Auto Review
Mitsubishi Targetkan Penjualan 100 Ribu Unit Kendaraan Di Tahun 2024
Autoplus.id, Jakarta — “Mitsubishi mentargetkan 100 ribu unit kendaraan di tahun 2024,” hal ini disampaikan Yoshio Igarashi, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di acara press conference bertempat di Parle Senayan, Jl. Gerbang Pemuda, Senayan Jakarta pada Senin (1/4).
PT MMKSI Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Mitsubishi di Indonesia akan menjual 100 ribu unit kendaraan di tahun fiskal 2024.
Meski penuh tantangan untuk mencapai target tersebut, Igarashi berharap pangsa pasar (market share) perusahaan tahun ini dapat meningkat, setelah menurunnya penjualan di sektor otomotif beberapa waktu lalu.
“Banyak faktor yang menyebabkan industri otomotif loyo, mulai dari inflasi hingga faktor politik di Indonesia. Jumlah penjualan kendaraan mereka juga menurun di bandingkan periode yang sama tahun lalu.” jelas Atsushi Kurita, Presiden Direktur MMKSI di kesempatan yang sama,
“Saya tidak dapat menyangkal bahwa pasar otomotif menghadapi banyak rintangan karena faktor-faktor seperti inflasi, kenaikan suku bunga, pengurangan subsidi bahan bakar, dan masalah politik. Penjualan kami juga sangat terpengaruh oleh persaingan yang ketat di pasar,” tambahnya.
Tahu fiskal 2023, MMKSI mencatat total penjualan sebesar 77.93n7 unit kendaraan, angka ini jauh lebih rendah d6wbanding tahun sebelumnya yang mencapai 90.341 unit.
Salah satu strategi untuk menyiasati masalah tersebut, MMKSI telah memperkenalkan jajaran kendaraan baru, seperti SUV lima penumpang XForce dan kei car niaga bertenaga listrik L 100 EV.
X-Force, yang baru diluncurkan pada Agustus 2023 lalu berhasil meningkatkan pangsa pasar perusahaan sekitar 13 persen. Ia pun mengharapkan hal yang sama pada L 100 EV.
“Sejak diperkenalkan di Agustus tahun lalu XForce mendapatkan respons yang cukup positif di konsumen-konsumen kami. Sejak delivery ke konsumen yang kami lakukan mulai dari November 2023 XForce berhasil mendapatkan market share berkisar 13 persen,” jelasnya.
Sementara itu, MPV andalan Mitsubishi yakni Xpander dan Xpander Cross berhasil mendapat pangsa pasar sebesar 23 persen, kemudian Pajero Sport sebesar 41 persen, dan Mitsubishi Triton 33 persen.