prestasi olahraga bulutangkis, sekaligus dapat memberikan kesempatan terbaik kepada para pemain dan mengharumkan nama bangsa,” ungkap Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM di acara jumpa pers bertempat di Ritz Carlton Jakarta pada Senin (27/11).
PT ADM berkontribusi positif bagi bangsa dengan berkomitmen dalam membangun prestasi bulutangkis Tanah Air dan melalui prinsipal Daihatsu Motor Co., Ltd. secara global, Daihatsu konsisten memberikan dukungan pada olahraga bulutangkis di 3 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Jepang.
Indonesia yang pernah menjadi tuan rumah pada tahun 2023 lalu, berhasil meraih 2 juara melalui Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin yang berhasil meraih medali emas di Ganda Putra serta Jonatahan Christie untuk kategori Tunggal Putra.

Sedangkan untuk tahun 2024 ini pecinta bulu tangkis dapat menikmati aksi pebulutangkis tuan rumah seperti Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin serta Gregoria Mariska dan Jonatan Christie yang akan bertanding untuk kejayaan Indonesia selama enam hari penuh.
Dalam kesempatan yang sama Agung Firman Sampurna, Ketua Umum PBSI mengatakan, “Daihatsu Indonesia Masters 2024 merupakan Langkah awal menuju prestasi yang gemilang di tahun 2024.”
“Bulutangkis adalah tradisi Indonesia dan Daihatsu Indonesia Masters 2024 pada bulan Januari menjadi panggung bagi para atlet untuk memulai musim dengan baik.

Turnamen ini masuk dalam penghitungan poin Race to Olympics sehingga bintang-bintang dunia akan menampilkan seluruh kemampuannya,” tambah Firman.
Daihatsu yang menjadi sponsor utama turnamen bergengsi di tanah air mulai tahun 2018 – 2020 ketika DIM digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, menghasilkan sukses besar dengan melibatkan pemain-pemain top dunia.
Yang kemudian disusul penyelenggaraan berikutnya pada tahun 2021 di Bali, Juni 2022 dan 2023 di Istora Senayan, serta 2024, para pemain top dunia siap hadir ke Jakarta dalam memperebutkan gelar juara dan membuktikan prestasi terbaik mereka.
- Auto Review7 days ago
Daihatsu Ambil Bagian Di GIIAS Series 2023 Bandung Dengan Tema Advancing Life Tomorrow
- Aksesoris6 days ago
Even Perdana GIIAS Series 2023 Momentum Tepat HMID Menyapa Lebih Dekat Pelanggan Kota Bandung
- Auto Review5 days ago
OLX IMX 2023 Akan Berakhir Di Bali Sekaligus Pembuka IMX 2024 Mendatang
- Auto Review5 days ago
Dengan Tema “Mandalika Unites All” BMWCCI Adakan Munas Dan Bimmerfest Yang Didukung Diler Resminya
- Auto Review5 days ago
PT CSI Hadir Di GIIAS Series 2023 Karena Bandung Merupakan Pasar Strategis Dan Miliki Potensi Besar
- Auto Review3 days ago
PBSI Bersama PT ADM Kembali Gelar Daihatsu Indonesia Masters 2024 Untuk Ke – 7 Kalinya
- Auto Review4 days ago
MMKSI Lanjutkan Aktivitas Life’s Adventure Di GIIAS series 2023 Dengan Tampilkan 3 unit display unggulan
- Auto Review2 days ago
GoFood Hadirkan Promo Nampol Mulai Dari Rp 10.000,- serta Diskon diskon Hingga 35% Jelang Akhir Tahun
- Auto Review7 hours ago
PT EMI Hadirkan New Mazda2 Hatchback dan New Mazda CX-5 Di Acara Mazda Power Drive
You must be logged in to post a comment Login