Auto Review
Isuzu ELF, TRAGA Dan GIGA Masih Berkontribusi Dari Segi Penjualan Dan Sebagai Pemain Utama Di kancah Kendaraan Komersial

Autoplus.id, Jakarta — Isuzu ELF, TRAGA dan GIGA merupakan produk kendaraan komersil yang masih berkontribusi secara signifikan dari segi penjualan dan terus menjadikan Isuzu sebagai pemain utama di kancah kendaraan komersial di Indonesia.
Hal ini disampaikan pihak PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dalam acara Media Gathering Kick Off 2025 yang bertempat di Bale Nusa jalan Pakubuwono VI, Kebayoran baru, Jakarta pada Rabu (22/1).
Isuzu ELF yang terjual lebih dari 12.610 unit atau setara dengan 26,6 persen di segmennya, kemudian TRAGA yang berhasil terjual sebanyak 10.954 unit setara dengan penguasaan pasar segmen pikap medium sebesar 47,7 persen, serta GIGA yang berhasil terjual sebanyak 4.420 unit di mana angka ini setara 20,5 persen pangsa heavy duty truck.
Selain ketiga kendaraan komersil tersebut Isuzu juga tetap berkomitmen melalui produk Lihgt Commercial Vehicle (LCV) yakni mu-X 4×4 dan D-Max untuk melengkapi kebutuhan pelanggan dalam armada bisnis komersial dengan segmen utama mining, plantation, oil & gas, rental company, dan government.

Selain itu kehadiran pabrik Isuzu di Karawang Plant juga turut dimaksimalkan untuk memproduksi aneka kendaraan untuk dalam dan luar negeri dengan catatan ekspor lebih dari 8.000 unit kendaraan komersial dari 19 negara tujuan seperti Filipina, Laos, Myanmar, dan Nicaragua.
Sedangkan kemampuan PT IAMI dalam melayani kebutuhan masyarakat akan kendaraan komersial yang beraneka ragam dan layanan purna jual yang prima membuat tantangan pasar otomotif di tahun 2024 bisa terlewati dengan baik dan akan terus tumbuh.
Hal ini dibuktikan dengan pabrik Isuzu Karawang Plant yang mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan kerja sama dengan UD Truck untuk memproduksi lebih dari 1.500 unit UD Truck Quester.
Penerimaan kendaraan – kendaraan Isuzu ini tidak lepas dari dukungan layanan purna jual yang bisa memberikan peace of mind kepada konsumen dimana Isuzu yang menjadi representasi di tengah-tengah konsumen berkat dukungan 124 Outlet, 1.900 part shop dan 4 part depo yang memastikan suplai suku cadang, ketersediaan 159 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) untuk memberikan pelayanan yang dapat menjadi solusi dalam perjalanan 165 Bengkel Mitra Isuzu (BMI) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta layanan Mechanic On Site yang terus berjalan untuk memastikan konsumen mendapatkan pelayanan berstandar Isuzu di area tertentu.

Kualitas para mekanik Isuzu juga sudah berstandar global dan menawarkan pelayana tertinggi, terbukti dengan menjadi Juara 1 dalam Kompetisi Mekanik Internasional I-1 Grand Prix 2024 dan Juara 1 untuk Open Category di ajang ASEAN Innovation Business Platform (AIBP) 2024.
Seluruh produk, layanan purna jual, dan inovasi yang ditawarkan PT IAMI mendapatkan sejumlah pengakuan berupa penghargaan dari Top Brand 2024 yang diselenggarakan oleh Frontier dan Majalah Marketing Indonesia untuk Kategori Cargo Commercial Vehicle, dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang mendaulat Isuzu sebagai perusahaan produsen kendaraan komersial pertama yang tersertifikasi Industri Indonesia 4.0 Readiness Index (INDI 4.0).
Presiden Direktur PT IAMI Yusak Kristian Solaeman dalam sambutannya mengatakan, “PT IAMI siap menyongsong tantangan dan peluang di tahun 2025 dengan berkomitmen untuk terus menemani masyarakat Indonesia menggerakan perekonomian bangsa.
Berbagai tantangan dan peluang menanti, PT IAMI sudah menyiapkan berbagai strategi diantaranya rangkaian produk yang sesuai kebutuhan, layanan purna jual yang memberikan peace of mind bagi konsumen, dan berbagai program selaras dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Selain itu dalam mencapai target di 2025, Isuzu tidak hanya meningkatkan kualitas manufaktur yang sesuai standar internasional, tapi juga fokus pada pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan serta berfokus pada 3 pilar utama yakni penjualan (sales), layanan jasa (service) dan suku cadang (sparepart).
“PT IAMI akan terus menemani perjalanan usaha Isuzu Partner dengan produk yang berkualitas dan menyediakan beragam kebutuhan kendaraan komersial untuk meningkatkan keuntungan seluruh pelanggan Isuzu. Semua ini tentu bisa dicapai berkat strategi bisnis yang tepat, sinergi ekosistem bisnis kami, dan kepercayaan konsumen yang membuat PT IAMI bisa terus tumbuh di usia 50 tahun ini hingga seterusnya di Indonesia,” jelas Yusak.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa dengan menguasai 30,5 persen pangsa pasar kendaraan komersial di Indonesia pada tahun 2024 PT IAMI menunjukan pertumbuhan bisnis yang signifikan dalam 5 tahun ke belakang dan terus menjadi pilihan konsumen di dalam maupun luar negeri untuk berbagai kebutuhan bisnis.
“Kepercayaan yang begitu besar dari konsumen kami di Indonesia menunjukan bagaimana kendaraan – kendaraan Isuzu memenuhi kebutuhan masyarakat dan melayaninya dengan baik, sehingga sekali lagi PT IAMI membuktikan sebagai Real Partner Real Journey selama 50 tahun eksis di Indonesia,” Yusak menambahkan.
Tahun 2024 merupakan tahun yang menantang bagi pasar otomotif nasional, di tengah penurunan pasar, Isuzu berhasil bertahan dan menorehkan pencapaian yang begitu baik dengan menunjukan pertumbuhan bisnis yang sustainable dalam lima tahun ke belakang.
PT IAMI mencatatkan penjualan retail di sepanjang tahun 2024 mencapai 27.984 unit kendaraan yang berhasil dijual kepada masyarakat Indonesia, atau setara dengan 30,5% pasar kendaraan komersial nasional.
Hal ini menunjukan bagaimana kendaraan – kendaraan dan layanan purna jual yang ditawarkan PT IAMI kepada seluruh konsumen berhasil memenuhi beragam kebutuhan para pengusaha sehingga mereka memberikan kepercayaan penuh bisnisnya ditunjang oleh kendaraan -kendaraan Isuzu.