Berita
TDCAC Ajak Anak Indonesia Empati Dan peduli Atas Kehidupan Yang Lebih Baik
Autoplus.id, Jakarta — PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali membuka pendaftaran Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) guna mengajak anak-anak Hebat Indonesia dalam menginspirasi dunia melalui desain mobilitas impian bervisi masa depan yang orisinil dan sarat empati.
Dengan Mengusung tagline Inspire the World with Your Dream kegiatan untuk ke – 18 kalinya ini bertujuan untuk mewujudkan pilar Toyota Berbagi Ilmu dengan mengajak anak-anak hebat Indonesia untuk bermimpi dan menciptakan desain mobilitas yang out-of-the-box, penuh fantasi, kreatif, inovatif, dan berbeda dari kendaraan yang ada saat ini.
Hal ini juga sebagai inspirasi solusi masalah lingkungan dan sosial di masa depan, sekaligus mengasah empati anak agar peduli atas kehidupan yang lebih baik.
PT TAM membuka pendaftaran kompetisi TDCAC ke-18 untuk anak-anak Indonesia. Toyota sebagai entitas global, memberikan kesempatan kepada anak-anak di seluruh dunia untuk menciptakan desain future mobility solution yang tidak terbayangkan bentuknya saat ini, namun sangat relevan dan sesuai kebutuhan mereka di masa depan.
“Desain yang diciptakan, diharapkan pula menerapkan visi ramah lingkungan dan sebagai solusi sosial yang inklusif untuk semua orang,” kata Henry Tanoto.Vice President Director PT TAM.
Dalam hal ini PT TAM telah menjalin kolaborasi bersama jaringan dealer resmi Toyota sejak ajang TDCAC ke-17 yang berhasil meningkatkan partisipasi anak-anak usia sampai dengan 15 tahun di berbagai wilayah di Indonesia.
Untuk menyemarakan lomba tahunan ini Toyota bekerjasama dengan sekolah-sekolah, komunitas pendidikan, alumni TDCAC, dan sanggar-sanggar di banyak daerah. Hasilnya, tidak kurang dari 7.000 karya desain mobilitas dari 29 Provinsi dikirimkan, meningkat dibandingkan TDCAC ke-16 dengan 6.161 karya dari 23 Provinsi.
TDCAC ke-18 menekankan unsur orisinalitas dan inklusivitas dalam berinovasi, dengan mengajak anak-anak Indonesia untuk menciptakan desain mobilitas masa depan yang unik, penuh fantasi, bermanfaat, dan berbeda dari mobil-mobil yang pernah dibayangkan.
Pendaftaran lomba TDCAC ke-18 dimulai sejak awal September 2024 dan akan ditutup pada 10 Januari 2025. Anak-anak Indonesia yang berminat, memiliki waktu yang cukup untuk mencari inspirasi dan mendesain mobilitas masa depan yang sesuai imajinasinya.
Selain itu, Toyota menghadirkan rangkaian program dukungan, di antaranya Fun Education berupa aktivitas belajar interaktif yang fokus untuk mendorong kreativitas, imajinasi, dan inovasi sembari meningkatkan awareness dan empati terhadap isu lingkungan dan sosial.
Kemudian Inspiring Art Competition yaitu kompetisi menggambar mobil masa depan yang dapat mengatasi isu lingkungan dan sosial.
Serta Empowering Community dimana Toyota percaya jika pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Disini TDCAC mengembangkan kolaborasi dengan komunitas, termasuk mengadakan workshop untuk meningkatkan kompetensi guru dan support system pengembangan anak.
TDCAC ke-18 terbagi dalam 3 kategori yakni kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk peserta usia 8–11 tahun, dan kategori 3 untuk peserta usia antara 12–15 tahun.
Pendaftaran peserta dan karya dapat dilakukan lewat website www.toyota.astra.co.id/tdcac, yang di dalamnya juga ada informasi mengenai program, timeline lomba, serta syarat dan ketentuannya. Tersedia pula call center 0851-8688-2317 (Whatsapp) dan [email protected] (email).
Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan melalui dealer resmi Toyota, sekolah, dan sanggar di seluruh Indonesia yang bermitra dengan TDCAC ke-18. Seluruh kegiatan dalam program ini tidak dipungut biaya apapun atau gratis.
Seluruh peserta dapat mengirimkan karya sebanyak-banyaknya untuk memenangkan kompetisi tingkat nasional, dan bersaing di tingkat global dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Karya akan diseleksi oleh juri-juri profesional dalam 4 tahap, yakni seleksi kualitas ide, tahap 100 besar, tahap 10 besar, dan pemilihan 3 pemenang di setiap kategori yang akan berlaga mewakili Indonesia di Jepang.
Toyota memandang bahwa masa depan adalah milik anak-anak saat ini, dan mereka yang paham kehidupan seperti apa yang diharapkan di kemudian hari. Dengan inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota mengajak anak-anak untuk peduli terhadap isu lingkungan dan sosial demi masa depan yang lebih baik.
“Sebagai mobility company, kami berharap TDCAC ke-18 dapat memotivasi lebih banyak anak Indonesia untuk memperlihatkan ide dan kreativitasnya dalam menghadirkan mobilitas yang mendukung aktivitas generasi mendatang yang berkelanjutan,” terang President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.